Pengaruh Persepsi Owner dan Pengetahuan Akuntansi Dalam Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Pamulang

Novia Amanda Lestari, Siti Hamidah Rustiana

Abstract


Salah satu bentuk strategi pemberdayaan Pemerintah untuk menanggulangi kemiskinan yang ada di Indonesia adalah pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang secara langsung maupun tidak langsung berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi daerah dan selanjutnya perekonomian secara nasional. Kontribusi UMKM yang besar dalam perekonomian Indonesia akan lebih baik apabila berbagai permasalahan yang masih dihadapi UMKM dapat diatasi,  salah satunya adalah permasalahan dalam memanfaatkan informasi akuntansi dalam berbagai pengambilan keputusan usahanya. Pengetahuan pemilik usaha tentang informasi akuntansi masih perlu dikembangkan, oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan pengetahuan pelaku UMKM dalam hal akuntansi, serta upaya perbaikannya sehingga mampu menggunakan informasi akuntansi yang ada agar dapat meningkatkan kualitas pengambilan berbagai keputusan yang dibuatnya. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis persepsi owner dan pengetahuan akuntansi dalam penggunaan sistem informasi akuntansi terhadap kinerja usaha mikro, kecil, dan menengah. Sampel penelitian ini adalah 30 responden Usaha Menengah Kecil Mikro yang berada di Kecamatan Pamulang Wilayah Tangerang Selatan. Metode yang digunakan adalah metode purposive sampling dan data yang diperoleh didapat dari pembagian kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang menggunakan program Statistical Package for the Social Science (SPSS) versi 22. Dengan pengujian hipotesis uji parsial t dan uji simultan f. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) persepsi owner dalam penggunaan sistem informasi akuntansi tidak berpengaruh terhadap kinerja usaha mikro kecil, dan menengah (2) pengetahuan akuntansi berpengaruh terhadap kinerja usaha mikro, kecil, dan menengah (3) persepsi owner dalam penggunaan sistem informasi akuntansi dan pengetahuan akuntansi secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja usaha mikro, kecil dan menengah.


Keywords


Pengetahuan akuntansi; Usaha Menengah Kecil Mikro; Sistem Informasi Akuntansi; Kinerja

Full Text:

PDF

References


Andriani,Nina dan Zuliyati, 2015, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi (Studi pada UMKM Kain Tenun Ikat Troso Jepara).

Arliyanto, Tenny, 2014, Pengaruh Penggunaan Informasi Akuntansi Terhadap Keberhasilan UMKM (Studi Kasus Pada Industri Konveksi Desa Padurenan Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus), UKSW.

Aufar, 2014, Skripsi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi Pada UMKM (Survei Pada Perusahaan Rekanan PT. PLN (Persero) di Kota Bandung), Fakultas Ekonomi Universitas Widyatama.

Badri, 2009, Skripsi Pengaruh Persepsi Manajer Mengenai Informasi Akuntansi Keuangan dan Ketidakpastian Tugas Manajer Terhadap Keberhasilan Bisnis Perusahaan Kecil, UIN.

Baihaqi, Wildan Taufik, 2017, Skripsi Pengaruh Persepsi Pemilik Atas Tujuan Laporan Keuangan dan Pengetahuan Akuntansi Pelaku Usaha Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Universitas Negri Yogyakarta.

Chotimah, Nurul dan Ardini, Lilis 2014,Pengaruh Persepsi Manajer Atas Informasi Akuntansi Terhadap Keberhasilan Mengelola UKM Di Sidoarjo, Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, Vol 3 No. 10.

Christian, Arya Bee Grand dan Rita, Maria Rio, 2016, Peran Penggunaan Informasi Akuntansi Dalam Pengambilan Keputusan Untuk Menunjang Keberhasilan Usaha, Jurnal EBBANK ,Vol. 7, No. 2 ,Hal 77-92.

Ediraras, Dharma T. 2010, Akuntansi dan Kinerja UKM, Jurnal ekonomi dan bisnis, No. 2, Volume 15, agustus 2010.

Elsa Nanda Utami, dkk. 2017, Pengaruh Kompetensi Kewirausahaan Terhadap Kinerja UMKM (Studi pada UMKM peserta program PUSPA 2016 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia), Jurnal Vol.4, No.1, April 2017.

Ghozali,Imam, 2016, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23, Edisi 8, Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Goenawan, Leni Marlina dan Chairul Anwar, 2012, Pengaruh Persepsi Pengusaha Kecil dan Menengah Mengenai Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi, Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol. 3, No.1 , Maret 2012, Hal. 83-94.

Hermawan, Hery, dan Domy Cahyo Damai, 2012,Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Madiun, Ekomaks, Jurnal Vol. 1 , No 2.

Hudha, Choirul, 2017, Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pengatahuan Akuntansi, dan Pelatihan Akuntansi Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi Dimoderasi Ketidakpastian Lingkungan Usaha Kecil Menengah, Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, Vol. 5 No. 1 Hal 68-90.

I Putu Lanang Eka Sudiarta, I Ketut Kirya, I Wayan Cipta, 2014,Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Bangli, e-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Manajemen, (Volume 2 Tahun 2014).

Kadek Wahyu Indralesmana dan I.G.N. Agung Suaryana, 2014, Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Dan Kinerja Individu Pada Usaha Kecil dan Menengah Di Nusa Penida, E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 7.2 (2014): 345-356.

Kiryanto, D.R, et al, 2001,Pengaruh Persepsi Manajer Atas Informasi Akuntansi Keuangan Terhadap Keberhasilan Perusahaan Kecil, Jurnal Riset Akuntansi, Indonesia Vol.4 No.2, 2001, Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Mada Yogyakarta.

Linawati,Evi dan MI Mitha Dwi Restuti, 2015, Pengetahuan Akuntansi Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Atas Penggunaan Informasi Akuntansi, Jurnal CBAM, Vol. 2 No. 1 May 2015.

Mansyur, Dwi Indah Pratiwi, 2012, Persepsi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah Atas Penggunaan Laporan Keuangan. Universitas Hanasuddin.

Marshall. B Romney, Paul John S., 2015,Sistem Informasi Akuntansi, Salemba Empat : Jakarta.

Masyhad, 2013, Analisis Pengaruh Persepsi Manajer Atas Informasi Akuntansi Terhadap Keberhasilan Perusahaan Kecil di Kawasan Sidoarjo, Jurnal WIGA, Vol. 3 No. 1, Maret 2013 ISSN NO 2088-0944.

Meiliana, Koes dan A. Fenyta Dewi, 2015, Analisis Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi pada Usaha Kecil dan Menengah di Yogyakarta. MODUS Vol.27 (1): 29-40, 2015.

Neneng Salimah, Indarti & Inova Fitri Siregar, 2015, Analisis Penerapan Akuntansi dan Kesesuaiannya Dengan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (Pada UMKM di Kecamatan Sukajadi Binaan DisKop & UMKM Kota Pekanbaru), Jurnal Akuntansi, Vol. 3, No. 2, April 2015 : 212 – 226.

Nisa, K, 2011, Strategi Pemasaran Untuk Usaha Kecil Menengah. Melalui: http://consumerbehavior.lecture.ub.ac.id/2011/12/strategi-pemasaran-untuk-usahakecil-menengah/), (diakses 2 Febuari 2018).

Nugroho, Diki Maulana, 2017, Pengaruh Informasi dan Sosialisasi Akuntansi, Serta Ukuran Usaha Terhadap Pemahaman UMKM atas Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP),Institut Agama Islam Negri Surakarta.

Nuritha, Ifrina, 2013, Identifikasi Pengaruh Lokasi Usaha Terhadap Tingkat Keberhasilan Usaha Minimarket Waralaba di Kabupaten Jember Dengan Sistem Informasi Geografis, Jurnal Sistem Informasi, Program Studi Sistem Informasi. Universitas Jember, I (1) : 825-835.

Nurseto, Tejo, 2010, Pembelajaran Motivasi Berprestasi Dalam Mata Kuliah Kewirausahaan Dengan Game Tournament, Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, Vol. 7 No. 1 , April 2010.

Piranda, Jhon, Kusnadi, dan Hardini Ariningrum. 2015. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Persepsi Pengusaha Kecil Atas Penggunaan Informasi Akuntansi. Jurnal Riset Akuntansi dan Manajemen, Vol. 4, No. 1, Juni 2015.

Prihatni, Rida dan Diena N, 2012, The Comprehension And Application Of Accounting Information System For The Small And Medium Enterprise. Bandung,Indonesia.

Pradnya Paramita Hapsari , Abdul Hakim , Saleh Soeaidy, 2014, Pengaruh Pertumbuhan Usaha Kecil Menengah (UKM) terhadap Pertumbuhan Ekonomi Daerah (Studi di Pemerintah Kota Batu), Wacana– Vol. 17, No. 2 (2014).

Putriana, 2012, Strategi Penanggulangan Kemiskinan Melalui Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Purwati, I. dan G. Hudiwinarsih, 2012, Persepsi Manajer Atas Informasi Akuntansi Keuangan Dan Pengaruhnya Pada Keberhasilan Mengelola Perusahaan Kecil Dan Menengah Di Surabaya, Jurnal Vol. 2 No. 1, 2012, STIE Perbanas Surabaya.

Ratnamurni, Elis Dwiana, 2011, Kinerja Usaha Kecil Agroindustri Makanan Dan Minuman Di Jawa Barat, Portofolio Vol. 8 No. 2, Nopember 2011 : 21 – 39.

Rosita, 2013,Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Pada UKM (Studi Empiris Pada UKM di Kabupaten Karanganyar), Graduasi, Vol. 29, ISSN 2088-6594.

Rudiantoro, R dan Siregar, S, V. 2012,Kualitas Laporan Keuangan UMKM Serta Prospek Implementasi SAK ETAP, Jurnal Vol 9, No. 1, Juni 2012.

Salamah, L, 2010,Lingkaran Krisis Ekonomi Indonesia. Jurnal Masyarakat Kebudayaan dan Politik, Volume 14, Nomor 2: 65-76.

Sarifah, Hani’ Atun. 2012, Analisis Persepsi SAK ETAP Terhadap Kinerja Usaha Pada UMKM Se-Kota Semarang, Accounting Analysis Journal, Universitas Negri Semarang.

Setijawan, Imam dan Rina Permatasari, 2014, Analisis Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Kegunaan Terhadap Penggunaan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik Pada Koperasi Di Semarang, Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), September 2014, Hal 163-175, Vol. 21, No. 2.

Setyowati, Eka, 2013, Pengaruh Persepsi Pengusaha Atas Informasi Akuntansi Seta Penyelenggaraan Dan Penggunaan Informasi Akuntansi Terhadap Keberhasilan UMKM (Studi Kasus Kampung Batik Laweyan Surakarta), Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Siregar, Aditya Fitri, Pengaruh Pengetahuan Akuntansi dan Kepribadian Wirausaha Terhadap Kinerja Manajerial Pada Perusahaan Jasa di Kota Medan. (Medan : Skripsi Universitas Sumatra Utara, 2009) h.23

Sitorus, Monang dan Lamhot Hutasoit, 2013, Hubungan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja PNS (Studi Kasus di Sekertariat Daerah Kabupaten Humbang Hasundutan), Jurnal Borneo Administrator, Vol.9 No. 2, 2013.

Sitorus, Saut Djosua Henrianto, 2017, Pengaruh Latar Belakang Pendidikan dan Pengetahuan Tentang Akuntansi Terhadap Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Pada Pedagang Di Wilayah Kelurahan Helvetia Tengah Medan, At-Tawassuth, Vol. II, No.2, 2017: 413 – 436.

Sofiah, Nurhayati, 2014, Persepsi Pengusaha UMKM Keramik Diyono Atas Informasi Akuntansi Keuangan Berbasis Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP), Jurnal JIBEKA, Vol. 8, No. 1, Febuari 2014.

Subramanyam, K. D dan John J. Wild, 2010, Analisis Laporan Keuangan, Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono, 2010, Metedologi Penelitian Bisnis, Alfabeta. Sulistiyanto, Dandy Dwi, 2017, Penerapan Strategi Balanced Scorecard Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Manajemen, Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, Vol. 6, No. 1, Januari 2017.

Tuti, Rias dan S. Patricia Febrina Dwijayanti, 2014, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemahaman UMKM Dalam Menyusun Laporan Keuangan Berdasarkan SAK ETAP, ISSN NO : 1978 – 6522, The 7th NCFB and Doctoral Colloquium 2014.

Ulfah, IF. 2015, Informasi Akuntansi untuk Menunjang Keberhasilan Usaha Kecil dalam Menghadapi MEA, Prosiding Hasil Penelitian & PPM 2015.

Undang-undang No. 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Kecil dan Menengah.

Utomo, WP, 2010, Pengaruh Persepsi dan Penggunaan Informasi Akuntansi terhadap Keberhasilan Pengusaha Tanaman Hias di Surabaya, UPN, Jawa Timur.

Wahyudi, M, 2009, Tesis Analisis Faktor- faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Yogyakarta. Semarang: Universitas Diponegoro.

Wibowo, Alex dan Elizabeth Penti Kurniawati , 2015, Pengaruh Penggunaan Informasi Akuntansi Terhadap Keberhasilan Usaha Kecil Menengah (Studi Pada Sentra Konveksi di Kecamatan Tingkir Kota Salatiga), Volume XVIII No 2 Agustus 2015.

Widiyanti, Yayuk, 2013, Skripsi Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Pengusaha Kecil dan Menengah Atas Penggunaan Informasi Akuntansi Keuangan, Universitas Negri Semarang.

Whetyningtyas, Aprilia. 2016, Determinan Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Usaha Kecil Menengah (UMKM),Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Volume XVIII No. 2, Agustus, 2015.

Wilfa, Razannisa dan Endra Murti Sagoro, 2016,Pengaruh Persepsi Terhadap Laporan Keuangan dan Pemahaman Akuntansi Terhadap Kualitas Laporan Keuangan UMKM, Jurnal Profita, Edisi 7 Tahun 2016.

Yustika, Erani A, 2010, Ekonomi Kelembagaan: Definisi, Teori dan Strategi, Malang: Bayumedia Publishing




DOI: https://doi.org/10.54268/baskara.1.2.67-80

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 BASKARA : Journal of Business & Entrepreneurship


BASKARA: Journal of Business and Entrepreneurship
Indexed By:

gs


Copyright of Baskara: Journal of Business and Entrepreneurship (e-ISSN: 2623-0089 ).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


Powered by Puskom-UMJ