TREN PEMANFAATAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN DALAM PENGAJARAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA SEKOLAH DASAR
Abstract
ABSTRAK
Perkembangan teknologi telah mempengaruhi setiap aspek, terutama dalam bidang pendidikan. Hal ini juga merangsang guru untuk menggunakan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meninjau penggunaan teknologi, khususnya teknologi pembelajaran dalam kegiatan pengajaran. Keterbatasan dari tinjauan ini adalah penggunaan teknologi pembelajaran yang digabungkan dengan pengajaran kosa kata untuk sekolah dasar. Metode Tinjauan Literatur sistematis digunakan dalam penelitian ini dengan menerapkan pendekatan empat fase yang serupa yaitu pencarian, filter, dan kelayakan, dan kueri/pencarian, filter, kelayakan, dan inklusi. Berdasarkan pendekatan empat tahap, 31 artikel dari 996 telah disaring yang memenuhi persyaratan penggunaan teknologi pembelajaran dalam pembelajaran Kosakata dari sekolah dasar. hasil tinjauan penelitian sebelumnya menyatakan bahwa bentuk teknologi yang diterapkan dalam pembelajaran kosakata adalah perangkat pembelajaran yang meliputi video game, AR, tablet, dan aplikasi aplikasi yang dibentuk oleh peneliti dengan tujuan untuk meningkatkan pembelajaran kosakata. Selanjutnya dalam bentuk sumber belajar, YouTube merupakan sumber belajar yang digunakan dalam pembelajaran kosakata bahasa asing di sekolah dasar. Hal menarik lainnya, tipe lingkungan belajar yang menerapkan teknologi sangat jarang diterapkan. Satu studi membahas bagaimana kahoot dan duolinggo diterapkan sebagai lingkungan belajar dalam pembelajaran kosa kata. Dan tipe yang terakhir yaitu teknologi dalam metode pembelajaran tidak ada dalam proses pembelajaran kosakata bahasa asing. Hasil penelitian ini dapat memberikan pandangan baru dalam penggunaan audiovisual pada pembelajaran kosakata Bahasa asing disekolah dasar.
Kata kunci: SLR, Teknologi, Kosakata, Teknologi pendidikan
Full Text:
PDFReferences
REFERENSI
Abbott, C. (2003). ICT: Changing Education. In ICT: Changing Education. https://doi.org/10.4324/9780203400197
Afzal, N. (2019). A Study on Vocabulary-Learning Problems Encountered by BA English Majors at the University Level of Education. Arab World English Journal. https://doi.org/10.24093/awej/vol10no3.6
Agustin, M. (2019). TEACHERS’ TECHNIQUES IN TEACHING ENGLISH VOCABULARY TO YOUNG LEARNERS. JELA (Journal of English Language Teaching, Literature and Applied Linguistics). https://doi.org/10.37742/jela.v1i1.8
AlShaiji, O. A. (2017). Video games promote Saudi kids English vocabulary retention. Asia Pacific Journal of Contemporary Education and Communication Technology (APJCECT).
Annetta, L. A. (2008). Video games in education: Why they should be used and how they are being used. Theory into Practice. https://doi.org/10.1080/00405840802153940
Awalludin, M. F. N., Rosli, M. S., Saleh, N. S., Atan, N. A., & Subramanian, T. S. (2019). Video games as vocabulary enhancement instrument in the 21st century classroom. International Journal of Recent Technology and Engineering.
Azmi, N. (2017). The Benefits of Using ICT in the EFL Classroom: From Perceived Utility to Potential Challenges. Journal of Educational and Social Research. https://doi.org/10.5901/jesr.2017.v7n1p111
Bai, Z. (2018). An analysis of english vocabulary learning strategies. Journal of Language Teaching and Research. https://doi.org/10.17507/jltr.0904.24
Barnard, R., Richards, J. C., & Rodgers, T. S. (2002). Approaches and Methods in Language Teaching. TESOL Quarterly. https://doi.org/10.2307/3588247
Burden, K., Kearney, M., Schuck, S., & Hall, T. (2019). Investigating the use of innovative mobile pedagogies for school-aged students: A systematic literature review. Computers and Education. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.04.008
Cameron, L. (2001). Teaching languages to young learners. Cambridge University Press.
Carro, R. M. (2008). Applications of adaptive hypermedia in education. In Computers and Education: Towards Educational Change and Innovation. https://doi.org/10.1007/978-1-84628-929-3_1
Carstens, K. J., Mallon, J. M., Bataineh, M., & Al-Bataineh, A. (2021). Effects of Technology on Student Learning Kaite. The Turkish Online Journal of Educational Technology –.
Cerezo, R., Calderón, V., & Romero, C. (2019). A holographic mobile-based application for practicing pronunciation of basic English vocabulary for Spanish speaking
DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.5.2.72-84
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License