MEDIA PEMBELAJARAN BCCT (BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME) BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES

Maharani Ramadhanti, Edwita Edwita, M. Syarif Sumantri

Abstract


Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk menemukan media pembelajaran BCCT (Beyond Center And Circle Time) berbasis multiple intelligences. Penelitian ini dilakukan di MI Plus kota Tangerang Asy-Syukriyyah dengan 14 siswa dari kelas 1 B sebagai subjek penelitian. Alasan untuk subjek yang dipilih adalah karena kelas yang unik dan memerlukan penanganan khusus. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan untuk metode penelitiannya mengikuti aliran penelitian secara bertahap progresif dari Spradley. Proses pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan analisis dokumen, sedangkan analisis data terdiri dari: analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponen, dan tema analisis. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran BCCT berdasarkan multiple Intelligence di MI Plus Asy-Syukriyyah membangun tujuh kecerdasan, antara lain: kecerdasan linguistik, logika-matematic, spasial, interpersonal, intrapersonal, kinestetik, dan natural.

Full Text:

PDF

References


Carnegie, Dale. 2015. Sukses

Berkomunikasi. Jakarta: Gramedia,

Chatib, Munif. 2013. Gurunya Manusia,

Bandung:Mizan Pustaka

Depdiknas. 2006. Pendekatan Sentra dan

Lingkaran dalam Pendidikan Anak

UsiaDini. Jakarta: Depdiknas

Hoerr, Thomas R. 2007. diterjemahkan oleh

Ary Nilandari, Buku Kerja Multiple

Intelligences. Bandung: Mizan

Pustaka

Mufrihatin. 2008. Aplikasi Metode BCCT

(Beyond Centers and Circle Times)

dalam Pembelajran Pendidikan Agaman Pada Anak Usia Dini.

Yogyakarta: UNI Sunan Kalijaga

Mustaqim. 2004. Psikologi Pendidikan.

Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN

Walisongo

Nuha, Ulin. 2016. Ragam Metodologi &

Media Pembelajaran Bahasa Arab,

Yogyakarta: Diva Press

Power, Brain. 2005. Permainan Berbasis

Sentra Pembelajaran. Jakarta :

Erlangga

Puspitasari, Mukti Diyah. 2012.

Implementasi Pembelajran Beyond

Center and CircleTime di Kelompok

Bermain (KB) Surya Ceria Aisyiyah

(SCA)Karanganyar. Yogyakarta:

UNY

Sharon E. Smaldino, Deborah L. Lowther

and James D. Russel, 2005.

Instructional Technology and Media

For Learning. Upper Saddle River,

New Jersey: Pearson Education, Inc,

Spradley, James P. 1980. Participant

Observation, USA: Holt, Rinehart

and Witston




DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.2.1.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:

 

 

 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ