PENERAPAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BELAJAR SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSI
Main Article Content
Abstract
Pendidikan inklusi merupakan sistem pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus yang diintegrasikan masuk ke dalam kelas reguler untuk belajar bersama anak-anak normal lainnya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan kurikulum berbasis kompetensi dalam mendukung keterampilan belajar siswa berkebutuhan khusus di sekolah penyelenggara inklusi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara semi terstruktur, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan asesmen cukup maksimal, penyaringan atau screening belum dilakukan secara berkala. Ada beberapa program khusus yang dilakukan sekolah, dengan menjalankan program tambahan pelajaran atau les. Keterampilan-keterampilan lainnya di luar bidang akademik diberikan oleh guru kepada semua siswa. Hal yang dilakukan sekolah yaitu memodifikasi kurikulum melalui penyederhanaan indikator atau penurunan KKM bagi siswa berkebutuhan khusus serta pemberian bintang bagi siswa yang berprestasi.
Kata kunci: inklusi, sekolah, kompetensi, kurikulum, asesmen
Kata kunci: inklusi, sekolah, kompetensi, kurikulum, asesmen
Article Details
Section
Articles

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.