PENGEMBANGAN MODEL PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI GURU SD BERBASIS APLIKASI EDMODO

Erfi Fitri Susari, Ahmad Suryadi Nomi, Dirgantara Wicaksono

Abstract


This study aims to measure the benefits of edmodo application, in the Islamic Elementary School of Cikal Harapan I BSD. Teachers are given alternative edmodo applications to be used in the development of training models, as an answer to the problem of how to improve development models in the midst of their busy activities. By using the edmodo application, teachers in the Islamic Elementary School of Cikal Harapan I BSD can improve pedegogical competence through the edmodo application-based training they use. Although everyday teachers are accompanied by modern communication tools such as smartphones, computers and laptops, it is not easy to use new methods. Patience and perseverance are needed to introduce this model development model, especially the introduction of each edmodo application feature, active interaction when given training material as well as their seriousness to improve skills in using the edmodo application. In addition to practicing the use of edmodo applications in 42 teachers, they also gave questionnaires. Data in the field is inputted with the SPSS program which provides an overview of the level of teacher acceptance of the use of the edmodo application. Of the 42 teachers who were the subjects of the study, there were 50 percent who could ultimately benefit from using the Edmodo application. The rest is split in constraints due to time constraints, incompatible devices and difficulty understanding edmodo's application features.


Keywords


Peningkatan; Kompetensi Pedagogik; Guru dan Aplikasi Edmodo

Full Text:

PDF

References


Abidin, Muhammad Zainal. 2009. Prinsip-prinsip Pembelajaran berbasis Kompetensi.. Jakarta: Rosyda Karya.

Alfahrisy, Salim. 2012. Pengertian Definisi Analisis, http://mediainformasill.blogspot.com/2012/04/pengertian-definisi analisis.html, diakses pada 5 Juli 2013.

Borg, W, & Gall, M.1989. “Educational Research”, New York & London: Logman, (Fifth edition).

Chris. 2009. Pengertian TIK. http://qkeyris.blogspot.com/2009/01/, diakses pada 3 Januari 2012.

Ghozali, Imam. 2005. Analisis Data untuk Riset Managemen dan Bisnis, Semarang: Universitas Dipenogoro.

http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_Informasi_Komunikasi, diakses pada 3 Januari 2019.

http://meetabied.wordpress.com22, diakses pada 3 Januari 2019.

https://www.academia.edu/34866033/Tahap_Evaluasi_dalam_Model_Pengembangan_ADDIE_Nila_Rukmi_Kusuma_N._150121603607_S1_Teknologi_Pendidikan, diakses pada 4 Januari 2019.

https:/ww.taufiq.net/2019/model-penelitian-pengembangan-borg-and.html/m=1, diakses pada 27 Maret 2019.

Hugraheni, Endang. 2009. “Peran dan Kompetensi Guru dalam e-Learning,” Tangerang Selatan: FMPA Universitas Terbuka.

Kemendikbud. 2017. https://kkbi.web.id/evaluasi, diakses pada 18 Maret 2020.

Mawan & maya. 2011. Pemanfaatan Pusat Sumber Belajar. http://mayamawan.wordpress.com/tag/apa-saja/, diakses pada 1 Juli 2013).

Mujie, 2010. Pengertian Kompetensi dan Kompetensi Guru. wordpress.com/2010/01/11/, diakses pada 3 Januari 2012.

Mulyatiningsih E. 2016. Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Mizan.

P. Robbins, Stephen & Judge, A. Timothy. 2014. Prilaku Organisasi, Jakarta: Salemba Empat

Rahmi, Sofiyatu. 2005. Penerapan Edmodo untuk Meningkatkan Sikap Kemandirian Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKn di SMKN 1 Bawen,”. skripsi. Jember: Universitas Jember

Rice, William. 2006. Moodle, E‐Learning Course Development: A Complete Guide to. New York: Logman.

Riyanto, Bambang. 2001. Perancangan Aplikasi M-Learning Berbasis Java. Bandung: STEI-ITB.

Rosyasa, Dede, ”Kompetensi Pedagogik Guru,” UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, www.uinjkt.org, diakses 5 pada Desember 2019.

Rounnisa Aminy, Siti Huzaifah, dan Didi Jaya Santri. 2017. “Pengembangan Materi Pemebelajaran Siste Koordinasi Manusia Memanfaatkan Fitur Edmodo untuk Sekolah Menengah Atas, Jurnal Pembelajaran Biologi. Volume 4, Nomor 1.

Soekartawi. 2002. e-learning: Konsep dan Aplikasinya. Bahan-Ceramah/Makalah disampaikan pada Seminar yang diselenggarakan oleh Balitbang Depdiknas. Jakarta, 18 Desember 2002.

Suliningsih. 2018. Pengembangan Media E-Learning Menggunakan Edmodo untuk Meningkatkan efektivitas Pembelejaran Sejarah Kelas X SMA,” skripsi. Jember: Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Jember:Universitas Jember.

Suradika, Agus dan Wicaksono, Dirgantara. 2019. Metodologi Penelitian. Jakarta: UM Jakarta Press.

Tiagarajan dkk. 1974. Instructional Developement for Training Teachers

of Expectional Children, Minneaplig, Minnasota: Leadership Tranining Institute Special Education. University of Minnesote.

Triono, Lovi. 2007. Urgensi Penggunaan dan Pengembangan Teknologi Informasi Dalam Pendidikan (e-learning). Jakarta: Gramedia.

Ulu, Samsul. 2010, Teknologi Informasi dan komunikasi dalam Pendidikan.wordpress.com/2010/06/09/, diakses pada 3 Januari 2019.

Wahono, Romi Satria. 2009, Pengantar E-learning dan Pengembangannya. www.ilmukomputer.org, diakses pada 3 Januari 2012.




DOI: https://doi.org/10.24853/instruksional.2.1.17-26

Data citation

Abidin, Muhammad Zainal. 2009. Prinsip-prinsip Pembelajaran berbasis Kompetensi.. Jakarta: Rosyda Karya. Alfahrisy, Salim. 2012. Pengertian Definisi Analisis, http://mediainformasill.blogspot.com/2012/04/pengertian-definisi analisis.html, diakses pada 5 Juli 2013. Borg, W, & Gall, M.1989. “Educational Research”, New York & London: Logman, (Fifth edition). Chris. 2009. Pengertian TIK. http://qkeyris.blogspot.com/2009/01/, diakses pada 3 Januari 2012. Ghozali, Imam. 2005. Analisis Data untuk Riset Managemen dan Bisnis, Semarang: Universitas Dipenogoro. http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_Informasi_Komunikasi, diakses pada 3 Januari 2019. http://meetabied.wordpress.com22, diakses pada 3 Januari 2019. https://www.academia.edu/34866033/Tahap_Evaluasi_dalam_Model_Pengembangan_ADDIE_Nila_Rukmi_Kusuma_N._150121603607_S1_Teknologi_Pendidikan, diakses pada 4 Januari 2019. https:/ww.taufiq.net/2019/model-penelitian-pengembangan-borg-and.html/m=1, diakses pada 27 Maret 2019. Hugraheni, Endang. 2009. “Peran dan Kompetensi Guru dalam e-Learning,” Tangerang Selatan: FMPA Universitas Terbuka. Kemendikbud. 2017. https://kkbi.web.id/evaluasi, diakses pada 18 Maret 2020. Mawan & maya. 2011. Pemanfaatan Pusat Sumber Belajar. http://mayamawan.wordpress.com/tag/apa-saja/, diakses pada 1 Juli 2013). Mujie, 2010. Pengertian Kompetensi dan Kompetensi Guru. wordpress.com/2010/01/11/, diakses pada 3 Januari 2012. Mulyatiningsih E. 2016. Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Mizan. P. Robbins, Stephen & Judge, A. Timothy. 2014. Prilaku Organisasi, Jakarta: Salemba Empat Rahmi, Sofiyatu. 2005. Penerapan Edmodo untuk Meningkatkan Sikap Kemandirian Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKn di SMKN 1 Bawen,”. skripsi. Jember: Universitas Jember Rice, William. 2006. Moodle, E‐Learning Course Development: A Complete Guide to. New York: Logman. Riyanto, Bambang. 2001. Perancangan Aplikasi M-Learning Berbasis Java. Bandung: STEI-ITB. Rosyasa, Dede, ”Kompetensi Pedagogik Guru,” UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, www.uinjkt.org, diakses 5 pada Desember 2019. Rounnisa Aminy, Siti Huzaifah, dan Didi Jaya Santri. 2017. “Pengembangan Materi Pemebelajaran Siste Koordinasi Manusia Memanfaatkan Fitur Edmodo untuk Sekolah Menengah Atas, Jurnal Pembelajaran Biologi. Volume 4, Nomor 1. Soekartawi. 2002. e-learning: Konsep dan Aplikasinya. Bahan-Ceramah/Makalah disampaikan pada Seminar yang diselenggarakan oleh Balitbang Depdiknas. Jakarta, 18 Desember 2002. Suliningsih. 2018. Pengembangan Media E-Learning Menggunakan Edmodo untuk Meningkatkan efektivitas Pembelejaran Sejarah Kelas X SMA,” skripsi. Jember: Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Jember:Universitas Jember. Tiagarajan dkk. 1974. Instructional Developement for Training Teachers of Expectional Children, Minneaplig, Minnasota: Leadership Tranining Institute Special Education. University of Minnesote. Triono, Lovi. 2007. Urgensi Penggunaan dan Pengembangan Teknologi Informasi Dalam Pendidikan (e-learning). Jakarta: Gramedia. Ulu, Samsul. 2010, Teknologi Informasi dan komunikasi dalam Pendidikan.wordpress.com/2010/06/09/, diakses pada 3 Januari 2019. Wahono, Romi Satria. 2009, Pengantar E-learning dan Pengembangannya. www.ilmukomputer.org, diakses pada 3 Januari 2012.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Powered by Puskom-UMJ