PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN PADA SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA GAMBAR

Sri Sariyati, Mukti Widayati, Nurnaningsih Nurnaningsih, Rina Iriani Sri Ratnaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, hambatan, serta usaha guru dalam mengatasi hambatan peningkatan kemampuan menulis permulaan pada siswa kelas 2 SDN 01 Mojogedang melalui model Problem Based Learning (PBL) dengan gambar sebagai media yang digunakan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data berasal dari dokumen, narasumber, serta peristiwa dan tempat. Data yang diambil dari penelitian ini berupa informasi yang ada pada dokumen, hasil observasi saat pembelajaran berlangsung, dan hasil wawancara dari informan. Teknik validitas data berupa triangulasi data dan sumber. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran keterampilan menulis permulaan melalui model PBL dengan media gambar mampu menumbuhkan siswa lebih terstimulasi untuk mengeluarkan ide dan kreativitas dalam menulis kalimat sederhana dan kata. (2) Pelaksanaan pembelajaran siswa melalui model Problem Based Learning menggunakan media gambar dikatakan berhasil dengan bukti kemampuan menulis siswa meningkat. (3) Hambatan yang dihadapi: siswa kesulitan memilih kata yang sesuai dalam mendeskripsikan gambar dan juga siswa kesulitan menyusun kalimat yang terstruktur dengan SPOK. (4) Usaha guru dalam mengatasi hambatan tersebut yaitu memberi soal pada siswa yang kurang fokus dan memotivasi, membantu siswa dalam mencari kata yang tepat ketika siswa mengalami kesulitan dan menentukan kata yang tepat dalam penulisannya.

Full Text:

PDF

References


Ana, J., Abi, A. R., & Sihotang, M. Z. (2023). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Di Kelas III Sekolah Dasar. School Education Journal PGSD FIP UNIMED, 13(2), 153. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v13i2.46302

Anggraeny, N. A. (2024). Pengembangan Media Pop Up Book Materi Siklus Hidup Hewan Kelas IV Di MI Hamka Muhammadiyah Kalibeber Wonosobo. Jurnal Holistika, 7(2), 171. https://doi.org/10.24853/holistika.7.2.171-177

Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), 399–407. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.55749

Arianti. (2018). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.284

Ekayanti, F., Nugrahani, F., & Suwarto. (2023). Penerapan Metode Jigsaw dalam Pembelajaran Menulis Deskripsi di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(02), 2895–2902. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/10043/4092

Fatimah, S., Fuadiah, N. F., & Lubis, P. H. . (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Lunas (Ludo Natural Science) Pada Materi Hubungan Antar Mahluk Hidup Dalam Ekosistem Untuk Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Holistika, 7(2), 194. https://doi.org/10.24853/holistika.7.2.194-203

Hulwah, B., & Ahmad, M. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Menulis Permulaan pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7360–7367. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3519

Jatiwuni, A. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Permulaan Melalui Metode Latihan (Drill). Jurnal Basic Education, 8(21), 26–33. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/15628

Martha, N., & Situmorang, Y. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa melalui Teknik Guiding Questions. Journal of Education Action Research, 2(2), 165–171. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/index

Maryati, Nugrahani, F., & Widayati, M. (2022). Penerapan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Kasamsi dalam Pembelajaran Menulis Pantun di SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 8024–8032. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/7978/6003

Mayrita, H. (2019). Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi Siswa Sekolah Dasar Melalui Teknik Objek Langsung. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 10(1), 23–32. https://journal.binadarma.ac.id/index.php/jurnalbinaedukasi/article/view/192

Muhyidin, A. (2017). Pembelajaran Membaca Dan Menulis Permulaan Bahasa Indonesia Di Kelas Awal. BAHTERA : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 15(2), 1–13. https://doi.org/10.21009/bahtera.152.01

Nadya, N. L., & Kirana, H. (2020). Kontribusi Gangguan Berbahasa Fonem /R/ Dalam Pembelajaran Pemerolehan Bahasa. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 18(1), 70–81.

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Cakra Books.

Nurnaningsih. (2022). Implementasi Nilai Pendidikan dalam Kisah Sayid Markaban. Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA), 5(2), 113–115. https://doi.org/10.32734/lwsa.v5i2.1364

Nurnaningsih, A., Norrahman, R. A., Muhammadong, & Wibowo, T. S. (2023). Pemberdayaan Sumber Daya Manusia dalam Konteks Manajemen Pendidikan. Journal Of International Multidisciplinary Research, 1(2), 222–235. https://journal.banjaresepacific.com/index.php/jimr

Qurrotaini, L., & Putri, D. A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran “MAPENA” Mainan Peta Anak Pada Pembelajaran IPS SD. Jurnal Holistika, 7(2), 131. https://doi.org/10.24853/holistika.7.2.131-137

Rachmawati, T. (2017). Metode Pengumpulan Data dalam Penelitian Kualitatif. UNPAR Press, 1, 1–29.

Salsabila, A., Maharani, S. D., & Indralin, V. I. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Waktu Kelas III Melalui Model Problem Based Learning. Jurnal Holistika, 7(2), 186. https://doi.org/10.24853/holistika.7.2.186-193

Suweni, Dianasari, & Prabawati Nurhabibah. (2023). Penıngkatan Hasıl Belajar Model Project Based Learnıng Berbasıs Lapbook Kelas III SDN 1 Semplo. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1609–1618. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7127

Suyitno, S. D., Yahiji, K., & Damopolii, M. (2023). Implikasi Perencanaan Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Berdiferensiasi di SMP Negeri 1 Telaga. Journal of Islamic Education Manajemet Research, 2(2), 1–11. https://ejournal.iaingorontalo.ac.id/index.php/AlMinhaj/article/view/1249

Wahyuningsih, S. (2013). Metode Penelitian Studi Kasus: Konsep, Teori Pendekatan Psikologi Komunikasi, dan Contoh Penelitiannya. In UTM PRESS (Pertama). UTM PRESS.

Widayati, M., & Chotimah, K. (2019). Korelasi Motivasi Membaca dan Menyimak Bacaan terhadap Keterampilan Menulis Cerita Fantasi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tangen. JURNAL PENDIDIKAN, 28(3), 265–272. https://doi.org/10.32585/jp.v28i3.487 265

Widyaningrum, H. K., & Hasanudin, C. (2019). Kajian Kesulitan Belajar Membaca Menulis Permulaan (MMP) di Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 8(2), 189–199. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i2.2219

Wulandari, R. M., Zumrotun, E., & Wiranti, D. A. (2024). Pengaruh Model PJBL berbantuan Media Quizizz Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Kelas V SD. Jurnal Holistika, 8(1), 45–53. https://doi.org/10.24853/holistika.8.1.45-53




DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.8.2.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:

 

  

 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ