PERAN GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI KELAS V SDN SUKAPURA 04 PAGI

Ledi Susiati, Widia Winata, Ansharullah Ansharullah

Abstract


ABSTRACT

The role of the teacher in the implementation of distance learning in class V SDN SUKAPURA 04 PAGI. This research is motivated by conditions that require the implementation of distance learning activities. This is due to the COVID-19 pandemic that occurred in Indonesia. This study uses a qualitative research with a descriptive approach. Sources of data used in this study are primary data and secondary data. Data collection techniques using interviews, observation and document analysis. The data analysis procedure in this research is to reduce the data, present the data, draw conclusions/verification. The technique of checking the validity of the data in this study was done by triangulation. Based on the results of the study, it shows that the teacher's role as an evaluator in the implementation of distance learning in class V SDN Sukapura 04 Pagi has been carried out well, this is evidenced by the implementation of planning evaluation of distance learning in class V SDN Sukapura 04 Pagi well by the teacher by carrying out the stages -stages: a) conducting a needs analysis, b) formulating evaluation objectives, c) compiling a grid, d) developing an evaluation instrument design, and e) conducting trials, analyzing and revising the instrument. In terms of the implementation of distance learning evaluation in class V SDN Sukapura 04 Pagi has been carried out well by the teacher which includes: a) selection of non-test and test methods, b) supervising the evaluation, c) creating a conducive evaluation atmosphere, d) establishing good cooperation with parents/guardians of students, e) overcoming obstacles in the implementation of the evaluation, and f) following up.

ABSTRAK

Peran guru dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di kelas V SDN SUKAPURA 04 PAGI. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi yang mewajibkan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar jarak jauh. Hal ini dikarenakan pandemic covid-19 yang terjadi di Indonesia. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan analisis dokumen. Prosedur analisis data dalam penelitian ini adalah dengan mereduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan/verifikasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru sebagai evaluator dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di kelas V SDN Sukapura 04 Pagi telah dilaksanakan dengan baik, hal ini dibuktikan dengan pelaksanaan perencanaan evaluasi pembelajaran jarak jauh di kelas V SDN Sukapura 04 Pagi dengan baik oleh guru dengan melakukan tahapan-tahapan: a) melakukan analisis kebutuhan, b) merumuskan tujuan evaluasi, c) menyusun kisi-kisi, d) mengembangkan rancangan instrumen evaluasi, dan e) melakukan uji coba, menganalisis dan merevisi instrumen. Dalam hal pelaksanaan evaluasi pembelajaran jarak jauh di kelas V SDN Sukapura 04 Pagi telah dilaksanakan dengan baik oleh guru yang meliputi: a) pemilihan metode non tes dan tes, b) mengawasi pelaksanaan evaluasi, c) menciptakan suasana evaluasi yang kondusif, d) ) menjalin kerjasama yang baik dengan orang tua/wali siswa, e) mengatasi hambatan dalam pelaksanaan evaluasi, dan f) menindaklanjuti.


Keywords


Peran Guru; Pembelajaran Jarak Jauh; Evaluator; Pandemi

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal, 2011. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Denizulaiha. 2018. Peran Guru Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran di Era Teknologi Digital. Prosiding Seminar Nasional, Universitas PGRI Palembang, 05 Mei 2018.

Kusnandar. 2010, Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: RajaGrafindo.

Gusmaneli. 2012. Dampak Teknologi Pendidikan Terhadap Peranan Guru di Masa Depan. Jurnal Al-Ta’lim, Jilid 1, No. 2, Juli 2012. h. 166-172.

Ramayulis. 2012. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Siyamta, MT. 2013, Teknologi Pendidikan Sebagai Bidang Garap Menurut AECT 1994, Malang: Universitas Negeri Malang.

Soleha dan Rada. 2011. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Suradika, A. (2000). Metode Penelitian Sosial. Jakarta: UMJ Press

Sutopo, H.B. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.24853/instruksional.4.1.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Powered by Puskom-UMJ