Potensi dan Prospek Wisata Syariah dalam Meningkatkan Ekonomi Daerah (Studi Kasus: Kota Bandung)

Authors

  • Erda Nuraini Universitas Islam Bandung
  • Nouvanda Hamdan Saputra Universitas Islam Bandung
  • Lusi Kholisiah Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.54268/baskara.v1i2.5699

Keywords:

Diplomasi Publik, Ekonomi Daerah, Kota Bandung, Wisata syariah

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pariwisata syariah sebagai instrumen diplomasi publik Indonesia untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dan meningkatkan ekonomi daerah, karena potensi wisata syariah yang besar diharapkan dapat memiliki pengaruh terhadap perekonomian daerah terutama bagi Kota Bandung sebagai destinasi wisata syariah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan konsep diplomasi publik dan konsep pariwisata syariah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa diplomasi publik Indonesia dengan menampilkan diri sebagai destinasi wisata syariah dianggap berhasil dapat menarik kunjungan wisatawan mancanegara terutama wisatawan Muslim dan menarik investasi, serta perkembangan wisata syariah juga mengalami peningkatan yang positif, sehingga dengan meningkatnya kunjungan wisata dan investasi dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian daerah seperti Kota Bandung sebagai destinasi wisata syariah.

References

Aprilyani, J. (2018, Maret 12). Dipetik

Desember 30, 2019, dari Indonesia

Bidik Pasar Wisatawan Timur

Tengah:

https://lifestyle.kontan.co.id/news/i

ndonesia-bidikpasar-wisatawantimur-tengah

Hafiz, M. N. (2019, April 9). Dipetik Desember 30, 2019, dari AyoBandung.com: https://www.ayobandung.com/read

/2019/04/09/49244/raihpenghargaan-kota-bandungmantapkan-wisata-halal

Hasan, A. (2016). A study on awareness and

perception towards halal foods

among muslim students in kota

kinabalu. Jurnal, 803-811.

Indonesia.Travel. (t.thn.). Dipetik Desember 30, 2019, dari Dominates World Halal Tourism Awards:

https://www.indonesia.travel/gb/en

/news/indonesia-dominatesworldhalal-tourism-awards-2016-

winning-12-top-categories

Indraswari, R. &. (2015). Diplomasi Publik dan Nation Branding. Jurnal, 52.

Ratna Pratiwi, S., Dida, S., & Sjafirah, N. A.

(2018). Strategi Komunikasi dalam

Membangun Awareness Wisata

Halal di Kota. Jurnal, 1-13.

Statisik, B. P. (2018, April 20). Dipetik

Desember 30, 2019, dari Badan

Pusat Statistik: https://bandungkota.bps.go.id/static

table/2017/08/29/120/jumlahwisatawan-mancanegara-dandomestik-di-kota-bandung-2016.html

Subarkah, A. R. (2018). Potensi dan Prospek

Wisata Halal Dalam Meningkatkan

Ekonomi. Jurnal, 1-24.

Summit, W. H. (2015). Post Show Report World Halal Travel Summit 2015. Abu

Dhabi: Committee World

Widhasti, G. B. (2017). Diplomasi Publik

Pemerintah Republik Indonesia.

Jurnal, 8.

Downloads

Published

2019-04-30