PERAN GURU DALAM MENCEGAH PENYALAHGUNAAN BAHAYA NARKOBA PADA SISWA
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan maraknya peredaran gelap narkoba sangat mudah sekali masuk dilingkungan sekolah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam mencegah penyalahgunaan narkoba, serta hambatan dan solusi yang dihadapi dalam mencegah penyalahgunaan bahaya narkoba. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sawah 03 Ciputat, mulai dari bulan Agustus 2017 hingga Januari 2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam mencegah penyalahgunaan bahaya narkoba pada siswa yaitu sebagai komunikator, motivator, dan pembangun kerjasama. Hambatan yang dihadapi dalam mencegah penyalahgunaan narkoba pada siswa yaitu latar belakang keluarga siswa, keterbatasan waktu, dan perbedaan karakteristik individu siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat kepada pihak-pihak terkait yang dapat memanfaatkan seperti kepala sekolah, guru, orang tua, dan siswa, serta peneliti.
Full Text:
PDFReferences
Sudarwan. 2013. Profesionalisasi dan Etika
Profesi Guru. Bandung: PT
Alfabeta.
Abu dkk. (Mencegah Menanggulangi
Penyalahgunaan NAPZA Melalui
Peran Serta Masyarakat). Volume 16
Nomor 1 Tahun 2011.
Eunike. 2015. LONG AND WINDING ROAD
(Jalan Panjang Pemulihan Pecandu
Narkoba). Jakarta: PT Kompas Media
Nusantara.
Kunandar. 2007. Guru Profesional
(Implementasi Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan KTSP dan Sukses
Dalam Sertifikasi Guru). Jakarta: PT
Raja Grapindo Persada.
Syaiful. 2013. Kemampuan Profesional Guru
dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta
DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.2.1.%25p
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License