EFEKTIVITAS KARTU KUARTET TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV

Siti Samsiyah, Hermansyah Hermansyah, Arief Kuswidyanarko

Abstract


ABSTRAK
Kemampuan pemahaman merupakan suatu informasi yang diberikan kepada siswa berupa materi pembelajaran. Salah satu alternatif untuk memahami materi pembelajaran dengan media pembelajaran yang menarik yaitu media kartu kuartet. Kartu kuartet adalah media dalam bentuk permainan meliputi: beberapa jumlah kartu bergambar yang memiliki keterangan mengenai gambar tersebut dengan cara mengelompokkan 4 kartu dengan sub judul berbeda-beda. Tujuan penelitian untuk mengetahui mengetahui keefektifan penggunaan kartu kuartet terhadap kemampuan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV. Subjek penelitian adalah kelas IV.B dan IV.C di SDN 09 Tanjung Batu. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah metode eksperimen dengan jenis penelitiannya yaitu True eksperimental design serta bentuk desain Pretest-Posttest Control Group Design. Hasil penelitian terlihat setelah dilakukan pretest, treatment, posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sehingga didapat hasil perhitungan Independent sampel t-test diperoleh nilai signifikan = 0,00 maka nilai signifikan 0,00 < 0,05 artinya Ho ditolak dan Ha diterima.
Kata kunci: Kemampuan Pemahaman, Kartu Kuartet


Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Dwisang, E.L. 2013. Kamus Lengkap Indonesia. Tangerang Selatan: Karisma Publishing Group

Faizah.N. I. H. 2017. Efektivitas Penggunaan Media Kartu Kuartet Dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas V SDN Jetis 3 Lamongan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol.5 No. 3

Hikmawati, F. 2018. Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali

Gunawan & Palupi. 2016. Taksonomi Bloom-Ranah Kognitif: Kerangka Untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Penilaian. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, Vol. 2 No. 2, Hal. 98-117

Kalmirasari & Darsono. 2017. Sumber Belajar Penunjang PLPG 2017 Kompetensi Profesional, Mata Pelajaran Guru Kelas SD Unit IV Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Kesumawati, H. 2017. Buku Siswa Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Kholidah & Sujadi. 2018. Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V dalam Menyelesaikan Soal di SD Negeri Gunturan Pandak Bantul Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Vol. 4, No. 3, Hal 428-431

Priyanto, dkk. 2019. Pengaruh Kartu Kuartet dalam Model Pembelajaran STAD Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa. Jurnal of Education Thechnology, Vol. 3 Nomor. 4, Hal. 253-259

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta

Sunanih, dkk. 2020. Pengaruh Media Kartu Kuartet Terhadap Kemampuan Membaca Siswa dalam Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, Vol. 2 No. 3, Hal. 486-492

Supardan, D. 2015. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Perspektif Filosofi dan Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara

Sundayana, R. 2015. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.5.2.119-126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:

 

  

 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ