Potensi dan Prospek Wisata Syariah dalam Meningkatkan Ekonomi Daerah (Studi Kasus: Kota Bandung)
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pariwisata syariah sebagai instrumen diplomasi publik Indonesia untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dan meningkatkan ekonomi daerah, karena potensi wisata syariah yang besar diharapkan dapat memiliki pengaruh terhadap perekonomian daerah terutama bagi Kota Bandung sebagai destinasi wisata syariah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan konsep diplomasi publik dan konsep pariwisata syariah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa diplomasi publik Indonesia dengan menampilkan diri sebagai destinasi wisata syariah dianggap berhasil dapat menarik kunjungan wisatawan mancanegara terutama wisatawan Muslim dan menarik investasi, serta perkembangan wisata syariah juga mengalami peningkatan yang positif, sehingga dengan meningkatnya kunjungan wisata dan investasi dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian daerah seperti Kota Bandung sebagai destinasi wisata syariah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aprilyani, J. (2018, Maret 12). Dipetik
Desember 30, 2019, dari Indonesia
Bidik Pasar Wisatawan Timur
Tengah:
https://lifestyle.kontan.co.id/news/i
ndonesia-bidikpasar-wisatawantimur-tengah
Hafiz, M. N. (2019, April 9). Dipetik Desember 30, 2019, dari AyoBandung.com: https://www.ayobandung.com/read
/2019/04/09/49244/raihpenghargaan-kota-bandungmantapkan-wisata-halal
Hasan, A. (2016). A study on awareness and
perception towards halal foods
among muslim students in kota
kinabalu. Jurnal, 803-811.
Indonesia.Travel. (t.thn.). Dipetik Desember 30, 2019, dari Dominates World Halal Tourism Awards:
https://www.indonesia.travel/gb/en
/news/indonesia-dominatesworldhalal-tourism-awards-2016-
winning-12-top-categories
Indraswari, R. &. (2015). Diplomasi Publik dan Nation Branding. Jurnal, 52.
Ratna Pratiwi, S., Dida, S., & Sjafirah, N. A.
(2018). Strategi Komunikasi dalam
Membangun Awareness Wisata
Halal di Kota. Jurnal, 1-13.
Statisik, B. P. (2018, April 20). Dipetik
Desember 30, 2019, dari Badan
Pusat Statistik: https://bandungkota.bps.go.id/static
table/2017/08/29/120/jumlahwisatawan-mancanegara-dandomestik-di-kota-bandung-2016.html
Subarkah, A. R. (2018). Potensi dan Prospek
Wisata Halal Dalam Meningkatkan
Ekonomi. Jurnal, 1-24.
Summit, W. H. (2015). Post Show Report World Halal Travel Summit 2015. Abu
Dhabi: Committee World
Widhasti, G. B. (2017). Diplomasi Publik
Pemerintah Republik Indonesia.
Jurnal, 8.
DOI: https://doi.org/10.54268/baskara.v1i2.5699
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 BASKARA : Journal of Business & Entrepreneurship
BASKARA: Journal of Business and Entrepreneurship Copyright of Baskara: Journal of Business and Entrepreneurship (e-ISSN: 2623-0089 ). This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License |