MEMBANGUN LITERASI ANAK DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI SEKOLAH DASAR

Yulian Dinihari, Musringudin Musringudin, Lutfi Lutfi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pembelajaran literasi Islam di sekolah dasar, serta mengidentifikasi pendekatan yang paling efektif dalam pengajaran literasi Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan wawancara mendalam dan observasi sebagai teknik pengumpulan data. Subjek penelitian adalah guru-guru sekolah dasar yang mengajar di kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berusaha menyelaraskan pembelajaran agama dengan mata pelajaran lain melalui pendekatan tematik, yang memungkinkan siswa untuk memahami relevansi ajaran agama dalam konteks kehidupan sehari-hari. Selain itu, pendekatan ini juga membantu siswa untuk memperdalam pemahaman mereka terhadap teks-teks keagamaan, seperti Al-Qur'an, melalui murojaah secara bertahap. Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan terhadap praktik pendidikan dengan menawarkan wawasan baru tentang cara mengintegrasikan literasi agama Islam ke dalam kurikulum yang lebih luas di sekolah dasar. Temuan ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi para pendidik dalam mengembangkan metode pengajaran yang lebih efektif dan kontekstual. Kata kunci : Kurikulum Integrasi, Literasi Islam, Metode Pembelajaran, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Ahmad Zaky, Bagas Pranomo, Ahmad Sholihin, Lubis, A. P., Lubis, H. R., Nasution, R. F., Tangguh Putera Perdana, & Rydan Alpin Putra. (2024). Program to Increase Literacy Understanding of Islamic Religion in Payadapur Village, East Kluet District, Nanggroe Aceh Darussalam. Al-Arkhabiil: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 44–53.

Astuti, A. W., & Purnomo, H. (2023). Budaya Litersi Baca dan Tulis Siswa Di Sekolah Dasar Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Holistika, 7(2), 101.

Baiden, P., Essel, H. B., Vlachopoulos, D., Tachie-Menson, A., & Essuman, M. A. (2022). The Effect Of Gamification On Home Economics Students' Motivation And Engagement In Drawing Activities. Technology, Knowledge and Learning, 1-22.

Husna, F. (2017). Kepemimpinan Islami dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. Misykat, 2(2), 131-154.

Munawarah, M., Fadhilah, C. N., Aulia, R., Ngaisah, N. C., & Suhasto, F. P. (2023). Urgensi Membangun Literasi Pada Anak Usia Dini. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 7(2).

Shanbaeva, A., Kantarbayeva, Z., & Bagasharov, K. (2023). Women’s learning aspirations and literacy issues in Islam. Eurasian Journal of Religious Studies, 34(2).

Siregar, J., Sinaga, A. R., Hutagalung, I., Munte, M. V. R., & Marpaung, T. I. (2022). Sosialisasi Penguatan Literasi Berbasis Pendidikan Karakter di SD Negeri No. 128077 Kota Pematangsiantar. Jurnal Abdidas, 3(4).

Suryani, N. Y. (2022). The Problem Faced By Students Of Islamic Education In Reading Islamic Comprehension Text. English Review: Journal of English Education, 10(2). https://doi.org/10.25134/erjee.v10i2.6246

Tomlinson, B. (2011). Materials Development in Language Teaching (B. Tomlinson (ed.); Second Edi). Cambridge University Press.

Tyas, A. P. (2023). Knowing Object Literacy In Developing Child Literacy. Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1).

Ulpiah, U., Rohmah, S. K., & Saefudin, A. (2022). Implementation of School Literacy Movement in Islamic Primary School Al Istiqomah. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 5(2).

Utami, Y. (2022). Pendidikan Literasi Islam Sebagai Upaya Membentuk Karakter Anak. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 20(1), 125–137.

Žīgure, K., & Usca, S. (2023). READING SKILL DEVELOPMENT OF STUDENTS WITH INSUFFICIENT LANGUAGE SYSTEM DEVELOPMENT. Education Reform: Education Content Research and Implementation Problems, 2.




DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.8.2.41-50

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:

 

  

 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ