PEMBELAJARAN KEMUHAMMADIYAHAN : EVALUASI PROGRAM DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA (UHAMKA)
Abstract
Tujuan penelitian evaluatif ini adalah untuk menilai penyelenggaraan program pembelajaran Kemuhammadiyahan yang menjadi mata kuliah wajib di seluruh Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiah (PTMA). Penelitian dilakukan di Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka) pada bulan Januari sampai dengan April 2020. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Informan dipilih dengan teknik purposive, terdiri dari unsur mahasiswa, dosen, pimpinan Uhamka, dan Pimpinan Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, Focused Group Discussion (FGD), dan dokumentasi. Data dianalisis dengan evaluasi model CIPP Stufflebeam.
Hasil penelitian menunjukkan masih ditemukan sejumlah kendala dalam pembelajaran Kemuhammadiyahan, antara lain dari sisi konteks, masih terjadi perdebatan mengenai muatan isi kurikulum. Upaya pembaharuan sudah dilakukan dengan diterbitkaannya buku ajar baru.Dari sisi input ditemui kendala menyangkut ketersediaan, kualifikasi, dan sertifikasi dosen Kemuhammadiyahan. Dari sisi proses, durasi waktu pembelajaran yang hanya 2 sks dirasakan tak cukup untuk menerapkan pembelajaran dengan strategi pemberdayaan. Terakhir,dari sisi produk, kendati terjadi perkembanganpandangan mahasiswa tentang Muhammadiyah, namun perkembangan tersebut belum mengubah secara signifikan tradisi keagamaan yang mereka yakini selama ini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A J, Nitko & Brookhart, SM (2011) Educational Assessment of Students, Boston, Pearson Education, Inc
Abbas, Shahrizal, Prof, Dr, (2014) Manajemen Perguruan Tinggi, Prenadamedia group Rawamangun Jakarta
Ad-Dumaiji Abdullah, Prof, Dr. (2016) Konsep Kepemimpinan Dalam Islam, Ummul Qura, Cipayung Jakarta
Ahmad, Hasan, (2006), Perguruan Muhammadiyah Padang Panjang”dalam Suara Muhammadiyah No.17, 16-31 Agustus 2006
Alfitri, Dr.M.Si (2011) Community Development; Teori dan Praktek, Penerbit Pustaka Pelajar Yogyakarta
Ali, Muhammad (2016), “Pendidikan Muhammadiyah” dalam Jurnal Studi Islam Profetika, Vol 17 No.1 Juni 2016
Amie Primani dan Khairunnas. (2013). Pendidikan Holistik: Format baru Pendidikan Islam membentuk karakter paripurna. Jakarta: al-Mawardi Prima.
Amir, Mohammad Faisal, Dr (2016), Manajemen Perguruan Tinggi, Penerbit Mitra Wacana Media, Jakarta
Arifin, Samsul (2015) “Rekonstruksi AIK PTM Sebagai Praksis Pendidikan Nilai,Jurnal Edukasi Volume 13 Nomor 2 Agustus2015
Arifin, Zainal, (2011) Evaluasi Pembelajaran; Teknik – prosedur, PT. Remaja Rosda karya, Bandung
Arsyad, Lincolin (2016) “Konsolidasi PTM/PTA yang kuat, berdaya saing dan berkemajuan, Warta PTM Edisi Maret – April 2016
Arum, Richard, and Josipa Roksa, (2011) Academically Adrift: Limited Learning on College Campuses, Cicago, Universitu of Cicago Press
Azhar Muhammad, dkk (2000) Pemikiran Keislaman Muhammadiyah; Antara purifikasi dan dinamisasi, LPPI UMY
Aziz, Safrudin (2016)) Manajemen Mutu Perguruan Tinggi; Koreksi dan Implementasi, Penerbit Gavamedia
Azra, Azyumardi (2013) “Kelas Menengah Baru Muslim, Sebuah Survey ke arah format Dakwah alternatif dalam Ilham Mundzir dan Faozan Amar (Ed) Muhammadiyah dan dakwah Pencerahan, Jakarta, Al-Wasat
Bakri, Masykuri, Prof.Dr.M.Si, Hilmy Masdar, MA, Ph.D, (2016) Dinamika Pendidikan Islam, diterbitkan oleh Madani, Malang
Burhani, Ahmad Najib (2010) Muhammadiyah Jawa, Al Wasat Publishing House, Ciputat
Gandara Ridza (2012) Kehebatan Islam dalam Pendidikan, Penerbit Edutama Publishing
Hanafi, Yusuf (2016) Transformasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum: Paradigma Normatif – Doktriner menuju Historis – Kontekstual, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Negeri malang Volume 23 Nomor 1, April 2016.
Hikmat, Harry (2010), Strategi Pemberdayaan Masyarakat, penerbit Humaniora Utama Press; buku Pendidikan
Husaini, Adian, Dr (2012) Pendidikan Islam Membentuk Insan berkarakter & Beradab, diterbitkan oleh Cakrawala Publishing Jakarta
Ife, Jim dan Tesoriepo Frank (2008) Community Development; Alternatif Pengembangan Masyarakat di era globalisasi, Penerbit Pustaka Pelajar, Yogyakarta
Ilyasin, Mukhamad, Dr.M.Pd, Nurhayati Nanik, M.Pd (2012) Manajemen Pendidikan Islam, diterbitkan oleh Aditya Media Publishing, Malang
Latif, Hilman (2010), Melayani Umat; Filantropi Islam dan Ideologi Kesejahteraan Kaum Modernis, PT Gramedi, Jakarta
Suradika, A., Winata, W., Wicaksono, D., Hadi, M. S., & Rifqiyati. (2020). The Influence of Instructional Materials and Educational Background on the Learning Outcomes of Islamic Education. Solid State Technology, 63(6), 1027–1043.
Suradika, A., Dirgantara Wicaksono. (2019). Metodologi Penelitian. Tangerang Selatan: UM Jakarta Press.
Suradika, Agus. (2000). Metode Penelitian Sosial. Jakarta: UMJ Press
Suradika, Agus. (2019). Pendidikan Keluarga dan Keluarga Berpendidikan: Perspektif Islam. Jakarta: Direktorat Advokasi dan KIE BKKBN.
DOI: https://doi.org/10.24853/instruksional.2.2.103-111
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.