Potensi dan Prospek Wisata Syariah dalam Meningkatkan Ekonomi Daerah (Studi Kasus: Kota Bandung)

Erda Nuraini, Nouvanda Hamdan Saputra, Lusi Kholisiah

Abstract


Penelitian ini membahas tentang pariwisata syariah sebagai instrumen diplomasi publik Indonesia untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dan meningkatkan ekonomi daerah, karena potensi wisata syariah yang besar diharapkan dapat memiliki pengaruh terhadap perekonomian daerah terutama bagi Kota Bandung sebagai destinasi wisata syariah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan konsep diplomasi publik dan konsep pariwisata syariah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa diplomasi publik Indonesia dengan menampilkan diri sebagai destinasi wisata syariah dianggap berhasil dapat menarik kunjungan wisatawan mancanegara terutama wisatawan Muslim dan menarik investasi, serta perkembangan wisata syariah juga mengalami peningkatan yang positif, sehingga dengan meningkatnya kunjungan wisata dan investasi dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian daerah seperti Kota Bandung sebagai destinasi wisata syariah.


Keywords


Diplomasi Publik; Ekonomi Daerah; Kota Bandung; Wisata syariah

Full Text:

PDF

References


Aprilyani, J. (2018, Maret 12). Dipetik

Desember 30, 2019, dari Indonesia

Bidik Pasar Wisatawan Timur

Tengah:

https://lifestyle.kontan.co.id/news/i

ndonesia-bidikpasar-wisatawantimur-tengah

Hafiz, M. N. (2019, April 9). Dipetik Desember 30, 2019, dari AyoBandung.com: https://www.ayobandung.com/read

/2019/04/09/49244/raihpenghargaan-kota-bandungmantapkan-wisata-halal

Hasan, A. (2016). A study on awareness and

perception towards halal foods

among muslim students in kota

kinabalu. Jurnal, 803-811.

Indonesia.Travel. (t.thn.). Dipetik Desember 30, 2019, dari Dominates World Halal Tourism Awards:

https://www.indonesia.travel/gb/en

/news/indonesia-dominatesworldhalal-tourism-awards-2016-

winning-12-top-categories

Indraswari, R. &. (2015). Diplomasi Publik dan Nation Branding. Jurnal, 52.

Ratna Pratiwi, S., Dida, S., & Sjafirah, N. A.

(2018). Strategi Komunikasi dalam

Membangun Awareness Wisata

Halal di Kota. Jurnal, 1-13.

Statisik, B. P. (2018, April 20). Dipetik

Desember 30, 2019, dari Badan

Pusat Statistik: https://bandungkota.bps.go.id/static

table/2017/08/29/120/jumlahwisatawan-mancanegara-dandomestik-di-kota-bandung-2016.html

Subarkah, A. R. (2018). Potensi dan Prospek

Wisata Halal Dalam Meningkatkan

Ekonomi. Jurnal, 1-24.

Summit, W. H. (2015). Post Show Report World Halal Travel Summit 2015. Abu

Dhabi: Committee World

Widhasti, G. B. (2017). Diplomasi Publik

Pemerintah Republik Indonesia.

Jurnal, 8.




DOI: https://doi.org/10.54268/baskara.v1i2.5699

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 BASKARA : Journal of Business & Entrepreneurship


BASKARA: Journal of Business and Entrepreneurship
Indexed By:

Sinta Dikti Garuda Google Scholar Dimensions.ai E-ISSN Official for BASKARA


Copyright of Baskara: Journal of Business and Entrepreneurship (e-ISSN: 2623-0089 ).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


Powered by Puskom-UMJ