PENGEMBANGAN BAHAN PEMBELAJARAN BERBASIS MODUL ELEKTRONIK BERBANTUAN FLIPBOOK MAKER PADA MATA PELAJARAN FISIKA SMA

Widya Nuraeni

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan pembelajaran berupa modul elektronik berbantuan flipbook untuk pembelajaran fisika SMA. Modul elektronik yang dikembangkan mengacu pada model penelitian dan pengembangan Dick and Carey. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development Borg and Gall. Untuk mengetahui kualitas dan efektivitas modul elektronik yang telah disusun, selanjutnya dilakukan uji validitas yang melibatkan ahli materi pelajaran, ahli desain pembelajaran, teman sejawat serta peserta didik yang akan menjadi pengguna modul elektronik. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan data penilaian dari validator dianalisis secara deskriptif kualitatif. Data tersebut dijadikan acuan untuk merevisi produk agar layak digunakan.

Keywords


Modul Elektronik; Flipbook Maker; Dick and Carey; Fisika

Full Text:

PDF

References


Carpenter, J. P., & MacFarlane, M. R. (2018). Educator perceptions of district-mandated Edcamp unconferences. Teaching and Teacher Education, 75, 71–82. https://doi.org/10.1016/J.TATE.2018.06.002

Dewi, N. N. E., Santoso, H., & Lepiyanto, A. (2020). PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI METODE POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) DISERTAI NILAI KARAKTER MATERI SISTEM RESPIRASI. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 12(2), 211. https://doi.org/10.25134/quagga.v12i2.2898

Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2005). The Systematic Design of Instruction (6th ed.). Pearson.

Gooder, V., & Cantwell, S. (2017). Student Experiences With a Newly Developed Concept-Based Curriculum. Teaching and Learning in Nursing, 12(2), 142–147. https://doi.org/10.1016/J.TELN.2016.11.002

Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 11. https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1478

Jacob, W. J., & Gokbel, V. (2018). Global higher education learning outcomes and financial trends: Comparative and innovative approaches. International Journal of Educational Development, 58, 5–17. https://doi.org/10.1016/J.IJEDUDEV.2017.03.001

Winarko, A. S., Sunarno, W., Masykuri, M., Studi, P., Sains, P., Pascasarjana, P., & Sebelas, U. (2013). Pengembangan Modul ElektronikBerbasis POEI (Prediksi, Observasi, Eksperimen, Interpretasi)Pada Materi Sistem Indera Kelas XI SMA Negeri Ponorogo. Bioedukasi, 6(2), 58–75. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/biologi/article/view/5530

Nasunito, S. (2000). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Dan Mengajar. Bumi Aksara.

RUSNILAWATI, R. E. G., & Gustiana, E. (2018). THE DEVELOPMENT OF ELECTRONIC TEACHING MATERIALS BY FLIPBOOK ASSISTANCE BASED PROBLEM SOLVING SKILL WITH CTL APPROACH ON LEARNING MATHEMATICS CLASS V. Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 223. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.5450

Sardi, A. (2018). PENGEMBANGAN BUKU AJAR TEKNIK LABORATORIUM BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DICK AND CAREY. Jurnal Biotek, 6(2), 37. https://doi.org/10.24252/jb.v6i2.6399

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Alfabeta).

Suparman, M. A. (2014). Desain Instruksional Modern : Panduan Para

Pengajar Dan Inovator Pendidikan (N. I. Sallama, Ed.). Erlangga.

Suradika, A. (2000). Metode Penelitian Sosial. UMJ Press.

Suradika, A. (2000). Pengantar statistik sosial. UMJ Press.

Suradika, A., Winata, W., Wicaksono, D., Hadi, M. S., & Rifqiyati. (2020). The Influence of Instructional Materials and Educational Background on the Learning Outcomes of Islamic Education. Solid State Technology, 63(6), 1027–1043. http://solidstatetechnology.us/index.php/JSST/article/view/2185

Winatha, K. R. (2018). Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Proyek Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 188. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14021




DOI: https://doi.org/10.24853/instruksional.3.1.66-76

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Copyright of Jurnal Instruksional (e-ISSN:2685-5645).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Powered by Puskom-UMJ