PENGEMBANGAN MODEL KURIKULUM DIGITAL DAN PEMBELAJARAN BERBASIS VIRTUAL SET ADAPTIF DI SMK ATLANTIS DEPOK

Dirgantara Wicaksono, Agus Suradika, Widia Winata, Nur Ahmad Shodiq

Abstract


Penelitian ini berangkat dari permasalahan yang dihadapi SMK Atlantis Depok dalam menyusun perencanaan kurikulum dan pembelajaran yang harus mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi khususnya dalam kondisi pandemi covid-19 saat ini. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengidentifikasi kebutuhan sekolah terkait kurikulum dan pembelajaran digital; dan (2) mengembangkan draft model kurikulum digital dan pembelajaran berbasis Virtual Set yang adaptif dalam menjawab tantangan pendidikan abad 21. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Penelitian ini dilaksanakan selama 1 tahun dengan hasil sebagai berikut: (1) terpetakan kebutuhan kurikulum dan rancangan pembelajaran ; (2) tersusun draft model kurikulum digital dan pembelajaran berbasis Virtual Set yang adaptif dalam menjawab tantangan pendidikan abad 21.


Keywords


kurikulum digital; pembelajaran berbasis virtual; set adaptif; pengembangan model pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Azzahra, N. F. (2020). Ringkasan Kebijakan | Mengkaji Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh di Indonesia di Masa Covid-19. CIPS Center for Indonesian Policy Studies. Ringkasan Kebijakan, 2, 1–9. https://doi.org/10.35497/309163

Caena, F., & Redecker, C. (2019). Aligning teacher competence frameworks to 21st-century challenges: The case for the European Digital Competence Framework for Educators ( Digcompedu). European Journal of Education, 54(3), 356–369. https://doi.org/10.1111/ejed.12345

Dwiyanto, H. (2020). Menyiapkan Pembelajaran dalam Memasuki “ New Normal ” dengan Blended Learning. Pengembang Teknologi Pembelajaran LPMP Lampung, 2019, 1–9. https://lpmplampung.kemdikbud.go.id/detailpost/menyiapkan-pembelajaran-dalam-memasuki-new-normal-dengan-blended-learning

Juliarto, R., & Dicoding Inter. (2020). Apa itu Augmented Reality dan Contohnya ? Dicoding. https://www.dicoding.com/blog/apa-itu-augmented-reality-dan-contohnya/

Kemdikbud. (2020). Surat Edaran Mendikbud No 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid- 19) - Pusdiklat Pegawai Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. In Https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/

Kharisma, N. N., Roesminingsih, M. V., & Suhanadji, S. (2020). Gambaran kebutuhan pembelajaran daring pkbm budi utama surabaya pada masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Nonformal, 15(1), 38–44. https://doi.org/10.17977/UM041V15I1P38-45

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V4I4.460

Quezada, R. L., Talbot, C., & Quezada-Parker, K. B. (2020). From Bricks and Mortar to Remote Teaching: A Teacher Education Program‘s Response to COVID-19. Journal of Education for Teaching, 46(4), 472–483. https://doi.org/10.1080/02607476.2020.1801330

Rahma Putra, A., Suhartadi, S., Nauri, I., Irdianto, W., & Mindarta, E. (2019). Causal Factors Analysis Unsynchronized Occupation with The Competency during The Study. https://doi.org/10.4108/eai.18-7-2019.2288594

Rahmawati, N. R., Rosida, F. E., & Kholidin, F. I. (2020). ANALISIS PEMBELAJARAN DARING SAAT PANDEMI DI MADRASAH IBTIDAIYAH. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(2), 139–148. https://doi.org/10.30762/sittah.v1i2.2487

Scull, J., Phillips, M., Sharma, U., & Garnier, K. (2020). Innovations in teacher education at the time of COVID19: an Australian perspective. Journal of Education for Teaching, 46(4), 497–506. https://doi.org/10.1080/02607476.2020.1802701

Soleh, A. N. (2020). Strategi Manajemen Pembelajaran Pada Masa COVID-19 di SMK Ma’arif 9 Kebumen. Jurnal Cakrawala: Studi Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi, 4(2), 1–13. http://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/cka/article/view/243

Sumarno. (2020). STUDI KASUS SMP MUHAMMADIYAH KARANGGENENG KABUPATEN LAMONGAN. Jurnal Tarbiyah & Ilmu Keguruan (JTIK) Borneo, I(2), 149–162. https://journal.iain-samarinda.ac.id/index.php/JTIKBorneo/article/view/2435

Tang, T., Abuhmaid, A. M., Olaimat, M., Oudat, D. M., Aldhaeebi, M., & Bamanger, E. (2020). The efficiency of a flipped classroom with online-based teaching under COVID-19. Interactive Learning Environments. https://doi.org/10.1080/10494820.2020.1817761

Wahyudi, U. M. W., & Arwansyah, Y. B. (2019). Developing Augmented Reality-based Learning Media to Improve Student Visual-Spatial Intelligence. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 7(2), 89–95. https://doi.org/10.15294/ijcets.v7i2.36039




DOI: https://doi.org/10.24853/instruksional.3.1.40-49

Data citation

Educational Technology

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Copyright of Jurnal Instruksional (e-ISSN:2685-5645).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Powered by Puskom-UMJ