PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA
Abstract
ABSTRACT
This study describes the influence of learning media and student learning styles on learning outcomes. This study uses the 2x2 factorial method. The results obtained from this study are in general that the learning outcomes of Indonesian taught using zoom learning media are higher than the Indonesian learning outcomes taught using WhatsApp learning media, Indonesian language learning outcomes for students who have a visual learning style who learn to use the media zoom learning is higher than the learning outcomes of students who have a visual learning style who learn to use whatsapp learning media, Indonesian language learning outcomes to students who have an auditory learning style who learn to use zoom's learning media are higher than the learning outcomes of students who have a visual learning style who learn using whatsapp learning media, Based on the analysis of research that has been done, it can be concluded that there is an interaction effect between learning media and students' learning styles on Indonesian language learning outcomes.
ABSTRAK
Penelitian ini menjelaskan tentang pengaruh media pembelajaran dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode factorial 2x2. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu secara umum bahwa hasil belajar Bahasa Indonesia yang dibelajarkan menggunakan media pembelajaran zoom lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar Bahasa Indonesia yang dibelajarkan menggunakan media pembelajaran whatsapp, Hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa yang memiliki gaya belajar visual yang belajar menggunakan media pembelajaran zoom lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang memiliki gaya belajar visual yang belajar menggunakan media pembelajaran whatsapp, Hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa yang memiliki gaya belajar auditori yang belajar menggunakan media pembelajaran zoom lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang memiliki gaya belajar visual yang belajar menggunakan media pembelajaran whatsapp, Berdasarkan analisis penelitian yang telah dilakukan daat disimpulkan terdapat pengaruh interaksi antara media pembelajaran dan gaya belajar yang dimiliki siswa terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Almu’tasim, A. (2016). Menyoal Profesionalisme Guru Profesional: Sebuah Telaah Kritis. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 57–78. https://doi.org/10.18860/jpai.v2i2.3972
Budiana, Sjafirah, & Bakti. (2015). PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN BAGI PARA GURU SMPN 2 KAWALI DESA CITEUREUP KABUPATEN CIAMIS. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat, 4(1), 59–62. https://doi.org/10.26858/pir.v2i2.10002
Budiyanti, R. T., Isyawati, R., Ganggi, P., & Herlambang, P. M. (2021). Penggunaan Grup WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran Daring selama Pandemi COVID-19. Smart Society Empowerment Journal, 1(2), 42–48.
DePorter, B., & Hernacki, M. (2013). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Kaifa Learning.
Faturohman, P., & Sutikno, M. S. (2013). Strategi Belajar Mengajar, Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami. Refika Adiatama.
Kuntarto, E., Sofwan, M., & Mulyani, N. (2021). Analisis Manfaat Penggunaan Aplikasi Zoom Dalam Pembelajaran Daring Bagi Guru Dan Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1), 49–62. https://doi.org/10.29407/jpdn.v7i1.15742
Monica, J., & Fitriawati, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Communio : Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(2), 1630–1640. https://doi.org/10.46306/ncabet.v1i1.32
Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Remaja Rosdakarya.
Nuriah, L., Mujtahid, I. M., & Wahyuningrum, E. (2022). Pengaruh E-Learning Zoom Cloud Meeting Terhadap Motivasi dan Gaya Belajar Visual Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Pekanbaru Riau. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 201. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.201-212.2022
Riyanto, Y. (2009). Paradigma Baru Pembelajaran. Kencana.
Samples, B. (2002). Revolusi Belajar untuk Anak: Panduan Belajar Sambil Bermain untuk Membuka Pikiran Anak-anak Anda. Kaifa.
Sardiman. (2011). Interaksi dan Motifasi Belajar. Rajawali Pers.
Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Rosda Karya.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suparman, M. A. (2014). Desain Instruksional Modern. Panduan Para Pengajar Dan Inovator Pendidikan (Keempat). Erlangga.
Winata, W., Suradika, A., Prapantja, Y., Hayun, M., & Aswir. (2021). COMPARATIVE ANALYSIS OF BLENDED LEARNING AND ONLINE LEARNING TRAINING FOR TEACHERS IN CENTRAL JAKARTA. Turkish Journal of Physiotherapy and Rehabilitation, 32(3).
DOI: https://doi.org/10.24853/instruksional.4.1.%25p
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.