PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MATERI BANGUN DATAR MELALUI MEDIA MENARA HANOI DAN ORIGAMI
Abstract
Penulisan penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya penggunaan media pembelajaran matematika yang efektif pada materi bangun datar, sehingga peneliti tergerak untuk meneliti bagaimana cara meningkatkan hasil belajar materi bangun datar dengan menggunakan media menara hanoi yang di modifikasi dan origami. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar materi bangun datar dengan cara menggunakan media menara hanoi dan origami. Metode yang digunakan yaitu menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dan 4 kali pertemuan pada setiap siklusnya, dengan hipotesis melalui media menara hanoi dan origami dapat meningkatkan hasil belajar bangun datar pada kelas III di SD Negeri Karang Satria 02 Bekasi. Hasil penelitian peningkatan hasil belajar bangun datar telah mencapai indikator keberhasilan, pada siklus I sebesar 70,3% dan siklus II sebesar 85,28% terjadi kenaikan sebesar 18,68%. Berdasarkan seluruh kegiatan penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan media menara hanoi dan origami dapat meningkatkan hasil belajar bangun datar siswa kelas III SD Negeri Karang Satria 02
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi dkk.2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. Bandung: CV Pustaka Setia.
Kurniawan, Deni.2014. Pembelajaran Terpadu Tematik. Bandung: CV Alfabeta
Sardiman, 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta:Raja Grafindo Perada
Sugiyono. 2014.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung : Alfabeta
Suprijono, Sanjaya.2008.Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Belajar
DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.3.1.53-56
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License