PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR

Mayasari Mayasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh serta interaksi antara strategi pembelajaran dan keterampilan berpikir kritis terhadap hasil belajar IPA, dengan materi gangguan pada organ peredaran darah manusia. Penelitian dilakukan di SDI Amalina Pondok Aren pada tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif quasi experimental. Sampel terdiri dari 58 siswa kelas V dengan menggunakan cluster random sampling. Kelas eksperimen mendapat perlakuan strategi pembelajaran  Contextual Teaching and Learning (CTL) dan kelas kontrol Problem based Learning (PBL). Data yang diperoleh berupa data hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis, dengan instrumen berupa tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Analisis Varians (ANAVA) dua jalur dengan design factorial by level 2 x 2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar siswa yang diberikan strategi pembelajaran CTL lebih tinggi dari siswa yang diberikan strategi pembelajaran PBL, dengan Fhitung = 37,775 > Ftabel = 4,20  (2) terdapat pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis, dengan Fhitung = 114,744 > Ftabel = 4,20  (3) hasil belajar IPA siswa yang diberikan strategi pembelajaran CTL dan memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi lebih tinggi dari siswa yang diberikan strategi pembelajaran PBL  dan memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi, dengan nilai p-value (sig: 0,000 < 0,05)  (4) hasil belajar  IPA siswa yang diberikan strategi pembelajaran CTL dan memiliki kemampuan berpikir kritis rendah lebih rendah dari siswa yang diberikan strategi pembelajaran PBL dan memiliki kemampuan berpikir kritis rendah, dengan nilai p-value (sig: 0,016< 0,05)


Full Text:

PDF

References


Al Tabany. 2015. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Arends, Richard. 2012. Learning to Teach (Ninth edition). New York: McGraw Hill.

Creswell, John. 2015. Riset Pendidikan (Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif dan Kuantitatif). Terjemahan oleh: Helly Prajitno dan Sri Mulyantini. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daryanto. 2017. Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media.

Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika.

Filsaime, Dennis K. 2008. Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Editor: Sunarni ME. Jakarta: Presentasi Pustaka.

Johnson, Elaine B. 2014. CTL Contextual Teaching and Learning. Terjemahan oleh: Prof. A. Chaedar Alwasilah. Bandung: Kaifa.

Mulyasa. 2009. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Yang Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Oguz-Unver A, Arabacioglu S (2014). A comparison of inquiry-based learning (IBL), problem-based learning (PBL) and project-based learning (PJBL) in science education. Acad. J. Educ. Res. 2(7): 120-128. (https://www.researchgate.net/publication/278678160_A_comparison_of_inquiry-based_learning_IBL_problem-based_learning_PBL_and_project-based_learning_PJBL_in_science_education, diakses pada 7 Agustus 2018)

Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran. Bandung: Rajawali Pers.

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Stobaugh, R. 2013. Assesing Critical Thinking in Middle and High Schools: Meeting the Common Core. New York: Routledge.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.24853/instruksional.1.1.87-97

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ