PENGARUH SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENULIS TEKS BAHASA INGGRIS

Meutia Khanza, Zulfitria Zulfitria, Ansharullah Ansharullah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah scaffolding dapat memberikan efek yang signifikan pada kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur. Dalam penelitian ini, sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 25 Setiabudi Pamulang. Sampel tersebut berasal dari kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Masing-masing terdiri dari 36 siswa. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dan desain yang digunakan adalah quasi experimental study. Temuan dari penelitian ini berupa nilai rata-rata pre-test siswa kelas eksperimen adalah 56.47 serta nilai rata-rata pos-tes siswa kelas tersebut adalah 76.14. Berbeda dengan kelas kontrol, nilai rata-rata pre-test siswa di kelas kontrol adalah 63.25 dan nilai rata-rata untuk pos-tes adalah 66.72. Pengaruh yang signifikan dilihat dari nilai rata-rata pos-tes siswa kelas eksperimen yang diberi perlakuan daripada nilai rata-rata siswa di kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan berupa scaffolding. Hasil dari hipotesis statistik menemukan tingkat signifikansi 0.000 < 0.005. Dengan demikian H0 (Hipotesis Nul) ditolak dan H1 (Hipotesis Alternatif) diterima. Hal ini menandakan bahwa penggunaan teknik scaffolding efektif pada kemampuan siswa dalam menulis prosedur teks.


Keywords


Teknik scaffolding; writing; teks prosedur

Full Text:

PDF

References


Anderson, M., & Anderson, K. (1997). Text Types in English. Volume 1. Macmillan Education Australia. http://books.google.co.id/books?id=yfr8OGxyDaEC

Hughes, A. (2010). Kinds of tests and testing. In Testing for Language Teachers (pp. 11–25). https://doi.org/10.1017/cbo9780511732980.004

Hyland, K. (2007). Genre pedagogy: Language, literacy and L2 writing instruction. Journal of Second Language Writing, 16(3), 148–164. https://doi.org/10.1016/j.jslw.2007.07.005

Langan, J., & Albright, Z. L. (2019). College Writing Skills with Readings. In McGraw-Hill. McGraw-Hill.

Lindsay, C., & Knight, P. (2006). Learning and teaching English a course for teachers, Oxford Oxford University Press. E-Pedagogium, 8(2), 122–123. https://doi.org/10.5507/epd.2008.024

Mertens, D., & McLaughlin, J. (2011). Research and Evaluation Methods in Special Education. In Research and Evaluation Methods in Special Education. SAGE Publications, Inc. https://doi.org/10.4135/9781412985666

Raymond, E. B. (2012). Learners with mild disabilities : a characteristics approach. Pearson.

Spratt, M., Pulverness, A., & Williams, M. (2008). The TKT Course.

Suradika, Agus. (2000). Metode Penelitian Sosial. Jakarta: UMJ Press.




DOI: https://doi.org/10.24853/instruksional.3.1.23-29

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Powered by Puskom-UMJ