PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN, EFIKASI DIRI DAN KEMATANGAN KARIR TERHADAP KINERJA KEPALA SEKOLAH TAMAN KANAK-KANAK DI JAKARTA PUSAT
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh pendidikan dan pelatihan, efikasi diri, dan kematangan karir terhadap kinerja kepala sekolah Taman Kanak-Kanak di Jakarta Pusat. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan metode survey. Sampel penelitian ini terdiri atas 65 orang guru secara acak. Teknik pengambilan data menggunakan instumen pada kuisioner dan dianalisis dengan menggunakan analisis jalur. Berdasarkan hasil analisis data, penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, pendidikan dan pelatihan, efikasi diri, dan kematangan karir secara langsung berpengaruh positif terhadap kinerja. Kedua, pendidikan dan pelatihan dan efikasi diri secara langsung berpengaruh positif terhadap kematangan karir. Ketiga, pendidikan dan pelatihan secara langsung berpengaruh positif terhadap efikasi diri. Kinerja adalah seperangkat perilaku yang ditunjukkan oleh seseorang dalam melaksanakan tugasnya baik di dalam maupun di luar lingkungan pekerjaannya selama jangka waktu tertentu yang memberikan kontribusi positif. Definisi kinerja terdiri dari tiga dimensi yaitu task performance (perilaku bertanggung jawab terhadap tugasnya) dan citizenship behavior (perilaku loyal) maupun counterproductive behavior (perilaku kontraproduktif) bagi organisasi. Karena itu, untuk meningkatkan kinerja adalah penting dengan meningkatkan pendidikan dan pelatihan yang berkualitas, keyakinan diri dan kematangan karir. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kinerja kepala sekolah Taman Kanak-Kanak di Jakarta Pusat dapat ditingkatkan melalui peningkatan pendidikan dan pelatihan, efikasi diri, dan kematangan karir. Implikasi dan keterbatasan dalam penelitian ini terbuka untuk menerima masukan untuk penelitan selanjutnya..
Kata kunci: pendidikan dan pelatihan, efikasi diri, kematangan karir dan kinerja
Kata kunci: pendidikan dan pelatihan, efikasi diri, kematangan karir dan kinerja
Article Details
Section
Articles

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.