PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASISI ANDROID PADA PEMBELAJAR IPA KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Pengembangan media pembelajaran yang efektif sangat penting dalam proses pendidikan, terutama untuk mata pelajaran yang bersifat abstrak seperti Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi media pembelajaran interaktif berbasis Android untuk kelas V sekolah dasar pada materi sistem pernapasan manusia. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan mendapatkan respon positif dari ahli materi dan media, serta dari peserta didik. Skor rata-rata System Usability Scale (SUS) sebesar 71 mengindikasikan bahwa media ini berada pada kategori "BAIK" dan layak digunakan dalam pembelajaran sehingga media pembelajaran interaktif berbasis Android efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi IPA dan dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran di sekolah dasar.
Kata Kunci : Media Pembelajaran Interaktif,Android,Ilmu Pengetahuan Alam,SekolahDasar,PengembanganMedia,ADDIEModel,System Usability Scale (SUS)
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24853/holistika.8.1.107-113
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License