PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BELAJAR IPS SD
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya pemahaman konsep Ilmu Pengetahuan
Sosial siswa, dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah penggunaan media visual dan
audio visual sebagai media pembelajaran dengan meningkatkan pemahaman konsep belajar
siswa di SDN Rawa Badak Selatan 09. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas
Andi Suhaemi, Endang Tri Asih, Fitriyah Handayani : Peranan Media
Pembelajaran Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Belajar IPS SD
Website : jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika Emailholistika@umj.ac.id
37
serta menggunakan model Spiral Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari 2 siklus. Subjek
dalam penelitian ini berjumlah 32 siswa terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 15 orang siswa
perempuan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes, observasi, dan
dokumentasi. Dengan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan
bahwa penerapan Media Pembelajaran Visual dan Media Audio Visual dapat meningkatkan
pemahaman konsep belajar siswa kelas III SDN Rawa Badak Selatan 09 Kelurahan Rawa
Badak Selatan terhadap mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Hal ini ditunjukkan dengan
adanya peningkatan nilai dari sebelum pemberian tindakan hingga siklus II. Nilai rata-rata
kelas diperoleh siswa sebelum pemberian tindakan kelas adalah 64,07, sedangkan persentase
siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 28,1% . Pada siklus I nilai rata-rata kelas yang
diperoleh siswa adalah 67,97 sedangkan persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar
adalah 46,9%. dan pada siklus II nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa adalah 78,75
sedangkan persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 81,2%. Kesimpulan,
penerapan pembelajaran Media Pembelajaran Visual dan Audio Visual dapat meningkatkan
pemahaman konsep belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.
Full Text:
PDFReferences
M. Basyiruddin Usman dan Asnawir, Media
Pembelajaran . Jakarta : Ciputat Pers
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono dan
Supardi. (2010). Penelitian
Tindakan Kelas.
Jakarta: PT. BumiAksara.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif dan R&D. Bandung :
Penerbit
Alfabeta. 2019.
Arsyad, Azhar. (2015). Media
Pembelajaran. Jakarta: PT Raja
Perindo Persada
Daryanto. (2013). Media
Pembelajaran. Yogyakarta:
Gava Media
Departemen Pendidikan Nasional. (2003).
Undang-undang UU Nomor 20
Tahun
tentang Sistem Pendidikan
Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Departemen Pendidikan Nasional.
(2006). Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan
untuk SD/MI. Jakarta: Depdiknas.
Sapriya. (2009). Pendidikan IPS.
Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Suprijono, A. (2009). Cooperative
Learning. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar
Syah, M. (2011). Psikologi Belajar.
Jakarta: PT. Raja Grafindo
Persada
DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.4.1.36-45
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License