Partisipasi Masyarakat Dalam Model GEULIS (Gerakan Lingkungan Sehat) Perwujudan Desa Siaga di Daerah Dramaga Bogor

Sadiyah El Adawiyah, A I Ramadhan

Abstract


Partisipasi masyarakat menjadi hal yang sangat penting dalam mencapai keberhasilan dan keberlanjutan program pembangunan. GEULIS (Gerakan lingkungan Sehat) di desa Sukawening, Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor yang melibatkan Kader di 7 RW desa Sukawening dalam memberantas jentik nyamuk dengan melakukan pembersihan lingkungan di sekitar desa Sukawening. Hasil pengamatan Indikator keberhasilan suatu program dilihat pada dua indikator yaitu indikator input dan indicator proses. Partisipasi dalam bentuk pikiran diberikan masyarakat ketika menghadiri pertemuan yang membicarakan tentang GEULIS (jentik nyamuk). Pengetahuan dan keterampilan peserta dalam pengamatan dan pemberantasan jentik nyamuk meningkat, sehingga berdampak pada teIjadinya penurunan jumlah penyebaran jentik nyamuk dan penurunan jumlah kejadian demam berdarah khususnya di Desa Sukawening.

Keywords


Desa siaga; Model Geulis; Partisipasi masyarakat

Full Text:

PDF

References


Ahmad, M.Yusuf, (2018) Ensiklopedi Tematis Ayat Al-Quran dan Hadits, Widya Cahaya, Jakarta

Alserhan, B. A., Althawadi, O. M. & Boulanouar, A. W. (2016) Theories of Islamic marketing. International Journal of Islamic Marketing and Branding, 1, 297-304.

Cholil, Akmal. M, (2018) 101 Branding Ideas, Quadrant, Yogyakarta

Cornelissen, Joep. (2011) Corporate Communication A Guide to Theory and Practice, 3rd Edition. London: Sage.

Davis, Melissa:. (2009) the Fundamentals of Branding, AVA Publishing, Singapore

Dennhardt, Severin, (2014) User-Generated Content and its Impact on Branding, Springer Gabler, Austria

Firmansyah, H., Yulianti, M., & Alif, M. (2018). Strategi komunikasi dalam penguatan kapasitas kelembagaan pada pengelolaan lahan gambut melalui peningkatan sumberdaya manusia di sektor pertanian Kalimantan Selatan. Metacommunication: Journal of Communication Studies, 2(1).

Gemiharto, I., Zein, D., & El Karimah, K. (2016). Evaluasi Model Komunikasi Pemasaran Koperasi Dalam Upaya Penguatan Kelembagaan Ekonomi Masyarakat Studi Kasus Pengembangan Model Komunikasi Pemasaran Koperasi Petani Cabai di Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat. Jurnal Manajemen Komunikasi, 1(1).

Griffin, Em,. (2012) A First Look At Communication Theory,. 8th ed, McGraw-Hill Published, New York

Hardius, Usman (2015) Customers Trust on Islamic Banks in Indonesia, The Journal of Asian Finance, Economic and Bussines Vol 2.No 1 pp 5-13

Kamaluddin, Laode, (2010) Cerdas Bisnis Cara Rasulullah, Cetakan Ke-3, Penerbit Rich Muslim Adikarya Bangsa, Jakarta

Kotler,P, Keller,K.L, Marketing Management, Pearson Education, Inc., England, 2016.

Kurnia, Eddy, (2010) Komunikasi Dalam Pusaran Kompetensi, Cetakan-1, Penerbit Republika, Jakarta

Littlejohn, Stephen W, & Foss, Karen, (2011) Teori Komunikasi, Edisi Ke-9, Salemba Humanika, Jakarta

Mehran Najmaeia, Shaheen Mansoorib, Zukarnain Zakariac, Markus Raueiserd (2017) Marketing from Islamic Perspective, Tapping into the Halal Market, Journal of Marketing Management and Consumer Behavior, Vol. 1, Issue 5 53-62

Oktarina, S., & Sarwoprasodjo, S. (2018). Strategi Komunikasi Politik Opinion Leader Dalam Difusi Program Pembangunan Dan Pengembangan Lembaga Lokal Di Pedesaan (Opinion Leader Political Communication Strategy in Diffusion Development Program and Development of Local Institutions in Rural). Metacommunication: Journal of Communication Studies, 3(1).

Rudiatin, E., & Ramadhan, A. I. (2018). Kekuatan Moral Dan Budaya, Mendukung Perekonomian Indonesia: Sebuah Gambaran Usaha Kecil Dan Menengah. BASKARA Journal of Business & Entrepreneurship, 1(1), 21-34.

Sari, D. K., Hasfi, N., Santosa, H. P., Lukmantoro, T., Prastya, N. M., Isnaini, S., ... & Arofah, K. (2015). Information and Communication Technology, dan Literasi Media Digital. ASPIKOM dan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

Sa’diyah El Adawiyah, S., & Swarnawati, A. (2015) Hubungan Media Baru dengan Sikap Nasionalisme Remaja di DKI Jakarta. Information and Communication Technology, 95.

Sudarmawan Samidi, Dety Nurfadilah, Abdul Rivai, Suharto (2016) The Impact Of Islamic Branding On Consumer’s Attitude Towards Soft Drink Product In Malaysia, Journal of Global Business and Social Entrepreneurship (GBSE) Vol. 2: no. 5 (2016) page 66–77

Sugiyono, (2010) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : CV Alfabeta

Temporal, Paul,. (2011)”Islamic Branding and Marketing. Creating A Global Islamic Business” John Wiley & Sons (Asia) Pte. Ltd. Solaris Tower, Singapore

Wahjono, Sentot Imam. (2010) Manajemen Pemasaran Bank. Yogyakarta: Graha Ilmu

Yuswohady, (2015) Marketing To The Middle Class Muslim, Cetakan ke-2, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta




DOI: https://doi.org/10.54268/baskara.v2i2.6237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 BASKARA : Journal of Business & Entrepreneurship


BASKARA: Journal of Business and Entrepreneurship
Indexed By:

Sinta Dikti Garuda Google Scholar Dimensions.ai E-ISSN Official for BASKARA


Copyright of Baskara: Journal of Business and Entrepreneurship (e-ISSN: 2623-0089 ).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


Powered by Puskom-UMJ