PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PRESPEKTIF AL-QURAN HADITS
Abstract
Pendidikan karakter merupakan upaya-upaya yang dirancang dan dilaksanakan secara
sistematis untuk membantu peserta didik memahami nilai-nilai perilaku manusia yang
berhubungan dengan Allah, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan, dan kebangsaan.
Tulisan ini bertujuan untuk Memahami formulasi konsep pendidikan karakter prespektif Al-
Quran dan Hadits. Melalui telaah pemahaman secara tekstual dan kontekstual. Permasalahan
yang ada dijawab melalui penelitian kepustakaan (library research). Data-data dikumpulkan
dari berbagai referensi; baik primer, sekunder, maupun data pendukung. Data-data yang ada
dianalisis dengan pendekatan hermeneutik dengan cara content analysis (analisis isi). Hasil
penelitian menunjukkan Hadishadis yang diangkat dalam penelitian ini mengandung karakter
atau perilaku manusia terhadap Tuhan, diri sendiri, sesama manusia, dan lingkungannya.
Beberapa konsep pendidikan karakter yang dapat diungkap dari Al-Quran dan Hadits tersebut
adalah Pertama, landasan pendidikan karakter, Kedua. Konsep pendidikan karakter dalam
islam. Ketiga, Tahap-tahap pembentukan pendidikan karakter. Keempat, Metode Iinternalisasi
pendidikan karakter. Kelima, Peran Guru dan orang tua dalam pendidikan karakter
Full Text:
PDFReferences
Sa’dun Akbar, (2010), Model Pembelajaran
Nilai dan Karakter Berbasis nilai-nilai
kehidupan di sekolah dasar. Jurnal Ilmu
Pendidikan. Volume 17 Nomor 1 tahun
Malang.
Ulil Amri Syafri, (2014) Metodologi
Pendidikan Akhlak Dalam Perspektif Al-
Qur‟an (Analisis Terhadap Ayat-Ayat Al-
Qur‟an Ber-lafadz “Yâ Âyyuhâ al-Ladzîna
Âmanû”),Uin Syarif Hadayatullah Jakarta.
Sudarsono, (2008) Pendidikan kemanusiaan
dan peradaban”. Dalam Soedijarto (Ed.).
Landasan dan Arah Pendidikan Nasional
Kita” ,Jakarta: PT Kompas Media
Nusantara.
Syafri, Ulil Amri, (2012), Pendidikan Karakter
Berbasis Al Qur‟an, Rajawali Pers,Jakarta.
Muhammad Bin Utsaimiin, (2002), Syarh
riyadh Ash-Shalihin, Dar As-Salam, Kairo.
Guntur Cahyono, (2017), Pendidikan Karakter
Prespektif Al-Quran dan Hadits, Jurnal
Dosen IAIN Salatiga.
Mulyasa, (2003), Menjadi Guru Profesional
Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan
Menyenangkan, Rosda Karya, Bandung,
Jalaluddin. (2002), Mempersiapkan Anak Saleh.
Srigunting Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.4.1.22-26
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License