STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN GAYA BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)

Iin Mirna Fathima, R. Andi Ahmad Gunadi, Dirgantara Wicaksono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris dan meneliti pengaruh strategi pembelajaran berbasis masalah dan gaya berpikir terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran dan gaya berpikir terhadap hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SDS Budi Mulia Dua Bintaro. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan manggunakan angket dan dokumentasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas IV yang berjumlah 50 anak. Instrumen sebanyak 20 pernyataan untuk strategi pembelajaran dan 10 soal untuk gaya berpikir anak. Analisis data menggunakan uji korelasi koefisien yang terdapat adanya pengaruh strategi pembelajaran berbasis masalah dengan gaya berpikir siswa terhadap hasil belajar IPS. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat kepada pihak-pihak terkait yang dapat memanfaatkan seperti kepala sekolah, guru, siswa, dan peneliti selanjutnya.


Full Text:

PDF

References


Aisyah, Siti. 2012. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Berpikir Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Http://jurnal. unimed.ac.id/ 2012/index. php/ jtp/ article/ view/ 3320/ 2987 (diakses 25 Januari 2019)

Anastasia, Anne. Psychological Testing 7th edition. terjemahan Susana. 1997. Jakarta : PT indeks.

Anderson, L.W. & Krathwohl, D.R. Kerangka Landasan Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen: Revisi Taksonomi Bloom. 2015. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, Suharsimi. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). 2009. Jakarta: Bumi Aksara.

Arends, Ricards. Learning To Teach, Ninth Edition. 2012. New York: Mcgraw-Hill Companies.

Banks & Ambrose. Teaching Strategies for the Social Studies. 1990. New York: Longman.

Bloom, Benjamin S., et al. Taxonomy of Education Objectives, Handbook I: Cognitive Domain. 1979. London : Longman Group LTD.

Briggs, Leslie J. Instructional Design:Principles and Application. 1979. New Jersey:Prentice Hall,Inc.

Cohen, Ronald Jay., Swerdlik, Mark E. Psychological Testing and Assessment An Introduction to Test and Measurement (9 Edition). 2018. New York :McGraw-Hill Education.

Creswell, J. W. Research Design : Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. 2009. Los Angeles: Sage.

Djaali., Mujiono, dan Pudji. Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. 2008. Jakarta: Grasindo.

Delisle, Robert. How to Use Problem-Based Learning in the Classroom. 1997. Virginia:ASCD.

Dick, Walter. The Systematic Design of Instruction. 2015. USA:Pearson Educational Inc.

Eggen, P. & Kauchak, D. Strategi dan Model Pembelajaran Mengejar Konten dan Keterampilan Berfikir. 2012. Jakarta: Indeks.

Elliott, Stephen E., et. Al. Educational Psychology : Effective Teaching, Effective Learning 3th Edition. 2000. New York:Mc Graw Hill Companies, Inc.

Fathurrohman, Muhammad. Model-model Pembelajaran Inovatif. 2015. Yogjakarta :Ar Ruzz Media.

Gagne, Robert M. The Conditions Of Learning (3th edition). 1977. New York :Rinehart and Winston.

Gagne, Robert M. 2005. Principles of Instructional Design United State of America: Wadsworth Thomson Learning.

Gay, L.R. and Mills. Airasian. Educational Research: Competencies for Analysis and Application, Tenth Edition. 2012. New Jersey:Pearson Education Inc.

Gunadi, R. Andi Ahmad. 2014. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Ilmu Pendidikan. Jurnal Ilmiah Widya. Volume 2 No.3.

Guilford, Joy Paul. Structur of Intellect Model,http://instructionaldesign.org/theories/intelect.htnl. (diakses 25 Januari 2019)

Iskander, Magued. Innovative Techniques in Instruction Technology, E learning, E assessment and Education. 2008. Newyork : Springer.

Kadir. Statistika Terapan: Konsep, Contoh, dan Analisis Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam Penelitian. 2015. Jakarta : Rajawali Pers.

Kafadar, Hatice. Cognitive Model of Problem Solving. 2014. Turkey : Department of Psychology Division of Experimental Psycology.

Kincaid, Harold. Philosophical Foundations of the Social Sciences: Analyzing Controversies in Social Research. 1996. England : Cambridge University Press.

Kuswana, Wowo S. Taksonomi Berpikir 2011. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Kolb, David.A. Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development. 2014. New Jersey: Pearson.

Lubis, Asri.Instrumen Penelitian Pendidikan.http://www.digilib.unimed.ac.id/203/ (diakses 7 November 2018).

Mausner, Bernard. A Citizen’s Guide to the Social Science. 1979. Chicago:Nelson-Hall.

Purwanto, M. Ngalim. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. 2002. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya.

Purwowidodo, Agus. 2016. Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Gaya Berpikir Terhadap Pemahaman Dan Penerapan Konsep IPS Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Ilmu pendidikan, Jilid 22 No.2.

Richey, Rita C., Klein, James D., Tracey, Monica W. The Instructional Design Knowledge Base:Theory, Reaserch, and Practice. 2011. New York:Routledge.

Sappaile, Baso Intang. Validitas dan Reliabilitas Tes yang Memuat Butir Dikotomi dan Politomi. http://www.eprints.unm.ac.id/7677/1/ARTIKEL%20TESIS.docx.(diakses 7 November 2018)

Sanjaya, Wina. Penelitian Pendidikan Jenis, Metode dan Prosedur. 2013. Jakarta:Kencana Prenada Media Group.

Santrock, John W. Educational Psycology (3th Edition), terjemahan Angelica D. 2009. Jakarta : Salemba Humanika.

Saracho, Olivia N. Teachers and Students Style in Erarly Childhood Education.1997. Westport: Bergin & Garvey.

Slavin. Robert E. Educational Psychology, Theory and Practice (9th edition) Terjemahan Samosir M. 2011. Jakarta: PT. Indeks.

Smaldino, Sharon E. Instructional Media and Technologies for Learning (7th Edition). 2001. Merris Prentice Hall: Ohio.

Seng Tan, Oon. Problem-based Learning Innovation: Using problems to power learning in the 21st century. 2009. Singapore: Cengage Learning Asia Pte Ltd.

Sudiyono, A. Pengantar Evaluasi Pendidikan. 1996. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. 2006. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitati, Kualitatif, dan R&D).2011. Bandung: Alfabet.

Somantri, Nu’man. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. 2001. PT. Remadja Rosda Karya.

Spector, Michael J. Foundation of Educational Technology: Integrative Approaches and Interdisciplinary Perspective. 2012. New York: Routledge.

Solso,Rober L. M. McLin, Kimberly., and McLin,,Otto H. Cognitive Psychology (7th edition). 2005. New York: Pearson Educatin Inc.

Weisberg, Robert W. Creativity:Understanding Innovation in Problem Solving, Science. Invention and The Art. 2006. New Jersey:John Wiley & Sons.

Wicaksono, Dirgantara. Buku Panduan Guru Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah. 2015. Jakarta. Edukasi Gemilang.

Woolfolk, Anita. Educational Psychology. 2016. England:Pearson Education Inc.




DOI: https://doi.org/10.24853/instruksional.1.1.76-86

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ