PELATIHAN DESAIN PRODUK DAUR ULANG PADA KOMUNITAS BANK SAMPAH PEDULI LINGKUNGAN DI KELURAHAN PANCORAN MAS KOTA DEPOK

Bambang Sutrisno, Liza Nora, Azimah Hanifah

Abstract


Sampah telah menjadi masalah yang penting bagi masyarakat di perkotaan. Berbagai alternatif pengolahan sampah telah banyak ditawarkan, mulai dari proses pembakaran, composting, hingga daur ulang. Upaya-upaya pengelolaan sampah ini telah dilakukan oleh Komunitas Bank Sampah di Kelurahan Pancoran Mas Kota Depok. Beberapa ibu rumah tangga di wilayah ini telah berhasil memproduksi sampah menjadi produk daur ulang. Permasalahan yang ditemukan pada Komunitas Bank Sampah ini dalam membuat produk daur ulang adalah mereka membuat produk daur ulang sesuai keinginan mereka saja tanpa mendesain terlebih dahulu dan memikirkan siapa target pasar mereka. Metode pelatihan desain produk daur ulang ini dilakukan dengan presentasi dan diskusi. Tim pengabdian kepada masyarakat mempresentasikan materi tentang desain produk daur ulang. Peserta pelatihan dapat berdiskusi dengan tim pengabdian kepada masyarakat tentang produk daur ulang yang telah dibuat maupun ide produk yang akan dibuat. Peserta pelatihan dapat menceritakan keluhan dan masalah yang dihadapi selama memproduksi produk ulang sampai tahap menjual produk yang dibuatnya kepada penjual. Tim menjawab setiap pertanyaan dari peserta pelatihan dan memberikan solusi yang dihadapi selama ini dengan memberikan masukan yang membangun. Kesimpulan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pelaksanaan pelatihan desain produk daur ulang pada komunitas bank sampah di Kelurahan Pancoran Mas Kota Depok berjalan dengan lancar. Keberhasilan pelaksanaan pelatihan ini didukung oleh kompetensi dan pengalaman yang cukup oleh pemateri dan tempat pelatihan dan suasana pelatihan yang kondusif.


Keywords


desain produk daur ulang, pengolahan sampah, pelatihan

Full Text:

PDF

References


Arico, Zulfan, Sri Jayanthi. 2017. Pengolahan Limbah Plastik Menjadi Produk Kreatif Sebagai Peningkatan Ekonomi Masyarakat Pesisir. Martabe, Vol. 1 No 1.

Marsudi, I Wayan Setiadarma, Agung Ari Subagio. 2017. Pelatihan Daur Ulang Kertas Pada Komunitas Bank Sampah di Kendalsari Kelurahan Penjaringansari Surabaya Sebagai Upaya Peningkatan Perekonomian Masyarakat. Prosiding Seminar Nasional Seni dan Desain FBS UNESA.

Permana, Nikmal. 2017. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kegiatan Daur Ulang Sampah oleh Bank Sampah Berlian Kelurahan Lenteng Agung. Skripsi. Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah.

http://marketeers.com/kenali-design-thinking-sebelum-bikin-startup/ (diakses pada 31 Januari 2019 pukul 17.00 WIB).




DOI: https://doi.org/10.24853/baskara.1.2.87-92

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



BASKARA: Journal of Business and Entrepreneurship Indexed By:

  gs 


Copyright of Baskara: Journal of Business and Entrepreneurship (e-ISSN:2623-0089).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


Powered by Puskom-UMJ