PENGENDALIAN KUALITAS PADA RANTAI PASOK SAYURAN SELADA DENGAN TEKNIK BUDIDAYA HIDROPONIK NFT

Fristy Yuanita, Gema Wibawa Mukti

Abstract


Tujuan dari penelitian mengenai pengendalian kualitas pada rantai pasok sayuran selada NFT (Nutrient Film Technique) adalah untuk melihat kinerja pelaku yang ada dalam rantai pasok sebagai upaya dalam pengendalian kualitas produk dalam bisnis pertanian. Penelitian dilakukan pada PT. Momenta Agrikultura “Amazing Farm” yang berlokasi di Desa Cikahuripan Kampung Cisaroni RT 002/008, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat Indonesia. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain kualitatif didukung data kuantitatif dengan teknik penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling. Data yang diperoleh adalah data primer dan data sekunder. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan permasalahan utama adalah kontrak yang tidak memadai serta penanganan yang kasar disebabkan kurangnya pengawasan dan evaluasi kinerja secara rutin, serta pengendalian kualitas proses produksi pada rantai pasok selada dilakukan oleh pemasok dan PT Momenta Agrikultura “Amazing Farm”. Kinerja PT Momenta Agrikultura “Amazing Farm” mendekati empat sigma, yang mana merupakan standar industri Amerika dan melebihi standar kebanyakan industri di Indonesia. Tindakan pada perbaikan dan pengendalian yang diusulkan yaitu pembenahan kontrak, pembagian informasi, perbaikan metode kerja dan mengu-rangi resiko penurunan kualitas dengan Standard Operating Procedure (SOP) pada Packing House agar lebih steril, efektif, dan efisien.

Full Text:

PDF

References


Ahmad N., M. Usman Awan, A. Raouf, L. Sparks. 2009. Development of A Service Quality Scale For Pharmaceutical Supply Chains. Insitute of Quality & Technology Management, Pakistan and Institute for Retail Institute, UK.

Ariani, Dorothea Wahyu. 2005. Pengendalian Kualitas Statistik. Ed. II. Yogyakarta: ANDI.

Frontier Consulting Group (2012). Research Division (Survei di enam kota besar).Top Brand Index. Top Brand Award. Retrieved from http://www.topbrand-award.com/ (diakses pada 17 Desember 2014).

Kim, S. and Mahoney, J.T. 2006. Collaborative Planning, forecasting, and Replenishment (CPFR) as a Relational Contract: An Incomplete Contracting Perpective. Strategic Management Journal, 27 (5) : 401 – 23.

Kitinoja, Lisa and Kader, Adel A. 2002. Praktik-praktik Penanganan Pasca PanenSkala Kecil: Manual untuk Produk Hortikultura. Post-harvest Horticulture Series No. 8, Ed. IV. Terj. I Made S. Utama.

Kotler, P. dan Armstrong, G. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Ed. VIII. Jil. II. Jakarta: Erlangga.

Mentzer J.T., W. Dewitt, J.S. Keebler, S. Min, N.W. Nix, C.D. Smith, Z.G. Zacharia. 2001. Defining Supply Chain Management. Journal of Business Logistics. The University of Tennessee.

Natawidjaja R.S., B. Bayu Krisnamurthi, T. Perdana, L. Fauzia, T. I. Noor, T. Reardon, C.P. Timmer, J. Gingerich. 2004. Supermarkets and Agricultural Development in Indo-nesia: Edited Compilation of Re-ports in 2004 for USAID Project RAISE/FPSA. UNPAD, IBP, DAI, and MSU.

PT. Hero supermarket Disampaikan dalam Seminar Nasional Pemba-ngunan Pertanian Inklusif, September 2015.

Pyzdek, Thomas and Keller, Paul. 2010. Six SigmaHandbook. Third Edition. The McGraw-Hill.

Reardon, Thomas. 2005. Retail Companies as Integrators of Value Chains in Developing Countries: Diffusion, Procurement System Change, and Trade and Development Effects. Editor: Deutsche Gesellschaft für Technische Zusammenarbeit (GTZ) GmbH.

Saragih. 2010. Disampaikan dalam wawancara bersama Majalah Agrina Bulan Oktober Tahun 2010.

VICS CPFR. 2015. CPFR: An Overview of the Model. http://www.vics.org/committees/cpfr/> (diakses pada 11 Februari 2015).

Xiangyang C., Chang, D. Yingchun, H. Kupper. 2003. Designing Effective Supply Chains of fresh produce Initiated by Supermarkets in China.

Yin, Robert. K. 2008. Studi Kasus (Desain & Metode). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.24853/jat.2.1.23-42

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ