PERAN SUPERVISI KEPALA MADRASAH DAN KUALIFIKASI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU
Abstract
Rendahnya kompetensi guru di Indonesia dapat dilihat dari kelayakan guru mengajar. Bukti rendahnya profesionalitas guru juga dapat terlihat dari masih banyaknya guru yang tidak menguasai berbagai kompetensi. Misalnya saja masih banyak guru mengalami kendala dalam menerapkan berbagai strategi pembelajaran. Dalam pembelajaran, seorang guru dituntut untuk mampu mengembangkan berbagai kompetensi yang ada pada dirinya. Sehingga diharapkan dengan peningkatan kompetensi tersebut akan menciptakan suasana belajar yang lebih menarik. Jika dalam mengajar ternyata guru belum mampu menggunakan variasi metode pembelajaran, maka dikhawatirkan minat siswa terhadap pelajaran ekonomi akan berkurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Supervisi Kepala Madrasah dan Kualifikasi Akademik Guru dalam Kompetensi Guru di Jakarta. Metode yang digunakan adalah Deskriptif dengan pendekatan Kualitatif, hasil penelitian menunjukan bahwa dalam pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah dapat dilakukan dalam tiga tahap yaitu: melakukan pra supervisi akademik, pelaksanaan kunjungan kelas, dan pembahasan hasil kunjungan kelas. Pelaksanaan program efektif supervisi akademik adalah untuk mencapai kualitas yang dipersyaratkan perlu mendapat pengawasan yang sungguh-sungguh oleh kepala sekolah. Hambatan dalam pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah dalam meningkatan komperensi guru yaitu: tidak tersedianya waktu yang cukup bagi supervisor untuk melakukan supervisi dan terkesan terburu-buru dalam melaksanakan supervisi akademik. Bila dilihat dari efektivitasnya, waktu pelaksanaan supervisi akademik dapat dilakukan tiap bulan, namun waktu tidak mencukupi maka kepala sekolah mensupervisi guru tiap triwulan atau dalam satu semester dapat dilakukan cuma dua supervisi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alamsyah, M., Ahmad, S., & Harris, H. (2020). Pengaruh Kualifikasi Akademik dan Pengalaman Mengajar terhadap Profesionalisme Guru. In Journal of Education Research (Vol. 1, Nomor 3).
Astuti, S. (2017). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di SD Laboratorium UKSW. Scholaria : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(1), 49. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i1.p49-59
Awe, E. Y., Dantes, N., & Lasmawan, I. W. (2014). HUBUNGAN ANTARA KUALIFIKASI AKADEMIK, KOMPETENSI, MOTIVASI KERJA DENGAN KINERJA GURU SEKOLAH DASAR (SD) DI KECAMATAN BAJAWA, KABUPATEN NGADA. Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha, 4. https://media.neliti.com/media/publications/123152-ID-hubungan-antara-kualifikasi-akademik-kom.pdf
Babuta, A. I., & Rahmat, A. (2019). Peningkatan Kompetensi Pendagodik Guru melalui Pelaksanaan Supervisi Klinis dengan Teknik Kelompok. AL-TANZIM : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM, 3(1), 1–28. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i1.496
Fathurrohman, P., & Sutikno, M. S. (2009). Strategi Belajar Mengajar; Strategi Mewujudkan Pembelajaran Bermakna Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami. PT Refika Aditama.
Hadi, S., Tukiran, & Yuwono, B. (2019). PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK, KOMPETENSI GURU, DAN KEDISIPLINAN TERHADAP KINERJA GURU. Khazanah Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.31227/osf.io/e3kmu
Hasanah, M. L., Batusangkar, I., & Kristiawan, M. (2019). Supervisi Akademik dan Bagaimana Kinerja Guru. TADBIR : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 97–112. https://doi.org/10.29240/jsmp.v3i2.1159
Jayanti Tanama, Y., & Supriyanto, A. (2016). Implementasi Supervisi Klinis dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. In Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan (Vol. 1, Nomor 11). https://doi.org/10.17977/JP.V1I11.8127
PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA NOMOR 13 TAHUN 2007, (2007) (testimony of Kementrian Pendidikan Nasional Repubik Indonesia).
Kristiawan, M. (2020). Supervisi Pendidikan (Y. Yuniarsih (ed.)). Alfabeta. https://doi.org/10.31227/osf.io/4udnj
Lalupanda, E. M. (2019). Implementasi supervisi akademik untuk meningkatkan mutu guru. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(1), 62–72. https://doi.org/10.21831/amp.v7i1.22276
Miles B., M., & Michael, A. H. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. SAGE Publications.
Mimpira Haryono, Y. H. (2020). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualifikasi Akademik Guru PAUD Pada Gugus Mawar Kecamatan Talo Kabupaten Seluma. Indonesian Education Administration and Leadership Journal (IDEAL), 02, 23–33.
Moleong, & Lexy, J. (2004). Metodelogi Penelitian. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. (2009). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru Dan Kepala Sekolah. Jakarta : Bumi Aksara.
Muslim. (2017). Peran Supervisi Pengawas Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan: Studi pada Madrasah Aliyah Negeri 3 Kabupaten Tasikmalaya. Indonesian Journal of Education Management and Administration Review, 1(1), 55.
Nurhayati, S. (2013). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru dengan Supervisi Akademik di Madrasah Ibtidaiyah Yaspuri Lowokwaru Malang. Jurnal Pendidikan, 1(1), 48–52. https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikan/article/view/137
Rustaman, N., Dirdjosoemarto, S., Yudianto, S. A., Achmad, Y., Subekti, R., Rochintaniawati, D., & Nurjhani, M. (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi. UM press.
Sabandi, A. (2013). Supervisi Pendidikan untuk Pengembangan Profesionalitas Guru Berkelanjutan. In Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan (Vol. 13, Nomor 2).
Salamah, U., & Mufidah, N. (2019). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Akademik. … International Conference on …, 54–58.
Sari, D. N. A., Bafadal, I., & Wiyono, B. B. (2018). Pelaksanaan Supervisi Manajerial dalam Rangka Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 213–221. https://doi.org/10.17977/um027v1i22018p213
Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar (Edisi ke-16). In Sinarbaru. Remaja Rosdakarya.
Suradika, A. (2000). Metode Penelitian Sosial. UMJ Press.
Suyanto, & Jihad, A. (2013). Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas di Era Global (R. Fauzana (ed.)). Esensi.
Syakirah, N. S. M. (2013). Pengaruh Kualifikasi Akademik Terhadap Kompetensi Profesional Guru Produktif Program Administrasi Perkantoran Di SMK Negeri 11 Bandung Dan SMK Pasundan 1 Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia.
Tobari. (2014). MEMBANGUN BUDAYA ORGANISASI PADA INSTANSI PEMERINTAHAN.
Uno, H. B., & Lametanngo, N. (2014). Teori Kinerja dan Pengukurannya. Bumi Aksara.
Usman, N. (2016). EFEKTIVITAS PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMK NEGERI 1 MEULABOH. Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah, 4(3).
DOI: https://doi.org/10.24853/instruksional.3.1.87-96
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.