DESAIN PEMBELAJARAN KITAB AT TIBYAN DENGAN MODEL ASSURE DI PESANTREN TAHFIDZ MASKANUL HUFFADZ
DOI:
https://doi.org/10.24853/instruksional.3.1.50-56Keywords:
Desain pembelajaran, model ASSURE, kitab At-Tibyan, AkhlakAbstract
Rancangan pembelajaran kitab At-Tibyan ini disusun berdasarkan model ASSURE. Rancangan pembelajaran ini terdiri dari enam tahapan perancangan, dimulai dari melakukan analisis terhadap para santri sampai mengevaluasi hasil dari pembelajaran. Hasil rancangan berupa (a) silabus pembelajaran dalam satu semester, (b) bahan pembelajaran dalam bentuk power point dan video edukatif yang menunjang setiap bab pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran kitab At-Tibyan, dan (c) pedoman penilaian keberhasilan peserta didik selama program belajar berlangsung.References
Achmadi, H., Suharno, & Suryani, N. (2014). Penerapan Model Assure Dengan Menggunakan Media Power Point Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Sebagai Usaha Peningkatan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X MAN Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 35–48.
Gagné, R. M., Briggs, L. G., Briggs, L. J., & Wager, W. W. (1992). Principles of Instructional Design. Harcourt Brace Jovanovich College Publishers. https://books.google.co.id/books?id=LH3uAAAAMAAJ
Heinich, R., Molenda, M., Smaldino, S. E., & Russell, J. D. (2002). Instructional Media and Technologies for Learning. Merrill/Prentice Hall.
Huda, M. (2011). Cooperative Learning (Vol. 113). Pustaka Pelajar.
Pribadi, R. B. A. (2009). DESAIN SISTEM PEMBELAJARAN. PT. Dian
Rakyat.
Suradika, A., & Wicaksono, D. (2019). Metodologi Penelitian. UM
Jakarta Press.
Suradika, A., Winata, W., Wicaksono, D., Hadi, M. S., & Rifqiyati. (2020). The Influence of Instructional Materials and Educational Background on the Learning Outcomes of Islamic Education. Solid State Technology, 63(6), 1027–1043. http://solidstatetechnology.us/index.php/JSST/article/view/2185