STRATEGI PENDIDIKAN KARAKTER BAGI SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI KEARIFAN LOKAL DI SEKOLAH

Putri Kinanti, Dirgantara Wicaksono

Abstract


Kemampuan kita untuk mengambil peran pendidikan sebagai kekuatan nasional membutuhkan tantangan saat ini dan masa depan. Penetapan kebijakan dan pelaksanaan pendidikan karakter yang berbasis kearifan lokal di sekolah memiliki arti penting dan strategis untuk membangun negara sehingga dapat menjadi sumber nilai luhur. Dengan landasan tidak merusak tatanan sosial yang adaptif terhadap lingkungan alam sekitarnya, kearifan lokal menjadi modal utama konstruksi sosial. Dalam proses pembelajaran pengintegrasian pendidikan karakter ke dalam muatan lokal unggulan akan menyesuaikan dengan lingkungan yang ada dan memungkinkan siswa untuk mengalami, sehingga tercipta proses pembelajaran yang bermakna. Pembangunan pendidikan berbasis peran dan kebudayaan nasional perlu menjadi perencanaan nasional. Pendidikan karakter pada dasarnya adalah pengembangan pribadi siswa yang direncanakan, yang tujuannya adalah lembaga pendidikan. Dalam lingkungan keluarga dan masyarakat atau "Sekolah" dalam arti luas pendidikan karakter menekankan pada pengembangan ideologi agama, budaya bangsa yang unggul dan berjiwa kepemimpinan, sekaligus meningkatkan kekuatan realitas siswa yang berkarakter unggul


Keywords


Pendidikan Karakter; Kearifan lokal; Strategi Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Amri, S., Faturrahman, Ahmadi, K., & Ari Setyono, H. (2012). Pengantar pendidikan. Prestasi Pustaka Publisher. http://perpustakaan.kkp.go.id/union/index.php?p=show_detail&id=19118

Fajarini, U. (2014). PERANAN KEARIFAN LOKAL DALAM PENDIDIKAN KARAKTER. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 1(2). https://doi.org/10.15408/sd.v1i2.1225

Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. In Alpha Beta, Bandung (Issue 28). Alfabeta.

Koentjaraningrat. (1985). Pengantar Ilmu Antropologi cetakan 5. PT Rineka Cipta.

Rahyono, F. . (2015). Kearifan Budaya Dalam Kata Edisi Revisi. Wedatama Widya Sastra.

Ramdhani, M. A. (2017). Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 28–37. https://doi.org/10.52434/JP.V8I1.69

Suradika, Agus. (2000). Metode Penelitian Sosial. Jakarta: UMJ Press.

Suradika, A., & Wicaksono, D. (2019). Metodologi Penelitian. UM Jakarta Press.




DOI: https://doi.org/10.24853/instruksional.3.1.18-22

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Powered by Puskom-UMJ