MENINGKATKAN KECERDASAN LINGUISTIK MELALUI METODE MENDONGENG

Authors

  • Zulfitria Zulfitria (Scopus Author ID: 57216148934) Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Neneng Fadhila Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.24853/instruksional.3.1.77-86

Keywords:

anak usia dini, bermain peran, berbicara

Abstract

Mendongeng merupakan metode yang menarik dan menyenangkan bagi anak usia dini yang akan belajar berbahasa dan berkomunikasi dengan lawan bicaranya. Realitas yang terjadi dalam kegiatan belajar di Taman Kanak-kanak banyak guru yang masih menggunakan metode yang monoton dalam mengembangkan kecerdasan linguistik/berbahasa anak. Metode yang digunakan tidak mengajak untuk anak ikut peran aktif dalam setiap kegiatan yang diberikan guru, anak hanya duduk dimeja dan mendengarkan cerita yang dibacakan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kecerdasan linguistik anak di TK Tanah Tingal Ciputat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan prosedur kerja 2 (dua) siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan 11 anak kelompok B TK Tanah Tingal Ciputat. Hasil penelitian menyatakan bahwa dengan menggunakan metode mendongeng dapat meningkatkan kecerdasan linguistik anak di TK Tanah Tingal Ciputat. Adapun peningkatan rata-rata prosentase kecerdasan linguistik anak dari sebelum tindakan sampai dengan siklus II yakni pra siklus 18%, siklus I mencapai 45%, siklus II mencapai 82%. Kesimpulan penelitian ini adalah adanya peningkatan terhadap kecerdasan linguistik anak dengan metode mendongeng di TK Tanah Tingal Ciputat.

Author Biographies

Zulfitria Zulfitria, (Scopus Author ID: 57216148934) Universitas Muhammadiyah Jakarta

(Profile in Scopus)(Profile in Google Scholar)(Profile in SINTA ID)

Neneng Fadhila, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Magister Teknologi Pendidikan, Ilmu Pendidikan

References

Arikunto, Suharsimi. 2014. “Penelitian Tindakan Kelas”. Jalkarta: PT Bumi Aksara.

Departemen Agama. 1997. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: Surya Cipta Aksara, h.597

Danandjaja.1996. Cerita rakyat. Yogyakarta: Andi.

Diknas. 2007. Pengembangan Bakat Non Akademik. Jakarta: Depdiknas.

Igrea Siswanto dan Sri Lestari,. 2021. Panduan Bagi Guru dan Orangtua Pembelajaran Atraktif dan 100 Permainan Kreatif untuk PAUD, Yogyakarta: Andi.

Jasmin, Hana. 2011. Terapi Kecerdasan Anak Dengan Dongeng. Yogyakarta: Berlian Media.

Nandang Kosasih & Dede Sumarna. 2013. Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Kecerdasan. Bandung: Alfabeta.

Poerwadarminta.1995. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Roestiyah. 1998. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Suyanto, Slamet. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depeartemen Pendidikan Nasional.

Saliwangi. 1994. Pendidikan Bahasa dan Sastra. Jakarta: Rineka Cipta.

Sunaryo. 1995. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: FKSS – IKIP.

Tampubolon, 1991. Mengembangkan Minat dan Kebiasaan Membaca Pada Anak, Bandung: Angkasa.

Zulfitria. Arif, Zainal. Abidah. Arifah. 2020. Dongeng Dalam Membentuk Karakter Islami Anak. Jurnal Rausyan Fikr. Vol. 16 No. 2 September 2020. ISSN. 1979-0074 e-ISSN. 9 772580 594187. Hal 67-73.

Zulfitria, Dewi, Happy Indira. Khanza, Meutia. dkk. 2020. Penerapan Pembelajaran Dongeng Dalam Membentuk Karakter Siswa. J u r n a l I n s t r u k s i o n a l. V o l u m e 2 , N o m o r 1 (2020). Hal 56-63

Zulfitria, Kartikasari, Pratiwi. 2018. Pemanfaatan Media Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Kecerdasan Visual Spasial Siswa Autis. PROSIDING SNTP, 2018 - pkm.uika-bogor.ac.id

Downloads

Published

2021-10-01