KOMPETENSI ETIKA GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN

Nur intan Fitriani, Herwina Bahar, Laily Nurmalia

Abstract


Guru sebagai pendidik memiliki tugas utama mendidik, mengajar, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada jalur pendidikan formal. Dalam proses pembelajaran guru harus melaksanakan kode etik dan kompetensi etika yang harus dipertanggung jawabkan karena guru merupakan figure yang akan menjadikan anak bangsa yang mampu menanamkan nilai-nilai etika, moral dan norma. Guru juga harus mampu menjadi suri tauladan serta memposisikan sebagai pejuang nilai, etika dan moral di tengah-tengan masyarakat. Guru juga harus mampu memenuhi kualifikasi akademik dan akademi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial. Kompetensi adalah seperangkat pengetahuan, keterampilan dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh guru atau dosen dalam melaksanakan tugas keprofesionalan. Dan etika di pandang sebagai ilmu pengetahuan yang membicarakan baik buruknya perilaku manusia dalam kehidupan bersama. Definisi tersebut tidak melihat kenyataan bahwa ada keragaman norma, karena adanya ketidaksamaan waktu dan tempat, akhirnya etika menjadi ilmu yang deskriptif dan lebih bersifat
sosiologik.
Kata kunci : kompetensi, etika, guru,


Keywords


kompetensi; etika; guru

Full Text:

PDF

References


Bahar, Herwina. 2019. Etika dan Profesi pendidikan.Tangerang Selatan : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Sayyidah, ummu. Bambang Suyadi, Heti Mustika aini. 2018. pengaruh kompetensi guru terhadap hasil belajar ekonomi di SMA negeri rambipuji tahun ajaran 2017/2018" Jember.

Susilowati, indah. Himawan Arif Susanto, Reni Daharti. 2013. Strategi peningkatan kompetensi guru dengan peningkatan analysis hierarchy process. Undip, Semarang.

Tas'adi, Rafsel. 2014: Pentingnya etik dalam pendidikan. STAIN Batu sangkar, Sumatera Barat




DOI: https://doi.org/10.24853/instruksional.2.1.70-75

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Copyright of Jurnal Instruksional (e-ISSN:2685-5645).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Powered by Puskom-UMJ