PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL CONTROVERSIAL ISSUE
Abstract
ABSTRAK
Siswa kelas IV SDN Waru 01 masih rendah kemampuannya dalam berpikir kritis. Rendahnya kemampuan berpikir kritis pada anak didik bisa diperoleh dari hasil pengamatan saat proses belajar mengajar. Banyak siswa yang belum mampu untuk mengemukakan pendapat saat ditanyakan pandangan mereka terhadap topik pembelajaran yang sedang dipelajari. Tujuannya yaitu untuk membuat kemampuan dalam berpikir kritis siswa menjadi meningkat memakai model controversial issues. Hasilnya menunjukkan adanya peningkatan berpikir kritis siswa hingga mencapai target yang telah ditentukan yaitu 85% dengan melakukan beberapa kali tindakan di kelas menggunakan model controversial issues.
Kata kunci: Kemampuan berpikir kritis siswa, Controversial issues
Full Text:
PDFReferences
Harsanto, Radno. (2005). Melatih Anak Berpikir Analistis, Kritis, dan Kreatif. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Komalasari, Kokom (2014). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.
Ngalimun. Fauzani, H. Muhammad. Salabi, Ahmad. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswajaya Pressindo.
Suparna, Dadang. (2015). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Perspektif Filosofi dan Kurikulum. Jakarta: PT Bumi Aksara
Trianto, (2014). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara
DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.4.2.71-76
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License