MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI WAKTU KELAS III MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Aulia Salsabila, Siti Dewi Maharani, Vinencia Ika Indralin

Abstract


Pembelajaran yang konvensional membuat peserta didik tidak bersemangat dalam belajar,terlebih lagi pada saat mempelajari matematika. Hal ini tentu berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Pada penelitian ini peserta didik kelas III.B SD Negeri 112 Palembang yang terdiri dari 25 orang belum memahami materi waktu terkhusus menentukan waktu dan menghitung lama suatu kegiatan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi waktu dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas kolaborasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Leraning dapat menigkatkan hasil belajar peserta didik pada materi waktu. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar pra siklus dengan rata-rata 40 meningkat menjadi 70 pada siklus I dan kembali meningkat menjadi 80 pada siklus II. Serta ketuntasan pada pra siklus sebesar 36% meningkat menjadi 64% di siklus I dan meningkat kembali pada siklus II dengan ketuntasan 88%.

Full Text:

PDF

References


Arifin. (2011). Evaluasi Pembelajaran dan

Pembelajaran Efektif. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya.

Astuti, Pt Hesti Mardika., Gd Wira B., Ni Nym

A. (2021). Penerapan Model

Pembelajaran Problem Based Learning

untuk Meningkatkan Hasil Belajar

Matematika Peserta didik. Jurnal

Mimbar Ilmu. 26(2), 243-250.

Gunawan., Lilik K., Lilik Sri H. (2018). FaktorFaktor Yang Mempengaruhi Hasil

Belajar Peserta didik. Jurnal Penelitian

dan Pendidikan IPS. 12(1), 14-22.

Margetson. (2011). Penerapan Model

Pembelajaran. Jakarta: Univet Bantam

Press Sukoharjo

Mayangsari. (2012). Evaluasi Hasil Belajar.

Malang: Madza Publishing.

Mulyani, Sumantri. (2014). Perkembangan

Peserta Didik. Tangerang Selatan:

Universitas Terbuka.

Raharja, Setya. (2005). Meningkatkan Mutu

Pembelajaran Melalui Penelitian

Tindakan Kelas. Jurnal Ilmiah Guru

“COPE”. 1(9), 19-26.

Rusman. (2016). Model-model Pembelajaran.

Jakarta: Rajawali Pers

Sanjaya, Wina. (2009). Strategi Pembelajaran

Berorientasi Standar Proses.

Pendidikan. Jakarta: Prenada.

Sanjaya, Wina. 2011. Penelitian Tindakan

Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media

Group.

Simbolon, Fransisco J., Sri Hastuti N., Pentatito

G. (2020). Pengaruh Pendekatan

Resource Based Learning (RBL)

Terhadap Pemahaman Konsep

Matematis Peserta didik. Jurnal

Pendidikan Matematika. 8(2), 76-88.

Sudjana, Nana. (1990). Penilaian Hasil ProsesBelajar Mengajar. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian

Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,

kualitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta

Susanto, Ahmad. (2015). Teori Belajar &

Pembelajaran di Sekolah Dasar.

Jakarta: Prenada Media Group.

Suyono., Hariyanto. (2013). Belajar dan

Pembelajaran. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya

Uno, Hamzah B. dkk. (2014). Menjadi Peneliti

PTK yang Profesional. Jakarta: Bumi

Aksara

W u l a n d a r i , E n i . , Y u l i a P . ( 2 0 1 9 ) .

Peningkatan Minat dan Hasil Belajar

pada Mata Pelajaran Matematika

Materi Satuan Waktu Melalui Model

Pembelajaran Berbasis Masalah

(Problem Based Learning) Siswa Kelas

III SD Islam Terapan Budi Mulyo

Sentolo Tahun Ajaran 2019/2020.

Jurnal Ilmiah Kependidikan. 8(2), 117-




DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.7.2.186-193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:

 

 

 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ