Analisis Kearifan Lokal Pada Permainan Tradisional Etnik Betawi Sebagai Penguatan Karakter Melalui Mata Pelajaran PLBJ

Maria Ulfa, Suswandari Suswandari, Sigid Edy Purwanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai kearifan lokal pada permainan tradisional etnik Betawi sebagai penguatan karakter melalui mata pelajaran PLBJ Kelas IV SDN Pondok Kelapa 01. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Adapun subjek penelitian ini adalah tokoh etnik Betawi, kepala sekolah, guru, dan peserta didik SDN Pondok Kelapa 01. Hasil penelitian menunjukkan bahwa etnik Betawi memiliki berbagai permainan tradisional yang bersifat mendidik. Permainan tradisional etnik Betawi di antaranya adalah Kuda Bisik dan Cici Putri.  Permainan tradisional etnik Betawi tersebut mengandung nilai-nilai karakter seperti kerja sama, kejujuran, sportivitas, tanggung jawab, dan persahabatan. Upaya penanaman nilai-nilai kearifan lokal melalui permainan tradisional tersebut dilakukan dengan cara mengintegrasikannya ke dalam mata pelajaran PLBJ yang merupakan mata pelajaran muatan lokal pada jenjang SD di seluruh wilayah Jakarta.

Full Text:

PDF

References


Angga, A., Abidin, Y., & Iskandar, S. (2022). Penerapan pendidikan karakter dengan model pembelajaran berbasis keterampilan abad 21. Jurnal Basicedu, 6(1), 1046–1054.

Annur, Y. F., Yuriska, R., & Arditasari, S. T. (2021). Pendidikan Karakter dan Etika dalam pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Azhari, M. R., Mashuri, S., & Alhabsyi, F. (2022). Integrasi pendidikan agama islam dalam pemanfaatan teknologi di era society 5.0. Prosiding Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society (KIIIES) 5.0, 1(1), 212–217.

Fangidae, S. I., & Antika, E. R. (2023). Pengaruh Kualitas Persahabatan terhadap Kebahagiaan Siswa SMA. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 12(1), 79–94.

Hadyansah, D., Septiana, R. A., & Budiman, A. (2021). Permainan Tradisional Sebagai Nilai-Nilai Kearifan Lokal. Aksararaga, 3(1), 42–46.

Hariadi, H. (2017). PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN OTENTIK ASPEK SIKAP SOSIAL DALAM PENDIDKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 16(1), 84–96. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/JIK/article/view/6898

Hidayah, A. R., Hediyati, D., & Setianingsih, S. W. (2018). Penanaman nilai kejujuran melalui pendidikan karakter pada anak usia dini dengan teknik modeling. Kopen: Konferensi Pendidikan Nasional, 1(1), 109–114.

Insani, N., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter pada Siswa Sekolah Dasar dalam Upaya Menghadapi Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8937–8941.

Juniarsih, R. (2018). Peningkatan keterampilan berpikir kritis dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share siswa sekolah dasar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 1(1), 1–13.

Lamuri, A. B., & Laki, R. (2022). Transformasi pendidikan dalam pengembangan sumber daya manusia yang berkarakter di era disrupsi. Guru Tua: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 21–30.

Mae, M., Fauziyyah, S., Yulistiani, Y., & Wulansuci, G. (2023). A PERMAINAN TRADISIONAL: IMPLEMENTASI KARAKTER CINTA TANAH AIR DI LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 9(2), 108–116.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Analisis Data Kualitatif. UI-Press.

Prasetya, Y., & Sarmini, S. (2023). Permainan Tradisional sebagai Sumber Nilai Karakter Bagi Anak di Kelurahan Simokerto Surabaya. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 11(1), 272–288.

Safitri, K. (2020). Pentingnya pendidikan karakter untuk siswa sekolah dasar dalam menghadapi era globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 264–271.

Saputra, F. A. (2024). NILAI-NILAI BUDAYA PADA MASYARAKAT BETAWI DILIHAT DARI MAKANAN KHAS TRADISONAL. Sajaratun: Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah, 9(1), 94–109.

Subhan, M., & Fithroni, H. (2022). Efektivitas Modifikasi Dalam Permainan Tradisional Terhadap Kecanduan Gadget Pada Anak. Jurnal Kesehatan Olahraga, 10(3), 139–146. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kesehatan-olahraga/article/view/43433%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kesehatan-olahraga/article/view/43433/37518

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Gramedia.

Syifa, U. Z., Ardianti, S. D., & Masfuah, S. (2022). Analisis Nilai Karakter Tanggung Jawab Anak Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 568–577.

Yin, R. K. (2019). Studi Kasus: Desain dan Metode. Rajawali Pers.




DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.8.2.59-67

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:

 

  

 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ