HUBUNGAN MOTIVASI DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR HAFALAN AL QUR’AN
DOI:
https://doi.org/10.24853/instruksional.2.1.1-9Keywords:
Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi dan disiplin belajar dengan hasil belajar hafalan Al Qur’an. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif korelasional dengan teknik survey menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, sampel dalam penelitian sebanyak 46 siswa kelas VIII dan IX SMP Khalifa IMS Pondok Aren. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar hafalan Al Qur’an, (2) terdapat hubungan signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar hafalan Al Qur’an, (3) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan disiplin belajar dengan hasil belajar hafalan Al Qur’an.References
Al Qur’an dan terjemahan. (2017). Kementerian Agama Republik Indonesia. Jakarta
Anshori. (2013). Ulumul Quran. Jakarta: Rajawali Press
As Shobuuni, Muhammad Ali. (1985). At Tibyan fi Ulumil Qur’an. Beirut: Binayatul Iman
Ash Shiddieqy, T.M.H. (2002). Sejarah dan Pengantar Ilmu Al-Qur‟an dan Tafsir. Semarang: PT Pustaka Rizki Putra
Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Endang, Mulyatiningsih. (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta
Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hamalik, Oemar. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Katsir, Ibnu. (2005). Tafsirul Qur’an Al Adziem. Al Qohiroh: Darul Hadist
Kathryn, R.W and Jere E. Brophy. (2014). Motivating Students to Learning. New York: Routledge.
KBBI. (2016). Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Versi: 3.5.1.120201226171802
Oxford Advanced Learner’s Dictionary 2000 JM Patel College Bhandara. India.
Prijodarminto, Soegeng. (1993). Disiplin Kiat Menuju Sukses. Pradnya Paramita: Jakarta
Rusmiasih. (2013). Pengaruh Motivasi dan Disiplin belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS di SMA N 10 Purworejo, [S.l.], v. 2, n. 13, p.189-194, 2013. di akses pada, 13 Agustus 2019.
Sardiman. (2012). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Shihab, Quraish, M. (1996). Wawasan Al Qur’an. Bandung: Mizan
Shihab, Quraish, M. 2009. Tafsir al Misbah. Banten: Lentera Hati
Sudjana, Nana. (2009). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan D. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, Wina. (2005). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta. Kencana Prenada Media
Tu‟u, Tulus. (2008). Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Belajar. Jakarta: Grasindo.
Undang- Undang Republik Indonesia No 20 tahun (2003) tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Uno, H. dan Sofyan. (2012). Teori Motivasi dan Penerapannya Dalam Penelitian. Yogyakarta: UNY Press.
Yunus, Mahmud. (1989). Kamus Arab Indonesia. Jakarta: Hidayakarya Agung Muslimin