PERAN SUPERVISI KEPALA MADRASAH DAN KUALIFIKASI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU
Main Article Content
Abstract
Article Details
References
Alamsyah, M., Ahmad, S., & Harris, H. (2020). Pengaruh Kualifikasi Akademik dan Pengalaman Mengajar terhadap Profesionalisme Guru. In Journal of Education Research (Vol. 1, Nomor 3).
Astuti, S. (2017). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di SD Laboratorium UKSW. Scholaria : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(1), 49. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i1.p49-59
Awe, E. Y., Dantes, N., & Lasmawan, I. W. (2014). HUBUNGAN ANTARA KUALIFIKASI AKADEMIK, KOMPETENSI, MOTIVASI KERJA DENGAN KINERJA GURU SEKOLAH DASAR (SD) DI KECAMATAN BAJAWA, KABUPATEN NGADA. Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha, 4. https://media.neliti.com/media/publications/123152-ID-hubungan-antara-kualifikasi-akademik-kom.pdf
Babuta, A. I., & Rahmat, A. (2019). Peningkatan Kompetensi Pendagodik Guru melalui Pelaksanaan Supervisi Klinis dengan Teknik Kelompok. AL-TANZIM : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM, 3(1), 1–28. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i1.496
Fathurrohman, P., & Sutikno, M. S. (2009). Strategi Belajar Mengajar; Strategi Mewujudkan Pembelajaran Bermakna Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami. PT Refika Aditama.
Hadi, S., Tukiran, & Yuwono, B. (2019). PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK, KOMPETENSI GURU, DAN KEDISIPLINAN TERHADAP KINERJA GURU. Khazanah Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.31227/osf.io/e3kmu
Hasanah, M. L., Batusangkar, I., & Kristiawan, M. (2019). Supervisi Akademik dan Bagaimana Kinerja Guru. TADBIR : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 97–112. https://doi.org/10.29240/jsmp.v3i2.1159
Jayanti Tanama, Y., & Supriyanto, A. (2016). Implementasi Supervisi Klinis dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. In Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan (Vol. 1, Nomor 11). https://doi.org/10.17977/JP.V1I11.8127
PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA NOMOR 13 TAHUN 2007, (2007) (testimony of Kementrian Pendidikan Nasional Repubik Indonesia).
Kristiawan, M. (2020). Supervisi Pendidikan (Y. Yuniarsih (ed.)). Alfabeta. https://doi.org/10.31227/osf.io/4udnj
Lalupanda, E. M. (2019). Implementasi supervisi akademik untuk meningkatkan mutu guru. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(1), 62–72. https://doi.org/10.21831/amp.v7i1.22276
Miles B., M., & Michael, A. H. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. SAGE Publications.
Mimpira Haryono, Y. H. (2020). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualifikasi Akademik Guru PAUD Pada Gugus Mawar Kecamatan Talo Kabupaten Seluma. Indonesian Education Administration and Leadership Journal (IDEAL), 02, 23–33.
Moleong, & Lexy, J. (2004). Metodelogi Penelitian. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. (2009). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru Dan Kepala Sekolah. Jakarta : Bumi Aksara.
Muslim. (2017). Peran Supervisi Pengawas Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan: Studi pada Madrasah Aliyah Negeri 3 Kabupaten Tasikmalaya. Indonesian Journal of Education Management and Administration Review, 1(1), 55.
Nurhayati, S. (2013). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru dengan Supervisi Akademik di Madrasah Ibtidaiyah Yaspuri Lowokwaru Malang. Jurnal Pendidikan, 1(1), 48–52. https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikan/article/view/137
Rustaman, N., Dirdjosoemarto, S., Yudianto, S. A., Achmad, Y., Subekti, R., Rochintaniawati, D., & Nurjhani, M. (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi. UM press.
Sabandi, A. (2013). Supervisi Pendidikan untuk Pengembangan Profesionalitas Guru Berkelanjutan. In Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan (Vol. 13, Nomor 2).
Salamah, U., & Mufidah, N. (2019). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Akademik. … International Conference on …, 54–58.
Sari, D. N. A., Bafadal, I., & Wiyono, B. B. (2018). Pelaksanaan Supervisi Manajerial dalam Rangka Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 213–221. https://doi.org/10.17977/um027v1i22018p213
Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar (Edisi ke-16). In Sinarbaru. Remaja Rosdakarya.
Suradika, A. (2000). Metode Penelitian Sosial. UMJ Press.
Suyanto, & Jihad, A. (2013). Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas di Era Global (R. Fauzana (ed.)). Esensi.
Syakirah, N. S. M. (2013). Pengaruh Kualifikasi Akademik Terhadap Kompetensi Profesional Guru Produktif Program Administrasi Perkantoran Di SMK Negeri 11 Bandung Dan SMK Pasundan 1 Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia.
Tobari. (2014). MEMBANGUN BUDAYA ORGANISASI PADA INSTANSI PEMERINTAHAN.
Uno, H. B., & Lametanngo, N. (2014). Teori Kinerja dan Pengukurannya. Bumi Aksara.
Usman, N. (2016). EFEKTIVITAS PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMK NEGERI 1 MEULABOH. Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah, 4(3).