PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SD

Zulfitria Zulfitria

Abstract


Pengaruh latar belakang pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa . Penelelitian ini dilatarbelakangi oleh hipotesis penelitian yang adanya pengaruh latar belakang pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa.Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh latar belakang pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa . Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak kelas IV yang berjumlah 48 siswa, teknik sampling menggunakan sampling jenuh.Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi dan teknik analisis data menggunakan teknik uji chi-square. Hasil penelitian ini dapat dikatakan signifikan, diketahui maka X²hitung > X²tabel (36,2 > 16,9) pada taraf signifikasi 5% . Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara latar belakang pendidikan orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Perigi 03. Semakin tinggi pendidikan orang tua semakin tinggi juga prestasi belajarnya.

Full Text:

PDF

References


Darmadi, Hamid. 2014. Metode Penelitian

Pendidikan dan Sosial (Teori Konsep

Dan Dasar Implementasi). Bandung:

Alfabeta

Djamarah Syaiful Bahri. 2004. Pola

Komunikasi Orang Tua dan Anak

Dalam Keluarga. Jakarta :Renika Cipta

Hamdani, 2011.Strategi Belajar Mengajar.

Bandung: Pustaka Setia

Hamalik, Oemar, 2013. Proses Belajar

Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Ihsan, Fuad, 2011. Dasar-Dasar Kependidikan.

Jakarta: Renika Cipta

Ihsan, Fuad, 2010. Dasar-Dasar

Pendidikan.Jakarta: Rineka Cipta

Purwanto, Ngalim. 2011. Ilmu Pendidikan

Teoritis dan Praktis. Bandung: Rosda

karya

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif,

Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sholehuddin.2010. Pendidikan Sebagai Basis

Penguatan Kerukunan Masyarakat.

Depok: Bina Muda Cipta Reaksi

Siregar Syofian, 2013. Metode Penelitian

Kuantitatif Perhitungan Manual dan

SPSS. Jakarta: Kencana

Tatang, 2016.Supervisi Pendidikan. Bandung:

Pustaka Setia

Tu’u, Tulus. 2014. Peran Disiplin Pada

Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta:

Grasindo




DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.2.1.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:

 

 

 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ