PEMBELAJARAN KEMUHAMMADIYAHAN : EVALUASI PROGRAM DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA (UHAMKA)

Almisar Hamid Duani

Abstract


Tujuan penelitian evaluatif ini adalah untuk menilai penyelenggaraan program pembelajaran Kemuhammadiyahan yang menjadi mata kuliah wajib di seluruh Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiah (PTMA). Penelitian dilakukan di Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka) pada bulan Januari sampai dengan April 2020. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Informan dipilih dengan teknik purposive, terdiri dari unsur mahasiswa, dosen, pimpinan Uhamka, dan Pimpinan Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, Focused Group Discussion (FGD), dan dokumentasi. Data dianalisis dengan evaluasi model CIPP Stufflebeam.

Hasil penelitian menunjukkan masih ditemukan sejumlah kendala dalam pembelajaran Kemuhammadiyahan, antara lain dari sisi konteks, masih terjadi perdebatan mengenai muatan isi kurikulum. Upaya pembaharuan sudah dilakukan dengan diterbitkaannya buku ajar baru.Dari sisi input ditemui kendala menyangkut ketersediaan, kualifikasi, dan sertifikasi dosen Kemuhammadiyahan. Dari sisi proses, durasi waktu pembelajaran yang hanya 2 sks dirasakan tak cukup untuk menerapkan pembelajaran dengan strategi pemberdayaan. Terakhir,dari sisi produk, kendati terjadi perkembanganpandangan mahasiswa tentang Muhammadiyah, namun perkembangan tersebut belum mengubah secara signifikan tradisi keagamaan yang mereka yakini selama ini.


Keywords


Evaluasi Program; pembelajaran; Al Islam Kemuhammadiyahan

Full Text:

PDF

References


A J, Nitko & Brookhart, SM (2011) Educational Assessment of Students, Boston, Pearson Education, Inc

Abbas, Shahrizal, Prof, Dr, (2014) Manajemen Perguruan Tinggi, Prenadamedia group Rawamangun Jakarta

Ad-Dumaiji Abdullah, Prof, Dr. (2016) Konsep Kepemimpinan Dalam Islam, Ummul Qura, Cipayung Jakarta

Ahmad, Hasan, (2006), Perguruan Muhammadiyah Padang Panjang”dalam Suara Muhammadiyah No.17, 16-31 Agustus 2006

Alfitri, Dr.M.Si (2011) Community Development; Teori dan Praktek, Penerbit Pustaka Pelajar Yogyakarta

Ali, Muhammad (2016), “Pendidikan Muhammadiyah” dalam Jurnal Studi Islam Profetika, Vol 17 No.1 Juni 2016

Amie Primani dan Khairunnas. (2013). Pendidikan Holistik: Format baru Pendidikan Islam membentuk karakter paripurna. Jakarta: al-Mawardi Prima.

Amir, Mohammad Faisal, Dr (2016), Manajemen Perguruan Tinggi, Penerbit Mitra Wacana Media, Jakarta

Arifin, Samsul (2015) “Rekonstruksi AIK PTM Sebagai Praksis Pendidikan Nilai,Jurnal Edukasi Volume 13 Nomor 2 Agustus2015

Arifin, Zainal, (2011) Evaluasi Pembelajaran; Teknik – prosedur, PT. Remaja Rosda karya, Bandung

Arsyad, Lincolin (2016) “Konsolidasi PTM/PTA yang kuat, berdaya saing dan berkemajuan, Warta PTM Edisi Maret – April 2016

Arum, Richard, and Josipa Roksa, (2011) Academically Adrift: Limited Learning on College Campuses, Cicago, Universitu of Cicago Press

Azhar Muhammad, dkk (2000) Pemikiran Keislaman Muhammadiyah; Antara purifikasi dan dinamisasi, LPPI UMY

Aziz, Safrudin (2016)) Manajemen Mutu Perguruan Tinggi; Koreksi dan Implementasi, Penerbit Gavamedia

Azra, Azyumardi (2013) “Kelas Menengah Baru Muslim, Sebuah Survey ke arah format Dakwah alternatif dalam Ilham Mundzir dan Faozan Amar (Ed) Muhammadiyah dan dakwah Pencerahan, Jakarta, Al-Wasat

Bakri, Masykuri, Prof.Dr.M.Si, Hilmy Masdar, MA, Ph.D, (2016) Dinamika Pendidikan Islam, diterbitkan oleh Madani, Malang

Burhani, Ahmad Najib (2010) Muhammadiyah Jawa, Al Wasat Publishing House, Ciputat

Gandara Ridza (2012) Kehebatan Islam dalam Pendidikan, Penerbit Edutama Publishing

Hanafi, Yusuf (2016) Transformasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum: Paradigma Normatif – Doktriner menuju Historis – Kontekstual, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Negeri malang Volume 23 Nomor 1, April 2016.

Hikmat, Harry (2010), Strategi Pemberdayaan Masyarakat, penerbit Humaniora Utama Press; buku Pendidikan

Husaini, Adian, Dr (2012) Pendidikan Islam Membentuk Insan berkarakter & Beradab, diterbitkan oleh Cakrawala Publishing Jakarta

Ife, Jim dan Tesoriepo Frank (2008) Community Development; Alternatif Pengembangan Masyarakat di era globalisasi, Penerbit Pustaka Pelajar, Yogyakarta

Ilyasin, Mukhamad, Dr.M.Pd, Nurhayati Nanik, M.Pd (2012) Manajemen Pendidikan Islam, diterbitkan oleh Aditya Media Publishing, Malang

Latif, Hilman (2010), Melayani Umat; Filantropi Islam dan Ideologi Kesejahteraan Kaum Modernis, PT Gramedi, Jakarta

Suradika, A., Winata, W., Wicaksono, D., Hadi, M. S., & Rifqiyati. (2020). The Influence of Instructional Materials and Educational Background on the Learning Outcomes of Islamic Education. Solid State Technology, 63(6), 1027–1043.

Suradika, A., Dirgantara Wicaksono. (2019). Metodologi Penelitian. Tangerang Selatan: UM Jakarta Press.

Suradika, Agus. (2000). Metode Penelitian Sosial. Jakarta: UMJ Press

Suradika, Agus. (2019). Pendidikan Keluarga dan Keluarga Berpendidikan: Perspektif Islam. Jakarta: Direktorat Advokasi dan KIE BKKBN.




DOI: https://doi.org/10.24853/instruksional.2.2.103-111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Copyright of Jurnal Instruksional (e-ISSN:2685-5645).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Powered by Puskom-UMJ