MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DENGAN KREASI DAUR ULANG SAMPAH

Apri Utami Parta Santi, Nur Anisah

Abstract


Meningkatkan kreativitas siswa dengan kreasi daur ulang sampah di SDS. Raudhatul Ulum. Penelitian ini di latar belakangi oleh kejadian dimana anak – anak pada zaman ini akan dengan mudah mendapatkan apapun yang mereka mau, serta ketakutan mereka dalam mengikuti pembelajaran akibatnya mereka akan cenderung malas untuk melakukan hal – hal yang menurut mereka rumit dan sulit untuk di dapatkan. Mereka juga akan menjadi siswa dan siswi yang pasif, hanya dapat menerima pelajaran tanpa mengerti apa yang diajarkan. Banyak hal – hal negatif yang dapat timbul dari kejadian ini. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kreativitas siswa yang dilakukan dengan kegiatan kreasi daur ulang sampah. Metode yang digunakan adalah Metode Penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. dengan menggunakan Praktik dan Rubrik Penilaian sebagai acuan penilaian yang diberikan untuk melihat apakah adanya peningkatan kreativitas dalam membuat kreasi daur ulang sampah. Peneliti berharap semoga penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat bermanfaat bagi orang banyak.


Full Text:

PDF

References


Semiawan, Conny R. 2009. Kreativitas Keberbakatan : Mengapa, Apa dan Bagaimana. Jakarta: PT. Indeks Permata Puri Media.

Siregar, Eveline. 2010. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.

.

Undang – undang Republik Indonesia Nomor 18, Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah.




DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.3.1.57-66

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:

 

 

 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ