PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN PADA SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA GAMBAR
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ana, J., Abi, A. R., & Sihotang, M. Z. (2023). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Di Kelas III Sekolah Dasar. School Education Journal PGSD FIP UNIMED, 13(2), 153. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v13i2.46302
Anggraeny, N. A. (2024). Pengembangan Media Pop Up Book Materi Siklus Hidup Hewan Kelas IV Di MI Hamka Muhammadiyah Kalibeber Wonosobo. Jurnal Holistika, 7(2), 171. https://doi.org/10.24853/holistika.7.2.171-177
Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), 399–407. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.55749
Arianti. (2018). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.284
Ekayanti, F., Nugrahani, F., & Suwarto. (2023). Penerapan Metode Jigsaw dalam Pembelajaran Menulis Deskripsi di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(02), 2895–2902. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/10043/4092
Fatimah, S., Fuadiah, N. F., & Lubis, P. H. . (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Lunas (Ludo Natural Science) Pada Materi Hubungan Antar Mahluk Hidup Dalam Ekosistem Untuk Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Holistika, 7(2), 194. https://doi.org/10.24853/holistika.7.2.194-203
Hulwah, B., & Ahmad, M. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Menulis Permulaan pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7360–7367. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3519
Jatiwuni, A. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Permulaan Melalui Metode Latihan (Drill). Jurnal Basic Education, 8(21), 26–33. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/15628
Martha, N., & Situmorang, Y. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa melalui Teknik Guiding Questions. Journal of Education Action Research, 2(2), 165–171. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/index
Maryati, Nugrahani, F., & Widayati, M. (2022). Penerapan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Kasamsi dalam Pembelajaran Menulis Pantun di SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 8024–8032. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/7978/6003
Mayrita, H. (2019). Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi Siswa Sekolah Dasar Melalui Teknik Objek Langsung. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 10(1), 23–32. https://journal.binadarma.ac.id/index.php/jurnalbinaedukasi/article/view/192
Muhyidin, A. (2017). Pembelajaran Membaca Dan Menulis Permulaan Bahasa Indonesia Di Kelas Awal. BAHTERA : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 15(2), 1–13. https://doi.org/10.21009/bahtera.152.01
Nadya, N. L., & Kirana, H. (2020). Kontribusi Gangguan Berbahasa Fonem /R/ Dalam Pembelajaran Pemerolehan Bahasa. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 18(1), 70–81.
Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Cakra Books.
Nurnaningsih. (2022). Implementasi Nilai Pendidikan dalam Kisah Sayid Markaban. Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA), 5(2), 113–115. https://doi.org/10.32734/lwsa.v5i2.1364
Nurnaningsih, A., Norrahman, R. A., Muhammadong, & Wibowo, T. S. (2023). Pemberdayaan Sumber Daya Manusia dalam Konteks Manajemen Pendidikan. Journal Of International Multidisciplinary Research, 1(2), 222–235. https://journal.banjaresepacific.com/index.php/jimr
Qurrotaini, L., & Putri, D. A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran “MAPENA” Mainan Peta Anak Pada Pembelajaran IPS SD. Jurnal Holistika, 7(2), 131. https://doi.org/10.24853/holistika.7.2.131-137
Rachmawati, T. (2017). Metode Pengumpulan Data dalam Penelitian Kualitatif. UNPAR Press, 1, 1–29.
Salsabila, A., Maharani, S. D., & Indralin, V. I. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Waktu Kelas III Melalui Model Problem Based Learning. Jurnal Holistika, 7(2), 186. https://doi.org/10.24853/holistika.7.2.186-193
Suweni, Dianasari, & Prabawati Nurhabibah. (2023). Penıngkatan Hasıl Belajar Model Project Based Learnıng Berbasıs Lapbook Kelas III SDN 1 Semplo. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1609–1618. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7127
Suyitno, S. D., Yahiji, K., & Damopolii, M. (2023). Implikasi Perencanaan Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Berdiferensiasi di SMP Negeri 1 Telaga. Journal of Islamic Education Manajemet Research, 2(2), 1–11. https://ejournal.iaingorontalo.ac.id/index.php/AlMinhaj/article/view/1249
Wahyuningsih, S. (2013). Metode Penelitian Studi Kasus: Konsep, Teori Pendekatan Psikologi Komunikasi, dan Contoh Penelitiannya. In UTM PRESS (Pertama). UTM PRESS.
Widayati, M., & Chotimah, K. (2019). Korelasi Motivasi Membaca dan Menyimak Bacaan terhadap Keterampilan Menulis Cerita Fantasi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tangen. JURNAL PENDIDIKAN, 28(3), 265–272. https://doi.org/10.32585/jp.v28i3.487 265
Widyaningrum, H. K., & Hasanudin, C. (2019). Kajian Kesulitan Belajar Membaca Menulis Permulaan (MMP) di Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 8(2), 189–199. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i2.2219
Wulandari, R. M., Zumrotun, E., & Wiranti, D. A. (2024). Pengaruh Model PJBL berbantuan Media Quizizz Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Kelas V SD. Jurnal Holistika, 8(1), 45–53. https://doi.org/10.24853/holistika.8.1.45-53
DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.8.2.%25p
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License