PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS GOOGLE SITES PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN IPA BIOLOGI DI SD
DOI:
https://doi.org/10.24853/holistika.7.1.53-58Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkuliahan daring yang sering terjadi satu arah dan kurangnya kegiatan yang menarik pada masa pandemic covid 19. Tujuan dari penelitian ini yaitu pengembangkan perangkat media E-learning berbasis Google site pada mata kuliah Pendidikan IPA Biologi di SD. Perangkat media E-learning ini memuat bahan ajar pembelajaran Biologi yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa pada materi Biologi. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model Alessi dan Trollip yaitu planning, design dan development. Instrument yang digunakan terdiri dari ,validasi ahli, validasi materi serta respon mahasiswa yang diperoleh dari data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan uji validasi oleh para ahli, untuk ahli materi mendapatkan skor 97% dengan kriteria sangat valid, untuk ahli ahli media mendapatkan skor 93% dengan kriteria sangat valid. Keefektifan bahan ajar respon mahasiswa pada uji coba satu per satu mendapatan skor 88% sangat efektif Hasil dari penelitian ini, merupakan sebuah produk LMS yang dapat digunakan oleh mahasiswa dalam mempermudah pembelajaran secara daring. . Kata kunci: Google site, Hybrid Learning, E-LarerningReferensi
Pito, A.H. (2018). Media Pembelajaran Dalam Perspektif Alquran. Andragogi Jurnal Diklat Teknis Volume: VI (2) : 97-112
Bibi, S. & Jati, H. (2015). Efektivitas Model Blended Learning Terhadap Motivasi Dan Tingkat Pemahaman Mahasiswa Mata Kuliah Algoritma Dan Pemrograman. Jurnal Pendidikan Vokasi UNY. Vol 5 (1). 74-87.
Kumala, S. A., Sumarni, R. A., & Widiyatun, F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Uno Stacko Pada Materi Fisika Kelas X. Navigation Physics: Journal of
Physics Education, 2(1), 14-20
Husniyah R, Widiatsih A, Kurniawan N. (2022). Pengembangan Website Menggunakan Google Sitesm Ateri Produksi Pada Tumbuhan Dan Hewan Untuk Smp/Mts Pada Masa Pademi Covid 19. Educational Journal : journal Education Research and Development Vol 6(1) 47-58
Januarisman,E. Anik Ghufron. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuksiswa Kelas Vii. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Volume 3(2): 166-182
Dewanto, Febrian Murti, Achmad Buchori, & Lukman Harun. (2012). Pengembangan Media Website Pada Mata Kuliah Komputasi Ii Di Perguruan Tinggi. Aksioma: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, Vol 3 (1): 1-10
Setyawan, Bambang. (2019). Pengembangan Media Google Site dalam Bimbingan Klasikal di SMAN 1 Sampung. Jurnal Nusantara of Research ,Vol 6(2): 78-87.
Divayana, D.G.H., P.Wayan Arta Suyasa, Nyoman S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Matakuliah Kurikulum dan Pengajaran di Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), (2016), 149-157, 5(3)
Ismawati,Ike et al (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web Menggunakan Google Sites Pada Materi Gelombang Bunyi. Schrodinger Vol 2(2): 140-146
Beta, Rivai. A. & Zuqoni. (2021) Learning Management System (LMS) based on Google Sites as an Effective Learning Media during the Covid-19 Pandemic. Proceedings International Education Webinar of IAIN Palopo (PROCEEDINGS IEWIP)I -2021.
Stephen M. Alessi, S.M. & Stanley R. Trollip.(2001). Multimedia for Learning, Methods,s and Development. Boston : Allyn & Bacon, Inc.
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Perangkat Pembelajaran. Jakarta: Remaja Rosdakarya.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).