PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS DIGITAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMK ATLANTIS PLUS DEPOK
DOI:
https://doi.org/10.24853/instruksional.3.1.1-17Keywords:
Pembangunan, Pelajaran bahasa Inggris, Model Instruksional, Materi Pembelajaran DigitalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi pembelajaran digital untuk pelajaran bahasa Inggris. Responden dalam penelitian ini dibatasi pada siswa kelas XII Multimedia dan Keperawatan SMK Atlantis Plus Depok. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggabungkan model penelitian ASSURE model development. Untuk melihat kelayakan model yang dikembangkan, pengembangan materi pembelajaran digital, peneliti ahli melakukan beberapa tes, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan dengan indikator bagaimana sikap dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan ketiga prototipe akan menjadi desain yang potensial bila digunakan pada saat pembelajaran. Terlihat bahwa 29,73% sangat menarik dan 70,27% siswa memiliki sikap menarik terhadap materi pembelajaran digital yang dikembangkan. Selain itu ketuntasan siswa mencapai hasil belajar yang ditunjukkan sebesar 90% untuk siswa kelas XII Multimedia dan XII Keperawatan pada tahap uji coba lapangan yang berjumlah 37 orang adalah 87,56. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis digital yang peneliti kembangkan akan menjadi bahan ajar digital yang valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran mata pelajaran bahasa Inggris.References
Amiroh. (2012). Kupas Tuntas Membangun E-Learning dengan Learning Management System Moodle. Genta Group Production. //digilib.hamzanwadi.ac.id/index.php?p=show_detail&id=6863&keywords=
Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2007). Educational Research: An Introduction. Pearson/Allyn & Bacon. https://books.google.co.id/books?id=3fsUSgAACAAJ
Undang-Undang Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Presiden Republik Indonesia (2003).
Lestari, I. (2013). Pengembangan bahan ajar berbasis kompetensi. Padang: Akademia Permata, 1.
Miarso, Y. (2007). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. In Computer. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=rhVNDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR38&dq=miarso&ots=iy_xOm0SvN&sig=RcdLMBXMQ3_wIBvUVU3fvPJH-XM&redir_esc=y#v=onepage&q=miarso&f=false
Munir. (2008). Kurikulum Berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Alfabeta.
Pannen, P., Riyanti, R. D., & Pramuki, B. E. (2007). HYPERLITE Program: An ICT-based ODL for Indonesian Teachers Education 1. The 11th UNESCO APEID Conference on Revitalizing Higher Education, 1–14.
Reigeluth, C. M., & Carr-Chellman, A. A. (2008). Instructional-Design Theories and Models, Volume III: Building a common knowledge base. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=csqLAgAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Reigeluth&ots=7I27hLpT_e&sig=aa0rTB0VvD5NMWij_Iba07PpFxM&redir_esc=y#v=onepage&q=Reigeluth&f=false
Schunk, D. H. (2015). Learning Theories: An Educational Perspective. Pearson Education. https://books.google.co.id/books?id=G7OgBwAAQBAJ
Suradika, A. (2000). Metode Penelitian Sosial. Jakarta: UMJ Press.
Tomlinson, B. (2011). Materials Development in Language Teaching. Cambridge University Press. https://books.google.co.id/books?id=TmhyTQji2UEC