PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN INDIVIDUAL BAGI SISWA SLOW LEARNER DI SD LAB SCHOOL FIP UMJ
Main Article Content
Abstract
Article Details
References
Dwimarta, R. (2015a). Rancangan IEP ( Individualized Educational Program ) bagi Anak Berkebutuhan Khusus pada Pendidikan Inklusif. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, November, 230–236.
Dwimarta, R. (2015b). Rancangan IEP ( Individualized Educational Program ) bagi Anak Berkebutuhan Khusus pada Pendidikan Inklusif. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, November, 230–236.
Ekowati, D. (2015). Affective Bibliotheraphy Untuk Meningkatkan Self Esteem Pada Anak Slow Learner Di Sd Inklusi. Empathy, 3(1), 242104.
Farhana, F., Suryadi, A., & Wicaksono, D. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Digital Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di Smk Atlantis Plus Depok. Instruksional, 3(1), 1. https://doi.org/10.24853/instruksional.3.1.1-17
Farisia, H. (2017). Strategi Optimalisasi Kemampuan Belajar Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) melalui Program Pembelajaran Individual (PPI). SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 3(2), 1–17.
Frey, B. B. (2018). Individualized Education Program. The SAGE Encyclopedia of Educational Research, Measurement, and Evaluation, III(01), 41–49. https://doi.org/10.4135/9781506326139.n323
Ilham. (2020). PERKEMBANGAN EMOSI DAN SOSIAL PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR. eL-Muhbib Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar ISSN 2614-1051 Volume 4 Nomor 1. 4, 162–180.
Iskandar, H. (2018). Prosedur Operasi Standar Pendidikan Anak Usia Dini Inklusif Program Pembelajaran Individual. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 021, 1–17.
Mardiana, A., Muzakki, I., Sunaiyah, S., & Ifriqia, F. (2020). Implementasi Program Pembelajaran Individual Siswa Tunagrahita Kelas Inklusi. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(2), 177–192. https://doi.org/10.30762/sittah.v1i2.2491
Marheni, K. I. (2017). Art therapy bagi anak slow learner. Prosiding Temu Ilmiah Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 154–162.
Megaiswari, M., Nurhastuti, N., Zulmiyetri, Z., & Kasiyati, K. (2019). Guidelines For The Individual Education Plan In Special Schools and Inclusive Elementary Schools. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 19(2), 48. https://doi.org/10.24036/sb.0120
Mursalim, M., Jusmin, J., & Wulandari, N. (2020). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemampuan Bersosialisasi Pada Siswa Kelas IV DI SD INPRES 102 MALANU Kota Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i1.396
Nengsi, R., Malik, A., & A Natsir, A. F. (2021). Analisis Perilaku Peserta Didik Slow Learner (Studi Kasus Di MTsN Makassar). Education and Learning Journal, 2(1), 49. https://doi.org/10.33096/eljour.v2i1.93
Pura, D. N., & Asnawati, A. (2019). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kolase Media Serutan Pensil. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 131–140. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.131-140
Purwandari, G., Winata, W., & Suradika, A. (2021). Pemberdayaan pendidikan melalui kegiatan pojok membaca di Rawakalong. Prosiding Seminar Nasional …, 1–7.
Putra, P. (2019). Implementasi Sikap Disiplin Anak Di Lembaga Madrasah Ibtidaiyah (Mi) Dalam Membentuk Pengembangan Moral. Primary : Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 11(1), 35. https://doi.org/10.32678/primary.v11i01.1293
Putri, F. A. R., & Fakhruddiana, F. (2019). Self-efficacy guru kelas dalam membimbing siswa slow learner. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 14(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v14i1.25161
Rofiah, N. H., & Rofiana, I. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Peserta Didik Slow Learner (Studi Kasus Di Sekolah Dasar Inklusi Wirosaban Yogyakarta) Nurul Hidayati Rofiah. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran 2, 2(1), 94–107.
Rosyidin, D., Zulfitria, Z., & Wicaksono, D. (2020). Pengembangan Model Case Conference Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Instruksional, 1(2), 164. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.2.164-171
Rovik, R. (2017). Individualized Education Program (IEP) Mata Pelajaran Kimia untuk Siswa Slow Learner. Inklusi, 4(1), 93. https://doi.org/10.14421/ijds.040105
Sandy, L. P. A., Priyono, B., & Widyanti, N. (2016). Pengaruh pelatihan menggosok gigi dengan pendekatan Program Pembelajaran Individual (PPI) terhadap peningkatan status kebersihan gigi dan mulut pada anak disabilitas intelektual sedang. Majalah Kedokteran Gigi Indonesia, 2(2), 80. https://doi.org/10.22146/majkedgiind.10742
Sari, N. M., Yetti, E., & Hapidin, H. (2020). Pengembangan Media Permainan Mipon’s Daily untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 831. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.428
Sebrina, A. A., & Sukirman, D. (2019). Implementasi kurikulum pada sekolah penyelenggara pendidikan inklusif. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 11(2), 98–116. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v11i2.19748
Shabrina, M. N., Azizah, N., & Rifqi, M. Z. (2020). Pembelajaran Tahfidz sebagai Media Menumbuhkan Karakter Tanggung Jawab pada Anak Temper Tantrum. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1099. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.511
Suradika, A & Dirgantara, W. (2019). Metodologi Penelitian. Tangerang Selatan: UM Jakarta Press
Tangse, U. H. M., & Dimyati, D. (2021). Permainan Estafet untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 9–16. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1166
Ulfah, M. M., & Winata, W. (2021). Pengaruh Verbal Abuse Terhadap Kepercayaan Diri Siswa. Instruksional, 2(2), 48. https://doi.org/10.24853/instruksional.2.2.48-52
Widayanti, C., Rusmawati, D., & Siswati, S. (2012). Profil Inteligensi Pada Siswa Dengan Kesulitan Belajar Di Sd Negeri Gisikdrono Semarang Bidang Psikologi. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro, 11(1), 1–10.
Winata, I. K. (2021). Konsentrasi dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 13. https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.1062
Zakarneh, B., Al-Ramahi, N., & Mahmoud, M. (2020). Challenges of teaching English language classes of slow and fast learners in the United Arab Emirates universities. International Journal of Higher Education, 9(1), 256–269. https://doi.org/10.5430/ijhe.v9n1p256