PENGEMBANGAN MODEL PENDAMPINGAN APLIKASI RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN SEKOLAH 4 (ARKAS 4) DI SATUAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI KOTA DEPOK
Main Article Content
Abstract
Pendidikan adalah salah satu modal untuk kehidupan yang lebih baik lagi. Setiap manusia yang terlahir ke dunia wajib mendapatkan Pendidikan yang layak. Pemerintah sendiri telah menganggarkan APBN untuk pendidikan sebesar 20% dari total APBN setiap tahunnya. Dana 20% itu bukanlah anggaran yang kecil, namun jika kita lihat masih banyak belum terjadi pemeretaan Pendidikan di Indonesia. Saat ini pemerintah pusat juga sudah banyak sekali mengenalkan kepada pendidik berbagai macam aplikasi yang bisa di gunakan seperti Aplikasi Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (ARKAS). Dengan aplikasi tersebut memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap akuntabilitas laporan keuangan, walaupun memberikan pengaruh positif terhadap akuntabilitas laporan keuangan, namun untuk mutu pendidikan ada kesenjangan antara standar yang ditetapkan pemerintahdalam Juknis BOS. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ini dikembangkan oleh Dick and Carry. ADDIE merupakan singkatan dari Analysis, Design, Development or Production, Implementation or Delivery and Evaluations. Hasil dari penelitian ini bahwa model pendampingan ARKAS 4 pada PAUD sangat efektif, karena Bendahara, Operator dan Kepala Sekolah sangat terbantu dalam penyelesaian BOSP melalui ARKAS. Pendampingan yang diberikan mudah difahami dan dimengerti, kemudian bendahara, operator dan kepala sekolah tidak lagi merasa kesulitan dalam mengolag anggaran dan pelaporan BOSP PAUD. Kepala sekolah, bendahara dan operator dapat dengan mudah menggunakan ARKAS 4 disetiap transaksi yang dilakukan, pembelanjaan yang dilakukan secara berkala mempermudah sekolah dalam mengatur keuangan.
Kata kunci: Model Pendampingan, Aplikasi, ARKAS, PAUD, Depok
Kata kunci: Model Pendampingan, Aplikasi, ARKAS, PAUD, Depok
Article Details
Section
Articles

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.