PENGARUH APLIKASI PEMBELAJARAN ONLINE DAN KEBIASAAN BELAJAR DARI RUMAH TERHADAP HASIL BELAJAR

Kartini Kartini, Ansharullah Ansharullah, Dirgantara Wicaksono

Abstract


ABSTRACT

This study aims to determine the differences in the learning outcomes of students who learn to use Edmodo and students who learn to use Whatsapp. This research was conducted in class II SD Rawa Badak Utara 19. This study used a 2x2 factorial research design. The results of this study are as follows the significant differences between the average thematic learning outcomes of students who study with Edmodo learning media and the average thematic learning outcomes of students who study with WhatsApp learning media, for students with good study habits the thematic results are higher when studying with the Edmodo learning media learning strategy, students with poor study habits have higher thematic results when studying with WhatsApp learning media, there is an interaction effect between the use of learning media and study habits on the value of thematic learning outcomes.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang belajar menggunakan Edmodo dan siswa yang belajar menggunakan Whatsapp dan dilihat dari perbedaan kebiasaan belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas II SD Rawa Badak Utara 19. Penelitian ini menggunakan desain penelitian faktorial 2x2. Hasil penelitian ini yaitu sebagai berikut terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata Nilai hasil belajar tematik siswa yang belajar dengan media pembelajaran edmodo dan rata-rata nilai hasil belajar tematik yang belajar dengan media pembelajaran whatsapp, untuk siswa dengan kebiasaan belajar baik hasil belajar tematik lebih tinggi bila belajar dengan strategi pembelajaran media pembelajaran Edmodo, Siswa dengan kebiasaan belajar buruk hasil belajar tematik lebih tinggi bila belajar dengan media pembelajaran whatsapp, terdapat pengaruh interaksi antara penggunaan media pembelajaran dan kebiasaan belajar terhadap nilai hasil belajar tematik


Keywords


learning media, study habits, study results

Full Text:

PDF

References


ahmadi, A., & Widodo, S. (2004). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.

Ally, M. (2007). Theory And Practice Of Online Learning. Athabasca University.

Arifin, Muhammad Ekayati, R. (2019). E-Learning Berbasis Edmodo. Cv. Budi Utama.

Aunurrahman. (2010). Belajar Dan Pembelajaran. Alfabeta.

Echols, J. M., & Hassan, S. (2012). Kamus Inggris Indonesia. Gramedia Pustaka Utama.

Fadloli, & Ersanghono. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Edmodo Untuk Pembelajaran Kimia Yang Efektif. Journal Of Chemistry In Education, 6(2).

Fahyuni, Fariyatul, E., & Istikomah, I. (2016). Psikologi Belajar & Mengajar (Kunci Sukses Guru Dalam Interaksi Edukatif. Nizamia Learning Center.

Hadisubroto, T. (2000). Pembelajaran Terpadu. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Hidayah, N. (2015). Pembelajaran Tematik Integratif Di Sekolah Dasar. Terampil Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(1), 33–49.

Kadir, A. (2014). Pembelajaran Tematik. Raja Grafindo Persada.

Kartono, K. (2001). Psikologi Umum. Remaja Rosdakarya.

Kitao, K. (2015). Animasi Pelajaran: Membantu Peserta Didik Membangun Hubungan Antara Kata Dan Gambar Dalam Media Pembelajaran. Idea Group Publishing.

Kuntarto, E., Sofwan, M., & Mulyani, N. (2021). Analisis Manfaat Penggunaan Aplikasi Zoom Dalam Pembelajaran Daring Bagi Guru Dan Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1), 49–62. Https://Doi.Org/10.29407/Jpdn.V7i1.15742

Kurniawan. (2021). Proses Pembelajaran Sejarah Menggunakan Whatsapp Pada Masa Pandemi Di Sman 6 Padang. Universitas Negeri Padang.

Mufid, M. (2012). Etika Dan Filsafat Komunikasi. Kencana.

Muhibbin, S. (2000). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Remaja Rosdakarya.

Nabilla, R., & Kartika, T. (2020). Whatsapp Grup Sebagai Media Komunikasi Kuliah Online. Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 193–202. Https://Doi.Org/10.30596/Interaksi.V4i2.4595

Nasution. (1992). Didaktik Asas-Asas Mengajar. Bumi Aksara.

Purwanto, N. (2007). Psikologi Pendidikan Remaja. Remaja Rosdakarya.

Putri, S. R., Wahyuni, S., & Suharso, P. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Edmodo Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pemasaran Di Smk Negeri 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(1), 117–125.

Riyana, C. (2018). Learning Object Material.

Rokhmah, R. N. (2014). Pengaruh Cara Belajar Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Kelas Iv Sd Se-Gugus Imam Bonjol Kecamatan Purbalingg. Didaktika: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 10(1).

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Pers.

Rusmono. (2014). Strategi Pembelajaran Dengan Problem Based Learning Itu Perlu. Ghalia Indonesia.

Slameto. (2010). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2012). Penilaian Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Suharti, Nur, F., & Khusnah, N. (2021). Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Online. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1893–1901.

Sukardi. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi Dan Praktiknya. Bumi Aksara.

Suranto. (2010). Komunikasi Sosial Budaya. Graha Ilmu.

Suyono, & Hariyanto. (2011). Belajar Dan Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. Https://Doi.Org/10.21107/Metalingua.V5i1.7072

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016, 1, 263–278.




DOI: https://doi.org/10.24853/instruksional.4.1.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Powered by Puskom-UMJ