Pemberdayaan Karakter Tanggung Jawab Sosial Siswa SD Dalam Membangun Lingkungan Sehat

Leila Mona

Abstract


Sebagai bagian dari harapan masa depan bangsa dan anggota masyarakat, membangun karakter tanggung jawab social (personal social responsibility-PSR) dan peduli pada lingkungan bersih pada siswa SD perlu dilakukan melalui sinergi tiga pusat pendidikan yaitu sekolah, keluarga dan komunitas. Jalur pendidikan nonformal dalam membangun terutama domain kognitif dan afektif dilakukan dalam program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) memilih tempat di desa Bojong Menteng, yang juga merupakan daerah potensi wisata.  Tujuan PKM adalah untuk memberikan pengetahuan dan memotivasi siswa SD mengenai peduli pada lingkungan sehat dan pentingnya karakter tanggung jawab social individu untuk menjaganya serta mendorong mereka memiliki rencana-rencana dalam menciptakan lingkungan sehat.  Hasil pengabdian membuat peserta memiliki keterlibatan yang aktif. Rencana-rencana yang disampaikan siswa SD yang terlibat dalam kegiatan tersebut menunjukkan gagasan yang beragam, minat untuk terlibat dalam kegiatan PSR menciptakan lingkungan sehat dalam kapasitas yang peserta itu sendiri mampu, juga sangat kreatif dan variatif. Jumlah siswa SD yang menyampaikan minat untuk berkontribusi juga cukup banyak. Diharapkan meski pendekatan kognitif dan afektif lebih difokuskan, namun mengingat rencana-rencana yang disampaikan sangat baik dan variatif, diharapkan siswa mewujudkannya di ranah implementatif (psikomotorik).


Keywords


tanggung jawab social individu; karakter; peduli lingkungan sehat

Full Text:

PDF

References


Adams, Nancy. 2015. Bloom’s Taxonomy Of Cognitive Learning Objectives. Journal of the Medical Library Association; 103(3): 152-153.

Azzet, Akhmad Muhaimin. 2013. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Bloom, BS. 1956. Taxonomy of educational objectives: the classification of educational goals. New YorkNY: Longmans, Green.

Ganiem., Ambadar., & Soekardjo. (2015) PSR (Personal Sosial Resposibility) Aku, Kamu, Kita Bisa. Jakarta: Prenada Media Kencana

Harlistyarintica,Y., Hana W., Widiyawanti., Nur, Y., Indah PS., dan Nur, Cholimah. 2017. Penanaman Pendidikan Karakter Cinta Lingkungan Melalui Jari Kreasi Sampah Bocah Cilik Di Kawasan Parangtritis. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1): p20-30.

https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/07/penguatan-pendidikan-karakter-jadi-pintu-masuk-pembenahan-pendidikan-nasional

Kemendiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter bangsa. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan.

Lentera Kecil. (2018, 03 Agustus). Mengenal Karakteristik Siswa Sekolah Dasar. Diakses pada (2019, 28 Agustus), dari https://lenterakecil.com/mengenal-karakteristik-siswa-sekolah-dasar/

Lickona, Thomas. 2012. Character Matters. Jakarta: Bumi Aksara.

Mitchell, LA. 2015. Integrity and virtue: The forming of good character. Linacre Quarterly. May, 82(2): p 149-169.

Mona, Leila. 2012. Nyarbod,Studi Tentang Disiplin Tubuh Dalam Pendidikan Karakter Di Sekolah Islam Berasrama. Tesis Universitas Indonesia.

Mona, Leila. 2018. Mengembangkan ‘Personal Social Resposibility (Psr)’ Dalam Membangun Karakter Mahasiswa. Journal Acta Diurna, 14 (2): p. 30 - 47.

Muttaqin, M., Raharjo, T., & Masturi, M. 2018. The Implementation Main Values of Character Education Reinforcement in Elementary School. Journal of Primary Education, 7(1): p 103-112.

O'Boyle, J., Humphrey,E., Pollack,R., Hawver, J., & Story,P. 2011. Emotional intelligence and job performance: A meta-analysis. Journal of Organizational Behavior 32: p 788-818.

Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara RI Tahun 2003, 4301. Sekretariat Negara. Jakarta.

Yi Hu Tian, Jingyu Li, Huiyuan Jia, Xiaofei Xie. 2016. Helping Others, Warming Yourself: Altruistic Behaviors Increase Warmth Feelings of the Ambient Environment. Frontiers Psychology 7: 1349. Published online 2016 Sep5.

Yulianti, D., Rida, N S., S.S. Dewanti., Diana. 2014. Pengembangan Karakter Peduli Lingkungan Anak Usia Dini Melalui Buku Cerita Bermuatan Sains Berwawasan Konservasi. Jurnal Penelitian Pendidikan 31(1): p 11-18.

Kaulina, S., Yulianda, F., dan Siregar, V. (2017). Kajian Pengembangan Wisata Pantai dan Wisata Selancar Berbasis Potensi Sumberdaya Alam di Desa Sawarna, Banten. https://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/87413.

Obonyo, G., & Fwaya. (2012). Integrating Tourirsm With Rural Development Strategies in Western Kenya. International Journal of Hospitality & Tourism Systems, Vol. 5, Issue 2.

Binkhorst, E., & Teun den Dekker. (2009). Agenda for Co-Creation Tourism Experience Reseach. Journal of Hospitality Marketing & Management, 18(2), 311-327.




DOI: https://doi.org/10.54268/baskara.v1i2.5933

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 BASKARA : Journal of Business & Entrepreneurship


BASKARA: Journal of Business and Entrepreneurship
Indexed By:

Sinta Dikti Garuda Google Scholar Dimensions.ai E-ISSN Official for BASKARA


Copyright of Baskara: Journal of Business and Entrepreneurship (e-ISSN: 2623-0089 ).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


Powered by Puskom-UMJ