Determination of the Decision to Use Maybank Securities SOTS on UIN Sumatera Utara Students with the UTAUT Approach

Nadzira Putri Andani, Muhammad Lathief Ilhamy Nst, Muhammad Ikhsan Harahap

Abstract


Sharia Online Trading System (SOTS) memfasilitasi transaksi saham syariah bagi nasabah. telah membantu memperluas pasar modal syariah luar biasa hingga saat ini. Selain menambahkan variabel Literasi Keuangan Syariah, penelitian ini berupaya untuk mengetahui bagaimana determinan Keputusan penggunaan Maybank Securities (SOTS) dipengaruhi oleh c Mahasiswa UIN Sumatera Utara yang menggunakan SOTS Maybank Sekuritas menjadi subjek penelitian kuantitatif ini. Dengan menggunakan alat pengujian SPSS dan Nasabah dapat bertransaksi saham syariah melalui Online Trading System (SOTS). telah memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan pasar modal syariah faktor independen mempunyai pengaruh simultan sebesar 70,1% terhadap variabel pembatas. Ada kemungkinan bahwa penelitian ini menghilangkan beberapa aspek penting berdampak pada 29,9% sisanya.


Keywords


UTAUT Determinants, Decision to Use, SOTS, Investment

Full Text:

PDF

References


Agus Marimin, Abdul Haris Romdhoni, T. N. F. (2015). PERKEMBANGAN BANK SYARIAH DI INDONESIA. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 1(2), 75–87.

Ananda Dwi Cahya, T. A. (2022). Analisis Problematika Bank Syariah Indonesia Setelah Marger Studi Kasus Bank Syariah Indonesia (BSI). Syntax Literate: Jurnal Ilmiyah Indonesia, 7(12), 17230–17241.

Andri Soemitra. (2018). Bank dan lembaga keuangan syariah (Irfan Fahmi, Ed.; edisi kedi). Kencana.

Aryawan, A. B., & Valdez, M. A. (2024). Customer Engagement Dalam Membantu Keputusan Pembelian Spotless di Instagram@ Madformakeup. co. Journal of Entrepreneurship …, 06(04), 229–244.

Desi Nurmaida. (2017). Pengaruh Inflasi, Transaksi Pasar Uang Antar Bank Syariah (PUAS) Dan Investasi Syariah Terhadap Imbal Hasil Sertifikat Bank Indonesia Syariah (SBIS) Desi Nurmaida.

Dewi, N. A. (2024). Dinamika Pemikiran Ekonomi : Konstruksi Pemikiran Sistem Ekonomi Abad Klasik Pertengahan dan Kontemporer. Indonesian Journal of Multidisciplinary Scientific Studies (IJOMSS), 2(1), 72–83.

D. Yadi Heryadi, Dhiana Ekowati, & Dhety Chusumastuti. (2023). Pengaruh Kehadiran Media Sosial, Orientasi Pasar Terhadap Kinerja UMKM di Jawa Barat. Jurnal Bisnisman : Riset Bisnis Dan Manajemen, 5(1), 94–107. https://doi.org/10.52005/bisnisman.v5i1.137

Fadhila Amri, N. (2019). Persepsi Pengguna Dan Dampak Media Sosial Dalam Meningkatkan Efektivitas Kampanye Pemasaran Dan Kinerja Keuangan (Studi Kasus Pada Toko Online Difastore Makassar). Jounal of Comunication Reserch, 1(2), 40–42.

Fadillah, A. N., & Suryomurti, W. (2024). The Influence of Sharia Financial Literacy and Fintech Lending Services on the Financial Behavior of Muslim Communities. 9(2), 77–93.

Fatimah, S. (2024). Pengaruh Service Quality, E- Trust Dan Transformasi Digital Terhadap Loyalitas Nasabah Pengguna Produk BSI Mobile: Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6, 378–381. https://doi.org/10.47476/reslaj.v6i1.3952

Fauzi Arif Lubis, Nurwani, dan M. H. (2023). Pengaruh Tingkat Profitabilitas Terhadap Harga Saham Bank Syariah Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Econetica, 5(1), 161–170.

Harahap, R. D., Zainarti, Aulia, A., & Husni. (2020). The Influence Of Financial Management Practices, Internal Control System, Human Resources Competency And Information Technology On The Quality Of Mosque Financial Reports In Langsa City. Journal of Management and Business Innovations, 2(2), 13–21.

Hartono, J. (2022). Teori portofolio dan analisis investasi. UGM Press.

Ibrahim, I. (2023). Tinjauan Hukum Islam Terhadap Investasi Digital Asset Non-fungible Token (NFT) Pada Marketplace Opensea. Universitas Islam Indonesia.

Ilyas, M. R., Dirgantara, I. M. B., & Januardi, N. V. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Pegadaian Digital Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pt. Pegadaian (Persero) Kantor Wilayah Semarang). Diponegoro Journal of Management, 11(4), 1–15.

Lantip, S. M. dan D. (2023). Pengaruh Transformasi Digital Terhadap Kinerja Keuangan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Moderasi. Diponegoro Journal Of Accounting, 12(4), 1–11.

Laturette, K., Widianingsih, L. P., & Subandi, L. (2021). Literasi Keuangan Pada Generasi Z. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(1), 131–139. https://doi.org/10.26740/jpak.v9n1.p131-139

Lutfillah, N. Q., Hapsari, A. P., & Candrawati, T. (2024). Determinants of Students’ Decisions to Use Paylater Digital Financial Products. BASKARA : Journal of Business and Entrepreneurship, 7(1), 42–54. https://doi.org/10.54268/baskara.v7i1.23263

Mareta, S. N., Wardani, D. T. K., Hanim, A. L., Rahmawati, D. C., Puspitasari, N. P., & Darsono, S. N. A. C. (2024). Peran Transformasi Digital Terhadap Kepuasan Nasabah Green Banking. Journal of Waqf and Islamic Economic Philanthropy, 1(3), 1–11. https://doi.org/10.47134/wiep.v1i3.273

Nasution, M. L. I. (2018). Manajemen Pembiayaan Bank Syariah. Febi Uin-Su Press.

Nurul Aulia Dewi, Alika Hariani, P. P. R. (2023). ANALISIS MANFAAT MEDIA SOSIAL SEBAGAI PENGEMBANGAN UMKM DI KABUPATEN DELI SERDANG. Kabillah (Journal of Social Community), 8(14), 129–143.

Pradana, N. W., & Sumiyana, S. (2023). Analisis Kebutuhan UMKM Indonesia Dengan Menggunakan Pendekatan Penalaran Hierarki Maslow Secara Organisasional. ABIS: Accounting and Business Information Systems Journal, 11(3), 260. https://doi.org/10.22146/abis.v11i3.85988

Rusdi, R., Amiani, A., & Murjana, I. M. (2022). Pengaruh Media Sosial, Ecommerce Dan Website Terhadap Kinerja UMKM Pada UMKM Tenun Di Lombok Tengah. Jurnal Econetica: Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi, Dan Bisnis, 4(2), 81–92. https://doi.org/10.69503/econetica.v4i2.312

Sapthiarsyah, M. F., & Junita, D. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN PEMASARAN DIGITAL TERHADAP KINERJA UMKM. Jurnal Ilmiah Pena, 21(02), 330–370.

Siti Nurhalita, & Imsar. (2022). Peran Pemerintah Daerah Dalam Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di Kabupaten Langkat. Maro: Jurnal Ekonomi Syariah Dan Bisnis, 5(1), 84–90. https://doi.org/10.31949/maro.v5i1.2282

Soemitra, A., Kusmilawaty, & Rahma, T. I. F. (2022). The Role of Micro Waqf Bank in Women’s Micro-Business Empowerment through Islamic Social Finance: Mixed-Method Evidence from Mawaridussalam Indonesia. Economies, 10(7). https://doi.org/10.3390/economies10070157

Ummah, B. B., Nuryartono, N., & Anggraeni, L. (2015). ANALISIS INKLUSI KEUANGAN DAN PEMERATAAN PENDAPATAN DI INDONESIA. Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan Pembangunan, 4(1), 1–27.




DOI: https://doi.org/10.54268/baskara.v7i2.25850

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 BASKARA : Journal of Business and Entrepreneurship


BASKARA: Journal of Business and Entrepreneurship
Indexed By:

Sinta Dikti Garuda Google Scholar Dimensions.ai E-ISSN Official for BASKARA


Copyright of Baskara: Journal of Business and Entrepreneurship (e-ISSN: 2623-0089 ).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


Powered by Puskom-UMJ