KOMBINASI KURIKULUM DIGITAL MADRASAH DINIYAH DAN MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH DEBONG WETAN KABUPATEN TEGAL
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kurikulum pembelajaran, implementasi, dan implikasi dari kombinasi kurikulum digital di Madrasah Diniyah dan Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Debong Wetan, Kabupaten Tegal. Fokus utama penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bagaimana kurikulum pembelajaran yang diterapkan di kedua madrasah, bagaimana implementasi kombinasi kurikulum digital, serta implikasinya terhadap proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua madrasah telah mengintegrasikan teknologi digital dalam kurikulum mereka, untuk meningkatkan keterampilan abad 21 seperti literasi digital dan kreativitas siswa. Implementasi kurikulum digital ini, meskipun memiliki potensi besar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, masih menghadapi beberapa tantangan, terutama terkait dengan infrastruktur dan kesiapan pengajaran guru. Implikasi dari penggunaan kurikulum digital ini adalah peningkatan efektivitas pembelajaran yang lebih menarik dan relevan dengan kebutuhan zaman. Namun, untuk mengoptimalkan hasil, diperlukan dukungan lebih lanjut dari pihak manajemen sekolah dan orang tua. Penelitian ini memberikan wawasan tentang pentingnya integrasi teknologi dalam pendidikan agama, serta tantangan yang perlu dihadapi untuk mencapai tujuan pembelajaran yang lebih maksimal.
Kata kunci: kurikulum digital, Madrasah Diniyah, Madrasah Ibtidaiyah, implementasi, pendidikan berbasis agama
Kata kunci: kurikulum digital, Madrasah Diniyah, Madrasah Ibtidaiyah, implementasi, pendidikan berbasis agama
Article Details
Section
Articles

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.