PENGGUNAAN MULTIMEDIA DAN ANIMASI INTERAKTIF TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA

Andriyani Andriyani, Happy Indira Dewi, Zulfitria Zulfitria

Abstract


The purpose of this study was to determine the effect of the use of multimedia and interactive animation on early reading skills in early childhood. This research was conducted at TK Lab School FIP UMJ and Kindergarten Ketilang which involved 60 students in TK B group. The research method was using experimental research design statistics with 2x2 treatment with level design. The results of the multiple regression statistical analysis prove that multimedia and interactive animation have positive and significant effects. This can be proven from the results of the multiple regression statistical analysis it is known that Multimedia has a positive and significant effect on Early Reading Skills, meaning that multimedia and animation together (simultaneously) affect early reading skills.


Full Text:

PDF

References


Aisyah, Nyimas, dkk. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. 2007. Jakarta: Dirjen Dikti Departemen Guruan Nasional.

Al-Qur’an, Mushaf. Al-Qur’an dan Terjemahan. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Akhadiah, Sabarti., dkk. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. 2004. Jakarta: Erlangga.

Andaru Mahardika, dan Henny Destiana. Animasi Interaktif Pembelajaran Pengenalan Hewan Dan Alat Transportasi Untuk Siswa Taman Kanak-Kanak. 2014. Jurnal Pilar Nusa Mandiri Vol.X No.1, Maret 2014.

Ansharullah. Guruan Islam Berbasis Kecerdasan Jamak: Multiple Intelligences. 2013. Jakarta: STEP.

Aqib, Zainal. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). 2013. Bandung: Yrama Widya.

Arifah, Hanif Nurul. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Disleksia Kelas III SDN Bangunrejo II Yogyakarta. Jurnal Prodi Teknologi Guruan Vol. VI Nomor 6 Tahun 2017.

Arikunto, Suharsimi, Dasar-dasar Evaluasi Guruan, 2013. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian, 2013. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. 2013. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Azwar, Saifuddin, Metode Penelitian, 2005. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Budiningsih, Asri. Belajar dan Pembelajaran. 2005. Jakarta: Rineka Cipta.

Budiyono. Statistika Dasar untuk Penelitian. 2004. Surakarta: FKIP UNS Press

Chalidah, Siti, Ellah. Terapi Permainan Bagi Anak yang Memerlukan Layanan Guruan Khusus. 2005. Jakarta: Departemen Guruan Nasional.

Daryanto. Media Pembelajaran. 2011. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Depdiknas. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat. 2008. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Dimyati. Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. 2013. Jakarta: Rineka Cipta.

Fauziah, Atifah. Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Tunagrahita. Jurnal Ortopedagogia Volume 3 Nomor 1 Juli 2017.

Furth, Borko. Multimedia Tools and Applications. 1996. London: Kluwer Academic Publisher.

Hafiz, Ahmad Aziz. Kenapa Komik Digital; Indonesia ICT Award 2009. (https://www.academia.edu/1721061/Kenapa_Komik_Digital diakses pada tanggal 29 Desember 2018).

Hanafiah, Nanang dan Cucu, Suhana. Konsep Strategi Pembelajaran. 2010. Bandung: Refika Aditama.

Ibrahim, Muslimin. Pembelajaran Kooperatif, 2001. Surabaya: UNESA Press.

Indriana, Dina. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. 2011. Jogjakarta: Diva Perss.

Isjoni, Cooperative Learning. 2007. Bandung: CV. Alfabeta.

Island, Script. Panduan Mudah Membuat Animasi. 2008. Jakarta: Media Kita.

Jamaris, Martini. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak. 2006. Jakarta: Gramedia.

Jerrold E. Kemp, dkk, Planning and Producing Instructional Media. 1985. New York: Harper and Row Publishers.

Khansa Alfreda Salsabila dan Wagino. Video Multimedia Interaktif Terhadap Keterampilan Berbicara Anak Tunarungu TKLB-B. Jurnal Guruan Khusus, 2018.

Lie, Anita, Cooperative Learning (Mempraktekan Cooperative Learning Di Ruang-Ruang Kelas). 2002. Jakarta: Grasindo.

M. Ramli. Media Pembelajaran Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Al-Hadits. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan Volume 13 No.23 April 2015.

MadComs, Aplikasi Animasi Digital. 2006. Jakarta: Andi.

Miarso, Yusufhadi. Menyemai Benih Teknologi Guruan. 2004. Jakarta: Prenada Media.

Mohan, Kisari Ganguli, Mahabharata, Buku 5: Udyoga Parwa: Bhagawata Yana Parwa: bagian CXXXI. 2006.

Morgan, G. & Shade, D. 1994. Moving early chilhood education into the 21 st century. In. J.L. Wright, & D.D. Shade (Eds.), Young children : Active learners in a technological age. Washinton, D.C.: National Association for the Education of Young Children.

Mudlofir, Ali dan Rusydiyah, Evi Fatimatur. Desain Pembelajaran Inovatif dari Teori ke Praktik. 2016. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Munadi, Yudhi. Media Pembelajaran. Sebuah Pendekatan Baru. 2008.Jakarta: Gaung Persada Press.

Naga, Dali, S. Pengantar Teori Sekor Pada Pengukuran Guruan, 1992. Jakarta: Gunadarma.

Novan, Ardy, Wiyani. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. 2014. Yogyakarta:Gava Media.

Patrisius P, Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Membaca Text Report Siswa SMP. 2016. Tesis. Pascasarjana Teknologi Guruan, FKIP Universitas Tanjungpura, Pontianak.

Peraturan Menteri Guruan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang standar Nasional Guruan Anak Usia Dini.

Peraturan Pemerintah (PP) No 17/2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Guruan.

Permendiknas No. 58 tahun 2009 tentang Standar Guruan Anak Usia Dini.

Pertiwi, Adharina, Dian. Study Deskriptif Proses Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Guruan Anak, Volume 5, Edisi 1, Juni 2016.

Plomp, Tjeerd dan Donald P. Ely, 1996. International Encyclopedia of Educational Technology. Great Britain: Cambridge UniversityPress.

Pramono, Gatot. Aplikasi Component Display Theory dalam multimedia dan web pembelajaran. 2006. Departemen Guruan Nasional Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Guruan.

Prihatin, Eka. Guru Sebagai Fasilitator. 2008. Bandung: Karsa Mandiri Persada.

Ramelan, Purwanti, Mendeteksi Menggali, Melatih, Serta Melejitkan Kecerdasan Buah Hati, Merangsang IQ Anak 4-9 tahun Dosis Tinggi, 2010. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Ramli. Pendampingan Perkembangan Anak Usia Dini. 2005. Jakarta: Depdiknas.

Ramli. M. Media Pembelajaran Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Al-Hadits. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan Volume 13 No.23 April 2015.

Reigeluth, C. Elaborating the elaboration theory. 1992. Educational Tchnology Research and Development 40:3.

Rianto, Yatim. Paradigma Baru Pembelajaran, 2009. Jakarta: Prenada Media.

Roblyer, M.D., dan Doering, A.H. Integrating Educational Technology Into Teaching. Boston: Pearson Educational, inc.

Salsabila, Alfreda, Khansa. Video Multimedia Interaktif Terhadap Keterampilan Berbicara Anak Tunarungu TKLB-B. Universitas Negeri Surabaya Fakultas Ilmu Pendidikan Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Jurnal. 2018.

Sidiq, Zulkifli. Penggunaan Multimedia Interaktif Cerdas Belajar Baca dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal JASSIAnakku Volume 11: Nomor 1 Tahun 2012

Sulistiyawati, Eka, Elizabeth. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Video Compact Disc Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat Volume 3 – Nomor 1, Maret 2016.




DOI: https://doi.org/10.24853/instruksional.1.2.172-180

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ