PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERPADU (MEMBACA DAN MENULIS) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
ABSTRACT
This study aims to determine the Application of Cooperative Integrated Reading and Composition in Improving Students' Reading Ability. The research method used is Classroom Action Research using the Kemmis & Mc Taggart Model action research design, this research was conducted at SDN Kebayoran Lama Selatan 11 Pagi with 26 subjects of grade 3B elementary school students. Data retrieval is done using Test, Observation Sheet, and Documentation. The results obtained from this study that there is an increase in students' reading ability through the Cooperative Integrated Reading and Composition, this can be seen from the average results in each cycle, the average in pre-cycle is 65.57 then increased by 1.85 in cycle I with an average of 67.42 and increased again in the second cycle of 12.81 with an average of 80.23 means that there is an increase in the Application of Cooperative Integrated Reading and Composition in improving reading skills of elementary school students. The results of this study are expected to be useful to relevant parties who can utilize such as school principals, teachers, parents, students and further researchers.
Keywords: Cooperative Integrated Reading and Composition, Reading Ability, Elementary School Students.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Terpadu (Membaca dan Menulis) dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) menggunakan desain penelitian tindakan Model Kemmis & Mc Taggart, penelitian ini dilakukan di SDN Kebayoran Lama Selatan 11 Pagi dengan subjek penelitian sebanyak 26 siswa SD kelas 3B. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan Test, Lembar Observasi, dan Dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini bahwa terdapat adanya peningkatan kemampuan membaca siswa melalui model Kooperatif Terpadu (Membaca dan Menulis), hal ini terlihat dari hasil rata-rata pada setiap siklusnya, rata-rata pada prasiklus adalah 65,57 lalu meningkat sebesar 1,85 pada siklus I dengan rata-rata 67,42 dan meningkat lagi pada siklus II sebesar 12,81 dengan rata-rata 80,23 artinya terdapat suatu peningkatan pada Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Terpadu (Membaca dan Menulis) dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa sekolah dasar. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat kepada pihak-pihak terkait yang dapat memanfaatkan seperti kepala sekolah, guru, orang tua, siswa dan peneliti selanjutnya.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Terpadu (Membaca dan Menulis), Kemampuan Membaca, Siswa Sekolah Dasar.
Full Text:
PDFReferences
Suprijono, Agus. 2015. Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Slavin, Robert E. 2009. Cooperative Learning: theory, research and practice (N. Yusron. Terjemahan). London: Allymand Bacon. Buku asli diterbitkan tahun 2005.
Rahim. Farida. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara
Tarigan. Henry. G. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Trianto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Teori & Praktik. Jakarta: Prestasi Pelajar
Asmani, Jamal Ma’mur. 2016. Tips Efektif Cooperative Learning. Yoyakarta: Diva Press
Kunandar. 2011. Penelitian Tindakan Kelas sebagai pengembangan profesi guru. Jakarta: Rajawali Press
Sanjaya. Wina. 2011, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenadamedia Group
Iskandar. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Prasada Press
Dalman. 2017. Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Press
Huda. Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Munarsih, Ensiwi. 2016. Jurnal Pendidikan Matematika JPM RAFA Vol.2, No.1, September 2016 “Pengaruh Hasil Belajar Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading And Composition Pada Mata Kuliah Pengantar Dasar Matematika”.
Masruroh, Arif. 2016. Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Dengan Menggunakan Teknik Scramble Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Kelas Va Sd Nurul Islam Purwoyoso Semarang.
Tim Penyusun, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Gramedia Press hal 752.
Sugiarti. Uci. 2012. “Pentingnya Pembinaan Kegiatan Membaca Sebagai Implikasi Pembelajaran Bahasa Indonesia”
Fadilah. Dede. 2016. “Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Menggunakan Metode SQ3R Pada Siswa Kelas V Min Pesawaran”
DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.2.2.104-107
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License