ANALISIS PEMAHAMAN GURU SD DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN SCIENTIFIC APPROACH PADA KURIKULUM 2013 DI KABUPATEN MAGELANG
Abstract
Pendidikan di Indonesia pada jenjang Sekolah Dasar telah menerapkan Kurikulum baru dengan nama
Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 memiliki ciri khas yaitu tematik integrative, pendekatan saintifik
dan penilaian authentic. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman guru Sekolah
Daar dalam mengimplementasikan pendekatan saintifik pada proses pembelajaran. Penelitian ini
merupakan penelitian survey yang dilakukan pada 40 Sekolah Dasar, 80 Guru dan 200 siswa di
Kabupaten Magelang. Tekhnik nalisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan pengumpulan data
melaui angket, wawancara dan pengamatan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa 70 % Guru pada
Sekolag Dasar yang Terakreditsi A memiliki kemampuan implementasi pendekatan saintifik pada
kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa guru masih menmerlukan pelatihan
Kurikulum 2013 secara periodik pada ranah pendekatan saintifik untuk mencapai hasil maksimal.
Full Text:
PDFReferences
Abdul Gani. (2014). Peran Kelompok Kerja
Guru (Kkg) Pendidikan Agama Islam
Dalam Meningkatan Kompetensi
Paedagogik Guru Di Sekolah Dasar
Negeri Gugus Kecamatan Payaraman
Kabupaten Ogan Ilir. Conciencia (Jurnal
Pendidikan Islam ), 14(1), 1–23.
Abdulhak, I. (2017). Implementation Of
Scientific Approach Based Learning To
Think High Levels In State Senior High
School In Ketapang. International Journal
Of Education And Research, 5(8), 221–
Retrieved From Www.Ijern.Com
Abdullah Ridwan, S. (2014). Pembelajaran
Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum
Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Alawiyah, F. (2013). Peran Guru Dalam
Kurikulum 2013 The Role Of Teacher In
Curricullum 2013, 65–74.
Andriani, D. E. (2008). Peran Kepala Sekolah
Dalam Upaya Mewujudkan Perubahan
Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan,
(4), 52–61.
Arlianty, W. N., Febriana, B. W., & Diniaty, A.
(2017). An Analysis Of Learning Process
Based On Scientific Approach In Physical
Chemsitry Experiment. AIP Conference
Proceedings, 1823.
Https://Doi.Org/10.1063/1.4978157
Kuncoro, H. (2015). Peran Kepala Sekolah
Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di
Sekolah Menengah Pertama Kabupaten
Tanggamus Tahun Pelajaran 2014/2015.
FKIP Unila, 2015(1), 35.
Mulyasa, E. (2009). Menjadi Kepala Sekolah
Profesiona. Bandung: PT Remaja T Rosdakarya.
Ari Suryawan, Tawil: Analisis Pemahaman Guru SD Dalam Mengimplementasikan
Scientific Approach pada Kurikulum 2013 dI Kabupaten Magelang
Website : jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika Email : holistika@umj.ac.id
Namiroh, S., & Pd, M. (2018). Peran
Multimedia Dalam Pembelajaran, 352–
Nur, R. A. (2018). Indonesian Journal Of
Primary Education, 2(1), 114–123.
Permendibud No 67 (2013). Indonesia
.
Riana, C. (2010). Education Centre Of Teacher
Interactive Virtual ( Educative ) Oleh :
Cepi Riyana Agenda Besar Pendidikan Di
Indonesia Adalah Bagaimana Peningkatan
Mutu Pendidikan Bisa Meningkat , Sejajar
Dengan Negara Lain Di Bermutu , Yakni
Memiliki Kualifikasi Standar. Jurnal
Penelitian Pendidikan, 11(1), 40–48.
Sudarwan, D. (2002). Menjadi Peneliti
Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.
Sukanti. (2008). Staf Pengajar Jurusan
Pendidikan Akuntansi – Universitas
Negeri Yogyakarta 1. Jurnal Pendidikan
Akuntasi Indonesia, VI(1), 1–11.
DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.4.1.14-21
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License