PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF NARASI MELALUI DISCOVERY LEARNING
Abstract
Peningkatan kemampuan siswa dalam penulisan paragraf narasi bahasa Indonesia dengan
menggunakan model pembelajaran discovery learning telah dilaksanakan pada siswa kelas V ( lima )
SDN Palmeriam 02 Petang Jakarta Timur tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah 40 orang siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam penulisan paragraf narasi
bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah observasi dan tes. Penerapan model pembelajaran discovery learning
terbukti dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam penulisan paragraf narasi bahasa Indonesia
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas. Assessment Alternatif SMA.
Jakarta: Depdiknas, Dirjen
Dikdasmen, Direktorat Tenaga
Kependidikan. 2004
Depdiknas. Permen RI No. 19 Tahun
Tentang Standar Nasional
Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan Dasar dan Menengah.
Jakarta: BNSP, Dikdasmen. 2005.
Depdiknas. Assessment Pembelajaran SD.
Jakarta: Depdiknas, Dirjen
Dikdasmen, Direktorat Tenaga
Kependidikan. 2008
Hamalik, Oemar. Proses Belajar
Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Masalah Kimia. Journal. Chemistry in
Education. 2 (1) : 50 – 54. 2012
Nelson, G. “Description and
Prescription”- Concise
Encyclopedia of Philosophy of
Language and Linguistics. London.
University College London, UK.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan
(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif
dan R&D). Bandung; CV
ALFABETA.2009.
Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode
Penelitian Pendidikan. Bandung:
PT Remaja Rosdakarya. 2006.
Tarigan, H.G. Menulis sebagai Suatu
Keterampilan Berbahasa. Bandung:
Angkasa. 2008
DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.4.1.5-8
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License