PENGARUH LOGIC-MATHEMATIC INTELLIGENCE DAN COGNITIVE LOAD THEORY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
ABSTRAK
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat signifikansi kemampuan kognitif terhadap hasil belajar matematika; (2) terdapat pengaruh kecerdasan logis-matematik terhadap hasil belajar matematika. Berdasarkan hasil penelitian, analisis data, pengujian hipotesis, dan pembahasan hasil penelitian tentang perlakuan terhadap hasil belajar matematika, dapat diberikan kesimpulan sebagai berikut: Hasil belajar matematika pada kelompok peserta didik yang memiliki kecerdasan logic-matematik lebih tinggi dibandingkan dengan Hasil belajar matematika pada kelompok peserta didik dengan menggunakan cognitive load theory. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua peserta didik di SD Muhammadiyah Palangka Raya dan sampelnya yaitu peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Palangka Raya. Sesuai dengan fenomena yang akan diteliti oleh peneliti maka dibutuhkan alat dan pengumpulan data yang relevan. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan Tes hasil belajar peserta didik. Capaian yang dinggin di dapat dalam penelitian ini yaitu penerapan yang digunakan peneliti dapat membantu meningakatkan hasil belajar peserta didik.
Kata Kunci: Logic-Mahematic Intelligence, Cognitive Load Theory, Matematika
Full Text:
PDFReferences
Sukardjo, M. (2009). Landasan Pendidikan Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Pers.
Sudjana, N. (2004). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Nurhadi. (2010). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Multi Kreasi Satudelapan.
Nur’aini, Umri dan Indriyani. 2008. Bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar Kelas V. Jakarta: Swadaya Murni..
Abdi, Herve., Edelman, Betty., Valentin, Dominique., Dowling, W. Jay. Experimental Design and Analysis for Psychology. New York: Oxford University Press, 2009.
Albright, Zappe, Winston. Data Analysis, Optimization, and Simulation Modeling. Canada: Cengage Learning, 2011.
Anderson, Lorin W., Krathwohl, David R. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing. New York: Longman, 2001.
Darmawan. Teknologi Pembelajaraan. Bandung: Rosdakarya, 2015.
Fraenkel, Jack R., Wallen, Norman E., Hyun, Helen H. How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill, 2012.
Kadir. Statistika Terapan. Jakarta: Rajawali Pers, 2015.
Kalyuga. Managing Cognitive Load in Adaptive Multimedia Learning. London: IGI Global, 2009.
Majid. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Rosdakarya, 2013.
Munadi, Yudhi. Media Pembelajarn: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi, 2013.
Oloffson and Lindberg. Informed Design of Educational Technologies in Higher Education: Enhanced Learning and Teaching. Hersey: IGI Global, 2012.
Rusman. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers, 2012.
Sadiman, Haryono, Rahardjito. Media Pendidikan: Pengertian Pendidikan dan Pemanfaatannya. Depok: Rajawali Pers, 2012.
Sudijono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2012.
Uno dan mohamad. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara, 2015.
White, Theresa L., McBurney, Donald H. Research Methods. United States: Cengage Learning, 2013.
DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.4.2.96-100
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License